fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

Penyebab Kompresor AC Mobil Kasar yang Perlu Diketahui

Polemik yang kerap menimpa pengguna mobil berumur yakni timbul bunyi bising dari komponen AC. Umumnya penyebab kompresor ac mobil kasar dipicu oleh berbagai hal, salah satunya jarang melakukan perawatan rutin AC secara berkala, anda salah satunya?

Berkendara dengan menggunakan mobil pribadi tentunya diperlukan tingkat konsentrasi yang cukup. Oleh sebab itu jangan biarkan kenyamanan berkendara terenggut oleh suara bising dari AC. Semakin kasar suara yang ditimbulkan, berarti indikasi tersebut terbilang cukup serius dan harus segera mendapatkan perbaikan segera mungkin. Apa saja penyebab kompresor ac mobil kasar? Selengkapnya simak dibawah ini;

Oli Kompresor Aus

Penyebab utama, umumnya disebabkan oleh oli kompresor yang sudah aus karena pemilik jarang mengganti oli secara berkala. Biasanya gejala ini ditandai dengan suara ngorok mirip seperti gesekan logam. Lambat laun AC menjadi tidak dingin ketika sedang berjalan di RPM rendah. Sudah tahu belum bahwa kompresor merupakan jantungnya AC mobil?

Kompresor layakanya mesin mobil yang dapat bekerja optimal dengan bantuan AC mobil. Tanpa oli kompresor, kinerja sistem AC menjadi berantakan. Perlu diingat, oli kompresor sama pentingnya dengan oli mesin yang harus mendapatkan perawatan secara berkala. Maka pastikan anda mengganti oli kompresor setiap menempuh 20 ribu kilometer.

Kebocoran Saluran AC

Penyebab selanjutnya yakni terdapat indikasi kebocoran pada saluran AC. Waspadai gejala ini, sebab dampaknya oli kompresor dapat menetes terbuang. Alhasil refrigerant menjadi cepat habis. Ini yang membuat gesekan pada piston dalam kompresor serta bola-bola di dalamnya makin kencang dan menimbulkan bunyi bising menganggu.

Magnetic Clutch Bermasalah

Fungsi dari magnetic clutch ialah menyambungkan putaran mesin dengan kompresor. Saat kinerja komponen ini sudah lemah, maka dampaknya AC terasa dingin jika RPM tinggi. Tidak hanya itu, penyebab lainnya yakni suara bisinh kasar saat AC sedang bekerja. Hal ini dapat dipicu salah satunya sebab magnetic clutch yang sudah dalam kondisi berkarat.

Kompresi Pada Kompresor Bermasalah

Kinerja kompresor yakni menghisap refigrerant (freon) dan memompanya menuju kondensor AC dengan tekanan yang lebih tinggi. Ketika tekanan kompresi berkurang, gejalanya yang sangat dirasakan adalah AC kurang dingin saat melaju pada RPM rendah, namun berubah menjadi dingin saat melaju lebih kencang.

Solusi Mengatasi Kompresor AC Mobil Kasar

Jangan khawatir, ini solusi yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kompresor bunyi bising;

1. Bongkar Kompresor 

Untuk kompresor yang macet dan rusak disebabkan karat yang terdapat pada shaft kompresor dengan bearing bambu dan tidak bisa berputar, sebetulnya tidak perlu menggantinya dengan yang baru karena karatnya bisa dihilangkan.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar kompresor lalu membersihkannya dengan antikarat, mengamplasnya dengan amplas halus, kemudian mengganti oli kompresor dengan oli yang baru.

Pastikan juga bahwa tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Karena jika patah tentu saja kita harus mengganti keseluruhan kompresor dengan yang baru.

2. Perhatikan Kompresor serta Piston

Pada kompresor yang berbunyi dan berisik, pertama-tama kita harus memperhatikan oli kompresor yang bertugas sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Mungkin saja ada kesalahan pada pengisian oli pelumas atau kebocoran pada kompresor.

Periksa juga apakah pistonnya telah aus. Ini bisa terjadi pada mobil tua atau mobil yang perawatan sistem AC-nya kurang. Piston yang aus adalah salah satu dari sebab-sebab AC mengeluarkan suara berisik.Jika ini terjadi, berarti saatnya kompresor diganti dengan yang baru.

3. Cek Thrust Bearing

Jika trush bearing ini longgar karena pemasangan yang tidak benar sesudah dibongkar, maka masalah bunyi berisik tadi dapat terselesaikan dengan mengencangkan lagi thrust bearing yang longgar.

Untuk masalah yang satu ini kita ada bahasan khusus yaitu penyebab kompresor AC mobil bising.

4. Periksa AS

Untuk AC bertipe denso, AS pada kompresor yang tidak presisi dapat menyebabkan pergerakan piston yang melampaui batas maksimal. Jika ini terjadi maka akan terjadi benturan pada katup kompresor dan menimbulkan bunyi ketika AC dinyalakan.

Jika terdapat permasalahan yang tidak bisa ditangani, maka jangan ragu untuk emmbawa ke bengkel spesialis AC terdekat. Pastikan bengkel yang anda pilih memang berkompeten serta berkualitas.

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Yuk sayangi mobil anda dengan memberikan perawatan yang terbaik.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button