Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Mobil

Gambar Kondisi yang Menandakan Ada Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Mobil

Saat berkendara dan lampu terus menyala dan sangat mengganggu ada beberapa penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil. Bukan hanya sekadar bisa mengganggu konsentrasi para pengendara mobil, ternyata lampu yang menyala ini juga merupakan indikasi adanya kerusakan pada mobil kamu. Lalu, sebenarnya apa penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil? 

Supaya kamu tidak terus-terusan merasa terganggu dengan lampu yang menyala ini, mari sama-sama kita baca penjelasan dan alasan hal tersebut bisa terjadi. Baca dan pahami artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

Penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil

Tapi sebelum mengetahui penyebabnya, sebaiknya cari tahu dulu apa fungsi dari lampu indikator tersebut. Sejak dari tahun 1996 yang lalu, seluruh pabrik yang memproduksi mobil sudah menerapkan standar untuk membuat lampu indikator di setiap mobil yang mereka buat. Hal ini berlaku mulai mobil memberlakukan sistem komputasi. Artinya, tiap mobil dilengkapi fitur canggih ini.

Fungsi dari lampu indikator ini adalah untuk memberikan peringatan pada pengguna mobil, tentang ada atau tidaknya kerusakan atau masalah yang terjadi pada kendaraan, mulai dari emisi kendaraan, kelistrikan, serta masalah-masalah lainnya yang mungkin terjadi pada mobil.

Nah, saat kamu memasukkan kunci dan menghidupkan mesin mobil, kondisi mobil akan dicek, sembari lampu indikator tersebut menyala. Apabila lampu indikator mati, berarti kondisi mobil aman untuk digunakan. Tapi sebaliknya, kalau lampu tersebut tetap menyala, artinya ada masalah dan kamu harus segera melakukan pengecekan. 

Bagaimana kalau hal ini terjadi saat kamu ada di tengah jalan? Ingat! Jangan langsung panik. Sebaiknya, kamu menepi dulu ke pinggir jalan. Tapi kalau kamu menemukan sebuah bengkel terdekat, buru-buru langsung bawa mobilmu ke bengkel tersebut. Alasannya, karena masalah ini membutuhkan scanner khusus untuk mendeteksi masalah yang ada pada mesin mobil kamu. 

Kenapa harus menggunakan scanner? Apakah tidak bisa langsung lakukan pengecekan sendiri? Jawabannya tidak. Sebab, lampu indikator injeksi tidak bisa menunjukkan secara spesifik, komponen apa yang mengalami kerusakan. Kalau menggunakan scanner khusus, alat tersebut bisa mengecek sensor mana yang mengalami kerusakan atau bermasalah. Setelah dicek dan ketahuan bagian mana yang rusak atau malfungsi, pihak bengkel atau mekanik akan segera memberikan bantuan dan perbaikan yang sesuai untuk mobil kamu.

Lihat Juga: Setir Mobil Manual Berat

Itulah penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil. Kesimpulannya, lampu indikator berguna untuk memberikan peringatan untuk kamu, kalau mobil mengalami masalah. Jadi, kamu jangan mengabaikan lampu indikator yang menyala ini, ya. Jangan ragu untuk mampir ke bengkel dan minta bantuan dari para mekanik yang sudah handal dan berpengalaman!

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *