Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin, Mesin Mobil

5 Penyebab Mesin Diesel Bergetar Beserta Detail Kerusakan

penyebab mesin diesel bergetar

Ada banyak penyebab mesin diesel bergetar, ada yang karena faktor umur mesin itu sendiri atau karena faktor lain diluar yang anda tahu. Anda perlu mengerti hal ini, karena jika anda mengerti maka anda bisa melakukan pengecekan di bengkel resmi tanpa perlu dikibuli oleh montir nakal.

Berikut ini beberapa penyebab mesin diesel bergetar

  • Pengabutan Bahan Bakar Tidak Sempurna

Pada dasarnya kinerja mesin mobil itu bergantung sekali pada proses pembakaran terutama proses pencampuran antara bahan bakar dan udara yang harus sesuai dan sempurna. Jika proses pembakaran bermasalah maka mesin akan tersengal. Inilah penyebab mesin diesel bergetar pertama, karena hasil kabut yang tidak sempurna.

Selain itu penyebab lainnya adanya saluran dan klep injector yang kotor. Karena tersumbat oleh kotoran yang terbawa dari bahan bakar. Akibat yang akan sering terjadi jika hasil kabut tidak sempurna atau karena klep injector tersumbat kotoran adalah maka akan terjadi ledakan premature, hal ini disebabkan adanya pembakaran tidak sempurna dan kejadian paling parah adalah mesin bergetar dan timbulnya asap putih.

  • Ada Masalah pada Busi

Busi merupakan penyebab mesin diesel bergetar yang kedua. Pada mesin mobil bertenaga diesel terdapat batang kecil yang berfungsi seperti busi. Jika hal ini aus akan menyebabkan pengapian tidak berfungsi sempurna. Itulah yang mengakibatkan mobil bergetar lebih keras daripada biasanya.

  • Saringan Udara Kotor

Komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran bahan bakar di ruang mesin. Jika saringan udara kotor karena debu atau partikel kotoran lain, tentu saja aliran udara ke ruang bakar tidak akan lancar dan tersendat. Inilah yang menyebabkan proses pembakaran tidak berlangsung sempurna, sehingga menjadi penyebab mesin diesel bergetar.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksa dan membersihkan komponen ini seminggu sekali atau paling lama dua minggu sekali. Perhatikan juga saat musim hujan karena saringan udara lebih cepat kotor saat musim hujan. Jika sel pada saringan sudah rusak anda disarankan untuk menggantinya. Atau jika masih kotor anda bisa mencucinya. Langkahnya pun tergolong mudah.

Ada dua cara membersihkan saringan udara, ada yang disemprot menggunakan kompresor udara bertekanan rendah. Hal ini tentu bisa dilakukan jika kotoran yang terdapat pada saringan udara tidak terlalu kotor sampai berkerak menempel. Namun jika kotoran sudah dirasa terlalu kotor anda bisa melakukan hal ini.

Pertama rendam selama kurang lebih dua menit dalam larutan air dicampur dengan sabun atau sampo mobil. Setelah itu cuci bersih menggunakan air keran atau air mengalir. Jika masih terdapat kotoran rendam lagi dalam larutan dan dibilas. Lakukan berkali-kali sampai tidak ada noda. Setelah itu anda bisa mengeringkan dengan cara diangin-anginkan, ingat ya bahwasanya saringan udara tidak boleh terkena matahari langsung. Agar tidak membuat saringan udara rusak. Jika menurut anda saringan anda sudah terlalu banyak noda anda bisa mengganti saringan dengan yang baru.

  • Seal Mesin Aus

Seal mesin yang aus bisa menyebabkan bocornya oli sehingga oli bisa masuk ke ruang bakar sehingga menyebabkan asap yang keluar hitam pekat lebih tebal daripada biasanya. Selain itu dengan seal mesin aus akan menyebabkan getaran hebat pada mesin, hal ini dikarenakan seal tersebut sudah tidak bisa menahan dan bisa karena usia pemakaian juga. Solusinya anda harus membawanya ke bengkel resmi untuk diganti. Karena seal mesin tidak bisa diganti secara mandiri. Butuh pengerjaan professional karena membutuhkan teknik dan pengetahuan yang tepat agar seal mesin dapat terpasang sempurna dan tidak lagi timbul kebocoran atau merembesnya oli mesin.

  • ECU Tidak Akurat

Penyebab mesin diesel bergetar berikutnya adalah kinerja ECU (Electronic Control Unit) yang merupakan otak dari komponen mesin lainnya yang saling terhubung dan termasuk injector sudah tidak akurat. Alhasil timing semburan dan jumlah semburan bahan bakar tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, bisa berlebihan atau kekurangan. Jika hal ini terjadi, satu-satunya yang bisa anda lakukan adalah membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan scanning dan remapping. Anda tidak bisa melakukannya secara mandiri karena ini berkaitan dengan otak mesin mobil yang sudah menyatu dengan komputer sehingga membutuhkan alat yang lebih canggih yang biasanya sering anda temui pada bengkel resmi.

Baca Juga : Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam

Jadi, kesimpulannya pada artikel kali ini penyebab mesin diesel bergetar bukan serta merta hanya umur mesin belaka. Bisa jadi ada yang masalah dengan komponen mesin maupun mesin utama. Oleh sebab itu, jika anda bisa melakukan pengecekan menyeluruh lakukan itu ya. Karena kita tidak akan pernah tahu, apa saja komponen yang cepat aus dan dol.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *