Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

5 Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek dan Solusinya

penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek

Ada beberapa komponen yang menjadi penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek, penyebab ini memang terjadi tidak Cuma di mesin diesel. Pun mesin bensin juga dapat terjadi, namun begitu mesin diesel memiliki cycle lebih keras dibandingkan mesin bensin. Tentu saja jelas mesin diesel memiliki potensi lebih besar. Oleh karena itu simak artikel berikut ini ya.

Penyebab Mesin Diesel Bunyi Tek Tek Tek

  1. Celah katup terlalu lebar

Bagi anda yang belum tahu apa itu celah katup. Celah katup adalah sebuah jarak atau celah diantara batang katup dengan rocker arm. Fungsi celah ini adalah sebagai batas toleransi terhadap batang katup saat memuai, jadi ketika mesin panas otomatis ada pemuaian karena batang katup berbahan logam. Pemuaian ini akan membuat ukuran batang katup semakin memanjang sehingga kalau tidak ada celah pemanjangan batang katup ini justru akan menekan katup sehingga katup akan terus terbuka.

Standar pada celah katup pada umumnya memiliki panjang maksimal 0,3mm dan celah ini harus di set ulang saat servis berkala karena celah ini dapat berubah seiring pemakaian. Jika anda melewatkan proses penyetelan katup saat servis berkala, maka celah katup akan bertambah lebar. Jika celah katup semakin lebar maka suara ketukan antara rocker arm dengan batang katup akan semakin keras sehingga terdengar tek tek tek. Untuk menyetel katup ini bisa menggunakan obeng dan kunci ring 10.

Namun, anda harus lihat apakah mobil anda termasuk mobil dengan teknologi baru atau yang sudah cukup tua. Hal ini dikarenakan pada mobil berteknologi baru sudah menerapkan sistem HLA atau yang lebih sering dikenal sebagai Hydraulic Lash Adjuster dimana sistem ini menyesuaikan celah katup secara otomatis jadi jika mobil anda menggunakan HLA ini maka dapat dipastikan HLA nya lah yang mengalami kerusakan. Memang masalah ini tergolong ringan karena tidak memiliki dampak signifikan terhadap performa mesin. Namun penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek ini hanya dapat didengar saat mesin dalam kondisi idle, ketika di gas biasanya bunyinya akan hilang.

  1. Bantalan Crankshaft Aus

Crankshaft atau poros engkol adalah mekanisme gerakan naik tuun piston menjadi gerakan berputar. Pada poros engkol ini terdapat dua buah bantalan yaitu main bearing (bantalan poros engkol terhadap blok silinder) dan concord bearing (bantalan batang piston terhadap poros engkol). Jika salah satu bantalan mengalami keausan, maka poros engkol akan tidak pas di tempatnya sehingga walaupun bentuknya kecil dengan keberadaan RPM mesin yang lebih tinggi akan menjadi penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek. Bunyi ini akan terdengar sangat jelas terutama saat mesin RPM sedang tinggi dan saat mesin di gas.

Solusinya tidak lain dan tidak bukan anda harus mengganti bantalan tersebut. Penggantian ini direkomendasikan untuk ke bengkel. Karena membutuhkan kinerja ekstra, karena letak poros engkol berada di bawah piston sehingga harus melepas banyak komponen bawah mesin.

  1. Oli Belum Naik

Penyebab mesin diesel bunyi tek tek tek berikutnya adalah saat oli belum naik. Hal ini seringkali terjadi pada pagi hari atau saat anda pertama kali menghidupkan mesin setelah mesin mati selama beberapa hari. Oli mesin sendiri tertampung pada bak oli yang letaknya ada di bagian paling bawah mesin. Disana terdapat pompa oli yang akan mensirkulasi oli ke seluruh bagian mesin.

Namun pompa oli hanya aktif saat mesin hidup dan otomatis akan mati jika dalam kondisi mati serta tidak akan ada sirkulasi oli dan oli sebelumnya yang sebelumnya melumasi bagian kepala silinder akan turun ke bak oli. Karena oli yang ada di kepala silinder turun ke bak oli dapat dipastikan kepala silinder menjadi kering. Sehingga saat mesin di start untuk pertama kalinya otomatis akan bunyi tek tek tek. Namun, jika oli sudah naik bunyi itu akan hilang dengan sendirinya.

Hal ini sendiri dianggap normal apalagi jika mesin tidak dinyalakan dalam sebulan. Namun jika durasi yang dihasilkan cukup lama kemungkinan volume oli mesin kurang atau adanya kerusakan pada sirkulasi oli seperti pompa oli rusak atau jalur oli tersumbat. Jika masalah ini muncul ciri-ciri paling sering ditemukan adalah menyalanya indikator oli pada instrument di dashboard serta mesin mengalami overheat dan cenderung berbunyi kasar. Jika tanda ini muncul segera bawa ke bengkel resmi dan tidak ditunda.

  1. Engine Knocking

Engine knocking atau yang lebih sering disebut ngelitik adalah suara mirip ketukan logam yang berasal dari pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya disebabkan karena anda menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah atau tidak sesuai dengan standar yang direkomendasikan pabrikan. Bunyi ini bukan disebabkan karena komponen aus atau rusaknya bagian mesin jadi anda tidak perlu terlalu kuatir. Ciri – ciri knocking adalah terjadi saat RPM rendah, saat di gas bunyi tidak terlalu terdengar dan bunyi sering terdengar di wilayah blok silinder.

Baca Juga : RPM Mobil Naik Sendiri

Solusi untuk engine knocking adalah dengan melakukan tune up dan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Untuk tune up anda bisa membawanya ke bengkel namun untuk merawat anda bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini :

  • Membersihkan filter oli secara rutin
  • Membersihkan busi dari kerak
  • Ganti oli rutin
  • Gunakan engine flush saat ganti oli, agar dapat merontokkan kerak pada sirkulasi oli
  • Ganti filter bahan bakar

Menggunakan injector cleaner untuk dicampurkan ke dalam tangki bahan bakar. Gunanya untuk melunturkan semua kotoran yang biasanya terendap di bagian bawah tangki bahan bakar.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *