Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Faktor Penyebab Mesin Mobil Berat Saat AC Hidup dan Solusinya

Daftar Penyebab Mesin Mobil Berat AC Hidup dan Solusinya

Ada setidaknya 3 hal yang menjadi penyebab mesin mobil berat saat AC hidup. Apa saja dan bagaimana cara mengatasi masalah ini? Pastikan untuk segera menyelesaikan masalah ini karena menunda hanya akan menjadikan masalah semakin besar dan merembet. Twn

Ketika mesin terasa berat, tentunya tenaga mobil akan berkurang. Selain itu, konsumsi bahan bakar akan semakin besar. Oleh sebab itu, masalah ini harus segera diatasi. Dan untuk menyelesaikan masalah ini, sangat penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa penyebab masalah ini.

Faktor Penyebab Mesin Mobil Berat Saat AC Hidup

Kebanyakan pemilik mobil bingung dan pasrah ketika mobilnya terasa berat saat AC hidup. Merasa hal ini adalah sesuatu yang normal terjadi. Padahal jika terus dibiarkan, kerusakan yang semakin besar akan terjadi. Bahkan bisa menyebabkan mobil anda masuk dalam daftar mobil tidak laku di Indonesia loh!

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah ini. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Setelan RPM

    Ketika setelan RPM mobil kurang tepat, maka beban pada mesin akan bertambah. Hal inilah yang menjadi penyebab mesin mobil berat saat AC hidup.

    RPM Mobil Harus Tetap dalam Settingan yang Tepat

    Untuk mengatasi masalah ini, setelan RPM mobil bisa disetting ulang sesuai dengan jenis mobil anda. Untuk melakukan settingan ulang, silahkan datang ke bengkel-bengkel spesialis jenis mobil anda.

  2. Kompresor yang Tidak Kompatibel

    Penggunaan kompresor yang tidak kompatibel juga menjadi sumber masalah. Karena ketidaksesuaian ini otomatis menyebabkan mesin mobil membutuhkan energi yang lebih besar.

    Mesin Mobil Terasa Berat Biasa Terjadi Akibat Penggunaan Kompresor yang Tidak Kompatibel

    Selain itu, penggunaan kompresor dengan kebutuhan daya yang terlalu besar juga akan membebani kerja mesin mobil. Mesin mobil akan terasa berat ketika AC mobil dihidupkan.

    Solusi untuk masalah ini sebenarnya sangat sederhana. Ganti kompresor mobil anda dengan yang sesuai jenis dan spesifikasi mobil. Juga hindari menggunakan kompresor yang membutuhkan daya besar untuk menyala.

  3. Kelistrikan Mobil

    Mesin mobil membutuhkan kelistrikan mobil untuk menjalankan beberapa fungsinya. Sementara itu, elektronik mobilpun membutuhkan kelistrikan. Sayangnya, ketika AC mobil hidup maka daya listrik yang ada di mesin diserap oleh AC mobil. Menjadikan tenaga mobil akhirnya loyo.

    Cari Tahu Cara Mengatasi Adanya Gangguan kelistrikan Mobil

    Part yang paling bertanggung jawab untuk kelistrikan mobil adalah ACCU MOBIL. Oleh sebab itu, jika dirasa kelistrikan mobil kurang “power” maka aki bisa diganti. Namun penting juga untuk menjaga kestabilan kelistrikan mobil. Oleh sebab itu, sangat disarankan menggunakan volt stabilizer seperti JS One dan R Project.

Selain faktor-faktor di atas, masih ada beberapa hal yang kerap menjadi sumber masalah. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pengecheckan lebih lanjut di bengkel-bengkel spesialis mesin ataupun spesialis AC mobil kepercayaan anda. Dokter Mobil adalah jawaban atas solusimu !!

Jadi mana yang menjadi penyebab mesin mobil berat saat AC hidup yang sedang anda alami? Semoga dengan adanya artikel ini membantu anda mencari solusi terbaik agar tenaga mobil tetap optimal walaupun AC dinyalakan. Senang bisa bermanfaat untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *