Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Turun Mesin

5 Hal Umum Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Cepat Overheat

5 Hal Umum Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Cepat Overheat

Apa yang terdapat di benak anda ketika mendengar kalimat overheat? Biaya yang mahal, ribet, makan waktu, rusak total, dll. Sebab itulah gejala overheat sangat dihindari oleh pengguna mobil karena juga turut berpengaruh menurunkan nilai jual mobil.

Overheat adalah gejala suhu mesin yang sudah melewati batas. Solusi untuk memperbaiki gejala tersebut hanya dengan overhaul atau semi overhaul. Hal ini dilakukan untuk mendiagnosa keseluruhan mesin dengan mengeluarkan mesin dari body mobil.

Jangan sampai hal ini terjadi. Untuk mencegah terjadinya overheat, ada baiknya segera anda ketahui penyebab mesin mobil cepat overheat. Berikut selengkapnya diurai dibawah ini;

1. Adanya Kerusakan Radiator

Tanpa adanya radiator, overheat dapat terjadi pada mesin mobil. Raditor memiliki peranan untuk mendinginkan mesin. Letaknya disebelah mesin yang disambungkan oleh selang. Biasanya, permasalahan pada radiator yakni adanya sumbatan asing kotoran. Kok bisa? Nah, hal ini disebabkan oleh jenis air radiator yang digunakan dapat menimbulkan korosi berlebih pada radiator.

Terlebih bagi pengguna air biasa atau ledeng sebagai pengganti coolant, bersiaplah mengalami overheat lebih cepat. Pasalnya, air biasa sangat tidak dianjurkan untuk mesin anda. Tanpa dibekali senyawa kimia, air biasa mengalami penguapan lebih cepat hingga sangat cepat habis.

Radiator mempunyai fungsi vital dalam mengelola suhu mesin mobil. Jika radiator mengalami masalah, maka secara otomatis sistem pendingin akan mengalami kekacauan sehingga menyebabkan mesin mobil cepat panas. Jika hal ini tidak segera ditangani akan berakibat fatal bagi mobil tersebut.

Normalnya, penggantian air radiator dilakukan setiap menempuh 20 ribu kilometer.

2. Thermostat Bermasalah

Sudahkah anda mengetahui kinerja thermostat? Tidak hanya tubuh saja yang perlu diukur saat suhu badan sedang naik, nah mobil pun juga begitu. Thermostat memiliki fungsi pengatur air radiator ketika mesin dalam keadaan panas. Dalam keadaan inilah thermostat mengatur air agar masuk kedalam mesin.

Kerusakan thermostat dapat mengakibatkan sistem sirkulasi air pendingin akan terganggu sehingga menyebabkan terjadinya overheat pada mesin mobil.

3. Memakain Oli Ilegal / Abal-Abal

Inilah pentingnya memilih oli yang berkualitas untuk mobil terbaik anda. Pasalnya, oli merupakan komponen vital untuk melumaskan pergerakan mesin, juga mencegah terjadinya overheat.

Baca Juga : Cara Memilih Oli yang Bagus dan Tepat untuk Mobil Diesel

Oli yang murah justu dapat menimbulkan overheat dengan cepat, Mengapa? Sebab oli tersebut tidak tahan panas sehingga mudah mengalami penguapan, alhasil overheat.

4. Kipas atau Fan AC Mati

Kipas berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Jika kinerjanya berhenti, maka dapat menimbulkan overheat.

Cobalah untuk memerika kondisi fanbelt bila suhu mobil masih terasa panas. Periksa juga bagian dinamo penggerak kipas, bisa saja kabel atau sekring terputus karena berbagai sebab.

Tidak jarang sebab pemasangan fan yang terbalik dapat menimbulkan masalah. Oleh sebab itu pastikan pemasangan tidak dalam kondisi terbalik. Hal ini berdampak menyedot udara panas yang akan membuat kabin mobil semakin panas.

5. Menggunakan BBM yang tidak sesuai

Terakhir pentingnya memilih oktan BBM yang sesuai dengan jenis mobil anda. Salah-salah dalam memilih BBM justru dapat menimbulkan knocking. Umumnya, oktan terbaik untuk mobil yakni berkisar 92 hingga keatas.

Jika hal ini dibiarkan, maka akan timbul overheat pada mesin. Sepele namun fatal bukan?

Oleh sebab itu maka sangat penting mengetahui jenis bahan bakar terbaik untuk mobil. Jangan hanya karena murah lantas anda jadikan kebutuhan sehari-hari. Dampaknya pun dapat fatal.

Selesai sudah artikel pembahasan mengenai penyebab mesin mobil cepat overheat. Semoga dapat menyadarkan kita sebagai pengguna mobil agar dapat lebih cerdas serta bijak dalam menggunakan mobil. Ingat, mobil bukan hanya kendaraan namun dapat menjadi aset yang bernilai jika diimbang oleh perawatan oleh anda sendiri.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi