fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil

Daftar Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Solusinya

Banyak sekali hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas sehingga performanya turun. Penanganan yang tepat perlu segera dilakukan. Untuk memastikan kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Namun untuk dapat melakukan penanganan yang tepat, diperlukan pengetahuan yang mendalam. Terutama mengenai apa saja hal yang menjadi sumber masalah. Karena beda penyebab, beda pula solusi mengatasi mesin yang cepat panas ini.

5 Hal Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Mesin mobil yang sedang aktif pastilah panas. Karena panas tersebut umumnya terjadi karena adanya gesekan blok mesin secara berulang-ulang. Dan karena adanya proses pembakaran. Namun akan jadi masalah jika mesin terlalu cepat panas, apalagi sampai melewati batas suhu yang ditetapkan.

Jika mesin terlalu cepat tentunya akan sangat berbahaya. Ada beberapa hal yang bisa terjadi jika hal ini terjadi. Misalnya tenaga mobil jadi kurang. Atau oli mobil jadi perlu cepat diganti. Pada beberapa kasus, mesin dapat mogok ataupun meledak.

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang jadi penyebab mesin mobil mengalami masalah ini. Namun beberapa hal yang umumnya menjadi sumber masalah adalah:

  1. Ada Masalah di Radiator Mobil

    Sebagai pendingin mesin, radiator menjaga agar suhu mesin tetap stabil. Atau setidaknya ada di suhu yang masuk dalam ambang wajar. Namun masalah pada radiator dapat menyebabkan kemampuan mendinginkan mesin menjadi tidak berfungsi.

    Ada banyak sekali jenis kerusakan yang kerap terjadi di radiator mobil. Misalnya ada kebocoran di selang radiator. Tutup radiator sudah tidak bagus sehingga air radiator muncrat keluar. Ataupun penggunaan air biasa sebagai cairan radiator.

  2. Kerusakan pada Thermostat

    Alat ini berfungsi sebagai indikator suhu mesin. Ketika suhu mesin tinggi, thermostat menjadi sinyal yang mengatur radiator agar bekerja extra dalam melakukan pendinginan.

    Ketika thermostat rusak, tidak ada indikator kapan radiator harus bekerja dan mensirkulasi coolant. Akibatnya, suhu mesin terus naik tanpa ada yang mengontrol.

  3. Penggunaan Oli yang Tidak Tepat

    Pelumas mesin (oli) juga menentukan performa mesin. Oli apa yang anda gunakan bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Ketika menggunakan oli palsu ataupun oli dengan kualitas yang jelek, maka performa mesin akan bermasalah. Biasanya disertai dengan tanda overheat.

    Namun bisa juga oli yang anda gunakan tidak tepat, atau tidak sesuai peruntukan mobil. Hal inipun menjadi penyebab mesin jadi lebih cepat panas. Atau proses ganti oli yang kurang bersih sehingga oli kotor masih tersisa di dalam mesin. Oleh sebab itu, disarankan melakukan ganti oli dengan menggunakan teknologi cuci darah.

  4. Kipas atau Cooling Fan Tidak Berfungsi dengan Baik

    Satu lagi komponen terkait radiator yaitu kipas pendingin. Jika komponen ini bermasalah, fan belt tidak bisa melakukan pengipasan untuk mengusir hawa panas mesin. Maka suhu tinggi akan terus menerus ada di sekitaran mesin. Akibatnya, mesin mobil akan semakin panas.

    Masalah di kipas biasanya terjadi karena fanbeltnya sudah tidak normal. Misalnya sudah kendur, atau bahkan putus. Bisa juga karena dinamo penggerak kipas sudah tidak bekerja dengan layak. Namun yang paling sering terjadi adalah kabel atau sekring kipas yang putus karena korslet, ataupun termakan usia.

    Untuk anda yang baru saja service mobil, namun tiba-tiba mengalami kasus mesin mobil cepat panas, maka kemungkinan besar ada kesalahan teknisi ketika melakukan bongkar pasang kipas. Bisa jadi kipas terpasang terbalik. Jadi pastikan untuk memilih bengkel professional. Bengkel yang mampu melakukan pengerjaan dengan akurat.

  5. Kondisi Mesin Sudah Jelek

    Harus diakui bahwa masalah ini kadangkala memang terjadi karena kondisi mesin sudah tak layak. Misalnya karena faktor usia mesin. Ataupun karena mesin terendam banjir, bekas kecelakaan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, perawatan mesin perlu dilakukan dengan baik dan rutin.

Demikianlah beberapa hal yang kerap menjadi penyebab mesin mobil cepat panas dan beresiko menyebabkan kerusakan serius. Semoga artikel ini membantu kita semua. Senang bisa menjadi sumber informasi yang tepat untuk anda sekalian.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *