Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Inilah 4 Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas, Sudah Tahu?

penyebab mesin mobil mati saat panas

Mobil mogok saat overheat merupakan salah satu kendala yang seringkali terjadi. Penyebab mesin mobil mati saat panas ini cukup beragam. Namun yang paling sering ditemui adalah adanya masalah pada komponen-komponen tertentu.

Pada dasarnya, suhu mesin cepat panas atau overheat ini disebabkan oleh sistem pendingin yang malfungsi. Dampaknya, komponen lain yang ada pada mesin akan mengalami penurunan kinerja atau bahkan rusak. Jika memang demikian, bukan tak mungkin Kamu akan terhenti di tengah perjalanan karena mesin mati secara tiba-tiba.

Lalu apa saja pemicu mobil mati ketika mesin panas? Simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Panas

  1. Keringnya radiator

Radiator yang kering bisa menyebabkan mobil kesayanganmu mogok ditengah jalan. Umumnya, radiator bisa kering dikarenakan 2 faktor, yakni suhu mesin menguap dan bocornya sistem sirkulasi. Hal ini mengakibatkan proses pendinginan tidak bekerja dengan normal karena cairan pada tangki radiator kurang atau bahkan habis. Alhasil mobil pun mulai mengalami penurunan performa hingga akhirnya mesin mati.

Sedikit tips, sebaiknya Kamu lebih teliti dalam perawatan mobil. Gantilah cairan radiator secara rutin, setidaknya setiap 20.000 km. Jangan lupa memilih produk yang dilengkapi dengan bahan anti karat.

  1. Radiator bocor

Ada berbagai alasan kenapa radiator mobil Kamu mengalami kebocoran. Diantaranya yaitu karena faktor usianya yang sudah tua, kekurangan air, tersenggol benda keras, dan lain-lain. Pemakaian air yang tidak bersih pun kerap ditemui dan menyebabkan komponen radiator rusak dan keropos.

Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi radiator adalah sebagai pendingin. Jika terjadi kendala pada komponen satu ini, maka tidak akan ada lagi komponen untuk mendinginkan mesin saat berada di suhu tinggi. Jika terus dibiarkan, mesin berpotensi mengalami kerusakan lebih fatal hingga akhirnya mobil mogok saat dikendarai.

Oleh sebab itu, Kamu harus lebih peka terhadap perawatan radiator. Kuras air radiator secara rutin, setidaknya satu kali per tiga bulan. Jika dirasa kurang maksimal, Kamu dapat mengganti semua cairan radiator dengan yang baru.

  1. Karet tutup radiator rusak

Biasanya, tutup radiator terbuat dari bahan karet agar tekanan air pada sistem pendingin lebih terjaga. Fungsi dari tutup radiator ini bisa saja terganggu jika terdapat masalah seperti pemasangan yang tidak benar, tidak sesuai spesifikasi mobil, atau bahkan rusak. Jangan anggap remeh kendala ini karena dapat membuat mesin lebih cepat panas hingga mogok secara tiba-tiba.

Baca Juga : Biaya Ganti Air Radiator Mobil

Umumnya para mekanik menyarankan mengganti tutup radiator setidaknya lima tahun sekali. Namun, Kamu sendiri tetap harus teliti untuk mengenali gejala-gejala kerusakan karena tutup radiator bisa saja bermasalah jauh lebih cepat.

Selain itu, jangan membeli dan memasang tutup radiator sembarangan. Meski harga komponen satu ini tergolong murah, namun sesuaikan dengan spesifikasi mobil Kamu. Tutup radiator sendiri memiliki jenis dan ukuran yang berbeda-beda.

  1. Motor fan bermasalah

Motor fan lebih dikenal dengan sebutan kipas radiator juga dapat menyebabkan mesin mati ketika panas. Sesuai dengan namanya, fungsi kipas radiator ini adalah untuk menghilangkan panas pada mesin. Jika komponen bermasalah atau rusak, maka coolant radiator tidak akan mengalami pendinginan lagi hingga akhirnya mesin kian panas.

Jika kondisi tersebut terjadi saat dikendarai, tepikan mobil dan perbaiki kendala sebelum berdampak pada komponen mesin lainnya. Penyebab kipas mati ini biasanya dikarenakan rusaknya relay, Kamu dapat mengganti relay tersebut. Selain itu, Kamu juga harus memeriksa rangkaian kabel karena bisa saja terdapat kabel yang putus. Bila kendala tidak kunjung membaik, maka solusi terbaiknya adalah membawa mobil Kamu ke bengkel terdekat.

Nah, itulah beberapa penyebab mesin mobil mati saat panas yang harus Kamu ketahui. Jangan memaksa mobil bila memang terdapat masalah pada mesin. Segera atasi permasalahan agar kemungkinan-kemungkinan terburuk dapat dihindari. Semoga informasi ini memberikan banyak manfaat khususnya bagi Kamu yang tengah mengalami kendala serupa.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *