Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Mesin, Mesin Mobil

Penyebab Mesin Mobil Panas yang Sering Kali Dialami Pemilik Mobil

penyebab mesin mobil panas

Kita tahu bahwa sangat banyak sekali penyebab mesin mobil panas. Salah satu yang kerap dijumpai penyebabnya adalah adanya kerusakan pada sistem radiator. Hal tersebut membuat sistem pendingin menjadi tidak berfungsi.

Maka dari itu, supaya mobil tidak mengalami hal yang semakin parah, maka perlu diketahui penyebabnya. Baru kemudian tahu sistem mana yang tidak bagus dan kemudian mengambil langkah untuk diperbaiki. Sebab jika sistem masih cukup bagus, kemungkinan kecil mobil akan mengalami hal demikian.

Terdapat beberapa langkah yang dirasa tepat ketika mobil panas atau mengalami overheat. Langkah pertama adalah diamkan beberapa saat terlebih dahulu. Setelah mesin benar-benar dingin, biarkan saja. Bahkan jangan pernah atau sesekali menyiram mesin dengan menggunakan air murni. Setelah didiamkan dan dingin, baru tambahkan water coolant.

Berikut 5 Penyebab Mesin Mobil Panas

biaya service mobil honda brio

Sebab, jika mesin masih panas dan kemudian disiram dengan menggunakan air, akan menimbulkan resiko yang lebih banyak. Seperti salah satunya adalah sejumlah part mesin bengkok. Bahkan hal ini juga menjadi penyebab mobil mengalami turun mesin.

Naiknya suhu pada mesin mobil sendiri disebabkan oleh sejumlah faktor. Hal ini harus anda ketahui supaya paham terkait dengan penyebab mesin mobil panas, dan bisa meminimalisir kerusakan.

  1. Kerusakan pada radiator

Fungsi dari radiator adalah mengelola suhu mesin mobil. Sehingga fungsi dari radiator ini sangat vital. Apabila sistem pendingin tersebut mengalami masalah, maka akan membuat mesin mobil menjadi overheat.

Biasanya, masalah yang sering ditemui pada radiator adalah saluran yang tersumbat oleh kotoran. Selain itu, kebocoran atau selang radiator yang robek menjadi sumber masalah pada radiator. Kedua hal tersebut yang mengakibatkan cairan pendingin tidak tersalur dengan baik, dan mesin mobil menjadi panas.

Namun tidak hanya itu saja, kurangnya cairan pada tangki radiator juga menjadi sumber masalah. Semakin tua mobil yang digunakan, maka semakin sering mengisi cairan tersebut. Sehingga, disarankan agar mengisi air pendingin atau coolant radiator dalam menjaga kandungan mineral. Biasanya, penggantian air radiator dilakukan setiap 20 ribu km. Selain itu, disarankan juga agar menggunakan cairan yang mengandung anti karat.

  1. Menggunakan oli palsu

Jangan sesekali membeli oli yang memiliki harga murah dan bahkan mereknya juga tidak jelas. Sebab, cairan oli yang tidak berkualitas akan menjadi penyebab mesin mobil panas dan cepat menguap. Hal ini dikarenakan cairan tersebut tidak membeli pelumasan yang maksimal pada mesin, sehingga menimbulkan gesekan yang kuat dan overheat.

Selain itu, masalah lain pada oli yang kerap ditemui adalah sering terjadi kebocoran. Hal ini yang akan berdampak pada mesin. Kemudian indikasi atau ciri mobil yang panas adalah ketika muncul sebuah asap putih dari dalam kap.

  1. Menggunakan BBM yang tak sesuai

Selain kedua hal tersebut, penyebab mesin mobil panas yang lain adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. Hal tersebut dikarenakan kandungan oktan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobil. Sehingga berakibat pada knocking, dan jika dibiarkan terus-menerus akan berakibat overheat.

Maka dari itu, sebelum menggunakan bahan bakar pada kendaraan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi BBM pada kendaraan anda. Sebab biasanya, banyak orang yang memilih mengisi tangki bahan bakar dengan jenis tak sesuai. Hal ini berakibat pada kerusakan mobil dan membuat mobil menjadi boros bahan bakar.

  1. Kipas pendingin mati

Dalam sebuah radiator, terdapat kipas yang berfungsi dalam menyedot udara dingin dari luar. Kemudian apabila kipas tersebut mengalami kerusakan atau salah pemasangan, maka suhu panas juga disedot dan menjadi salah satu penyebab mesin mobil panas. Maka dari itu, pastikan bahwa kipas tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Apabila mobil tersebut terus mengalami overheat, sebaiknya anda lakukan cek pada kondisi fan belt, apakah masih normal, kendur atau putus. Selain itu, periksa bagian dinamo yang menggerakkan kipas. Sebab, usia kabel atau sekring yang sudah menua, akan mudah putus.

  1. Thermostat tak berfungsi

Seperti diketahui bahwa termostat merupakan alat pengukur suhu dalam mesin mobil dan masih berhubungan dengan sistem kerja radiator. Ketika suhu mesin rendah, maka thermostat yang langsung mengatur kadar air agar tetap berada dalam radiator. Sehingga ketika mesin mobil panas atau overheat, maka alat ini yang mengatur air untuk masuk ke mesin.

Baca Juga : Biaya Pasang AC Mobil

Namun jika alat tersebut tidak berfungsi secara normal, akan menyebabkan sirkulasi air pendingin menjadi terganggu dan mengakibatkan suhu mesin menjadi panas. Maka dari itu, thermostat juga perlu diperhatikan dengan seksama. Sebab jika tidak, thermostat juga bisa menjadi penyebab mesin mobil panas.

Mobil Anda Perlu General Check Up ke Dokter Mobil

Sudah jelas bukan mengenai perubahan suhu mesin yang cepat. Jika mengalami hal demikian, maka lebih baik jangan meneruskan perjalanan. Seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, lebih baik berhenti dan diamkan sebentar agar tidak menimbulkan resiko lain yang fatal, seperti mobil terbakar.

Maka dari itu, segera ambil tindakan yang terbaik seperti melakukan pengecekan pada mobil anda. Pengecekan secara rutin itu perlu. Anda bisa memilih ke Dokter Mobil untuk free general check up mobil. Dengan begitu anda bisa mengerti letak dimana terjadi masalah pada mobil.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *