Posted by Mekanik Juan Uncategorized

4 Faktor Utama Penyebab Mesin Mobil Pincang dan Meraung

Mencari dan Mengatasi Penyebab Mesin Mobil Pincang dan Meraung

Mencari tahu penyebab mesin mobil pincang sangatlah dibutuhkan supaya tidak mengganggu kamu selama berkendara dengan mobil milikmu. Ada berbagai alasan yang membuat mesin mobil menjadi pincang. Bisa jadi karena pengapian yang kurang baik, takaran yang kurang tepat dalam pencampuran udara dan bahan bakar, atau juga kompresi.

Rasanya kalau hanya dijelaskan dalam kalimat singkat di atas, belum menjawab pertanyaan kamu tentang alasan dan penyebab mesin mobil milikmu bisa pincang, kan? Nah, supaya kamu bisa memahaminya lebih jelas lagi, mari kita baca ulasan lengkap di bawah ini, tentang penyebab mesin mobil pincang serta solusi yang bisa kamu lakukan untuk menangani kerusakan pada mesin mobil milik kamu!

Busi Mati jadi Penyebab Mesin Mobil Pincang

Busi adalah komponen paling ujung pada sistem pengapian. Fungsinya untuk memercikkan bunga api saat pembakaran. Jika busi mati, besar kemungkinan mesin mobil kamu akan pincang. Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan kamu melakukan pengecekan dan penggantian busi secara berkala.

Lihat Juga: Penyebab Tarikan Gas Mobil Berat

Selain itu, saat mengganti busi, kamu tidak bisa memilih tipe yang sembarangan. Ada berbagai macam tipe busi yang dijual. Masing-masing busi memiliki kode unik. Kalau salah pilih dan ternyata tidak sesuai dengan mobilmu, maka mesin mobil bisa saja tetap pincang meskipun kamu sudah mengganti busi dengan yang baru.

Koil yang Rusak Juga Menyebabkan Pincang

Koil berfungsi untuk menaikkan tegangan baterai menjadi lebih tinggi. Setelah tegangan tinggi, nantinya proses akan dilanjutkan oleh busi untuk dipercikkan. Pada mesin mobil, masing-masing silinder memiliki koil sendiri.

Nah, jika salah satu koil silinder ini rusak, maka mesin mobil akan pincang dan mengganggu kenyamanan kamu dalam mengendarai mobil.

Mobil Pincang Meraung Karena Injektor Mati atau Kotor

Fungsi dari injektor adalah untuk menyemprot bahan bakar ke dalam saluran injektor. Injektor yang mati atau kotor juga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi pincang, lho. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah, cek apakah injektor ini masih bisa bekerja alias masih hidup. Cara mengeceknya, coba dengarkan apakah injektor tersebut masih mengeluarkan bunyi. Kalau iya, artinya injektor tersebut masih hidup dan hanya kotor saja. Injektor masih berfungsi dan bisa digunakan. Segera keluarkan dan cuci injektor tersebut. Dengan begitu, kamu sudah menyelesaikan masalah mesin mobil yang pincang akibat injektor kotor.

Wiring Putus

Wiring bisa putus karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena digigit oleh tikus, atau terkena benda-benda yang tajam. Solusinya hanya satu. Mobil kamu harus dibawa ke bengkel. Wiring putus merupakan masalah yang membutuhkan skill khusus dari para ahli yang lebih paham tentang dunia otomotif. Supaya tidak salah penanganan, langsung saja serahkan pada ahlinya.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mesin mobil pincang. Selama ini, banyak orang yang berfikir, kalau satu-satunya penyebab mobil pincang adalah masalah yang terjadi pada busi mobil saja. Padahal kalau diperhatikan lebih dalam, bukan cuman masalah busi, tapi mesin mobil juga bisa pincang karena hal lain seperti wiring putus, koil yang rusak, bahkan masalah yang terjadi pada injektor.

Jadi, sebelum buru-buru mengganti busi, pastikan kamu sudah melakukan pengecekan secara menyeluruh, supaya penanganan yang kamu lakukan juga tepat sasaran. Dengan begitu, mesin mobil akan bisa diperbaiki dan bisa segera kamu gunakan kembali dengan nyaman.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *