Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

5 Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak & Solusinya

penyebab mobil avanza mati mendadak

Pernahkah saat sedang genting mobil anda mengalami mati mendadak di tengah jalan, ketahui penyebab mobil Avanza mati mendadak disini. Memang ini menjadi situasi yang tidak kita inginkan bukan. Bayangkan anda sedang di jalan tol tiba-tiba mobil anda ngempos, di gas tapi berasa hampa. Jika hal ini terjadi segera pinggirkan mobil ya, kemudian nyalakan lampu hazard dan segitiga hazard dengan jarak satu meter ke belakang. Nah sebelum hal ini terjadi, anda perlu membaca artikel ini ya.

Ini Dia Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak & Solusinya

  • Mesin Overheat

Hal ini sering terjadi karena biasanya anda lupa untuk mengecek air radiator sehingga mengakibatkan temperature mesin memiliki panas berlebih. Radiator yang memiliki fungsi kerja sebagai pendingin tidak dapat menampung panas berlebih yang dikeluarkan oleh mesin. Bisa jadi juga penyebab mobil avanza mati mendadak karena radiator kotor sehingga sirkulasi air untuk mendinginkan mesin terhambat sehingga menghasilkan overheat.

Solusinya, anda harus menepi terlebih dahulu. Lalu buka kap mesin dan cek apakah ada uap yang keluar dari tanki radiator? Jika ya, ada baiknya anda menunggu sampai mesin mobil dingin supaya saat anda membuka tutup radiator air tidak menyembur ke kulit anda, yang bisa menyebabkan kulit anda melepuh nantinya. Sementara anda menunggu mesin dingin, carilah air dingin untuk mengganti sementara air radiator. Setelah agak dingin, bukalah tutup radiator perlahan dengan bantuan kain lap. Kemudian isi radiator dengan air lagi dan pasang tutup radiatornya.

Lalu lepaskan konektor yang menghubungkan temperature switch, posisinya berada di inlet water housing. Hal itu bertujuan supaya radiator menjadi dingin terkena fan serta extra fan yang menjadi alat pendinginnya. Kemudian pastikan saat anda menjalankan kendaraan perhatikan gauge meter di dashboard mobil. Pastikan agar temperatur tidak menyentuh suhu panas. Jika perlu, berhenti beberapa kali untuk cek sebentar air radiator dan isi dengan air jika air radiator mulai berkurang.

Usahakan menggunakan gigi tinggi untuk mencapai rpm rendah, fungsinya agar mesin tidak mendapatkan panas berlebihan. Setelah sampai di bengkel ganti upper tank yang lama dengan yang baru. Saya sarankan jika anda sering pergi jauh untuk membawa radiator coolant atau air mineral bukan air keran untuk berjaga-jaga.

  • Aki Lemah atau Tekor

Aki lemah atau tekor bisa terjadi karena banyak factor bisa karena human error seperti lupa mematikan lampu senja, bisa karena jarang dihidupkan, bisa karena pemasangan audio yang berlebihan atau bisa karena rusaknya alternator. Alternator merupakan komponen di dalam mobil yang memiliki fungsi menjaga kondisi aki dan menstabilkannya agar terus menyuplai kebutuhan listrik mobil. Jika alternator rusak, maka listrik tidak bisa tersuplai dengan maksimal ke aki.

Solusinya, untuk alternator yang rusak anda bisa langsung pergi ke bengkel resmi. Biasanya untuk memperbaiki alternator dibanderol dengan harga Rp. 400.000,- sampai Rp. 800.000,-. Namun jika anda berniat menggantinya siapkan kocek dalam ya karena harga alternator sendiri cukup mahal harganya sekitar 3 juta sampai 8 juta.

Solusi yang lain jika penyebab mobil Avanza mati mendadak bukan karena aki tekor atau karena alternator yang rusak, masih bisa diperbaiki dan digunakan setidaknya untuk 3 bulan ke depan. Caranya adalah keluarkan aki mobil dari tempatnya, kemudian kuras isinya sampai habis. Setelah itu masukkan air hangat dicampurkan dengan garam beryodium. Fungsinya untuk mencuci kotoran yang ada dalam aki serta memperbaiki sel aki yang rusak. Lakukan pengurasan ini sebanyak tiga kali, kemudian buang air yang ada di dalam aki dan diamkan sampai benar-benar kering minimal 15 menit – 20 menit. Setelah anda yakin aki benar-benar kering, isi aki dengan air zur. Air zur adalah air aki yang tutupnya berwarna merah, bukan berwarna biru. Setelah anda mengisi aki dengan air zur jangan langsung ditutup ya, tunggu sekitar 10 menit. Jika sudah sampai 10 menit lebih, tutup aki dan pasang kembali ke kendaraan anda, Aki anda bisa digunakan kembali sampai tiga bulan ke depan.

Untuk catatan jangan mengisi aki dengan air zur yang tutup merah untuk mengisi ulang aki ya. Karena kandungan air aki tutup merah berbeda dengan yang biru. Jika anda sampai salah mengisi, bisa mengurangi masa umur aki lho.

  • Timing Belt Putus

Timing Belt mempunyai kegunaan untuk menyelaraskan putaran kruk as dengan katup agar tidak berbenturan antara keduanya. Jika timing belt putus, kerusakan tak dapat dihentikan. Piston akan berbenturan dengan katup yang berada dalam posisi membuka. Resiko paling parah pada putaran rpm tinggi akan menghancurkan komponen internal mesin. Penyebab mobil Avanza mati mendadak bisa jadi karena timing belt yang sudah aus atau putus.

JIka begitu maka timing belt yang aus atau putus anda harus cepat menggantinya. Meskipun pergantian berkala timing belt biasanya setiap 20.000 km sampai 40.000 km. Namun, anda harus menggantinya segera jika tidak ada banyak akibatnya dari klep mesin yang bengkok, pelatuk klep mesin hancur sampai mesin mati total.

  • Oli Bocor

Wah,wah kalau ini dengan menurunnya jumlah oli secara drastis pasti akan menyebabkan gesekan pada komponen yang bergerak seperti mesin macet, bantalan poros rusak serta karet seal akan menciut. Akibatnya gesekan yang terus menerus akan menyebabkan mesin panas dan aus.

Solusinya adalah mengganti seal yang aus atau jika anda tidak paham lebih baik anda cari bengkel resmi terdekat ya. Karena hal ini berkaitan dengan harus dinaikkan dengan dongkrak otomatis atau engine crane sehingga montir bisa lebih tahu letak bocornya dimana. Apakah itu oli mesin yang bocor, oli gardan, oli rem atau oli power steering.

  • Water Hammer

Water hammer atau hydrolocking adalah keadaan dimana mesin mobil mati mendadak disebabka n air masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake dan mendapat tenakan sangat besar di ruang silinder oleh piston. Biasanya water hammer ini sering terjadi karena pengemudi tidak berpengalaman saat melewati genangan banjir yang tingginya hamper se kap mobil.

Baca Juga : Mobil Karburator Susah Hidup

Solusinya jika mesin mobil anda tiba-tiba mati saat menerobos banjir karena water hammer, hal yang pertama kali harus anda lakukan adalah jangan langsung starter ulang mesin mobil karena justru ruang bakar akan semakin basah kemasukan air. Lalu copot aki mobil dan lepas aki mobil untuk menghindari korslet pada mobil, kemudian usahakan untuk mendorong mobil ke area yang aman, setelah itu cari bengkel terdekat untuk mendapat pemeriksaan dan perbaikan menyeluruh.

Demikian beberapa penyebab mobil Avanza mati mendadak. Jika anda mendapatkan ciri satu atau dua dari penjelasan artikel diatas, anda perlu berhati-hati ya. Terutama untuk poin kelima yakni water hammer. Karena perbaikan akibat water hammer bisa seharga satu motor matic lho. Jadi hati-hati ya saat berkendara, sampai jumpa.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *