Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Pasti Belum Tahu! Ini Loh Penyebab Mobil Boros Bensin

Sumber Masalah Penyebab Mobil Boros Bensin Serta Solusi Mengatasinya

Mobil anda akhir-akhir ini terasa lebih boros? Di antara begitu banyak penyebab mobil boros bensin ada empat hal yang sering jadi sumber masalah. Dengan mengetahui sumber masalah diharapkan akan lebih mudah untuk mencari solusinya.

Kira-kira apa saja hal yang bikin mobil boros bensin? Di artikel kali ini Dokter Mobil akan membahasnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Faktor Utama Penyebab Mobil Boros Bensin

Dengan mengetahui penyebab mobil boros bahan bakar maka anda akan lebih mudah menentukan solusinya. Karena beda penyebab beda pula solusinya.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan mobil boros bensin di antaranya adalah:

  1. Penumpukan Kerak Karbon

    Kerak karbon menyebabkan pembakaran menjadi tidak optimal. Alhasil, bahan bakar yang dibutuhkan akan lebih besar. Hal tersebutlah yang menyebabkan bahan  bakar terasa boros.

    Karbon yang Menumpuk Menyebabkan Kinerja Mesin Drop dan Membutuhkan Lebih Banyak Bahan Bakar Bensin

    Solusi
    Untuk masalah kerak karbon di saluran pembakaran, solusinya hanyalah dengan tune UP. Dengan melakukan tune UP, performa dan iritnya mobil akan kembali seperti baru.

  2. Penggunaan Perangkat Elektronik di Mobil

    Setiap perangkat elektronik di mobil juga mengkonsumsi bahan bakar mobil. Semakin banyak perangkat elektronik yang menyala di mobil, semakin besar konsumsi BBM mobil.

    Semakin Banyak Perangkat Elektronik Maka Bahan Bakar Semakin Terkuras Sehingga Mobil Semakin Boros Bensin

    Solusi
    Menggunakan volt stabilizer bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Penggunaan volt stabilizer dapat membantu menghemat konsumsi BBM, sekaligus memastikan aki mobil lebih awet.

  3. Komponen Mobil yang Tidak Kompatibel

    Penggunaan komponen mobil yang tidak sesuai juga bisa menyebabkan mobil lebih boros BBM. Karena penggunaan komponen yang tidak kompatibel akan menyebabkan mesin harus bekerja extra keras. Hal tersebut tentu menyebabkan konsumsi BBM mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, komponen mobil juga jadi lebih cepat rusak.

    Penggunaan Komponen Mobil yang Tidak Kompatibel Akan Membebani Kinerja Mesin

    Solusi
    Untuk mengatasi hal ini, maka setiap komponen mobil harus dicheck. Komponen mobil yang dirasa sudah aus harus dianggap sudah tidak kompatibel dan sudah harus diganti. Begitu juga komponen yang sebenarnya kurang cocok dipasang di mobil anda, sebaiknya dibongkar dan diganti dengan komponen yang memang sesuai.

  4. Kondisi Oli Mobil Menjadi Penyebab Mobil Boros Bensin

    Mesin yang kekurangan oli performanya akan menurun. Dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk mencapai titik performa tertentu. Oleh sebab itu, oli mobil harus dicheck secara berkala, harus diganti secara berkala, dan harus dipastikan bahwa anda memakai oli yang memang sesuai dengan kebutuhan jenis mobil anda.

    Oli Perlu Diganti Agar Kinerja Mesin dan Konsumsi BBM Tetap Stabil

    Solusi
    Penggantian oli perlu dilakukan. Penggantian oli sebaiknya dilakukan dengan metode CUCI DARAH yang mampu mengangkat kotoran di dalam mesin. Dan bisa 100% mengangkat sisa oli lama yang ada di dalam mesin.

Selain hal-hal di atas, sebenarnya masih ada beberapa hal lain yang jadi sebab munculnya masalah boros bensin pada mobil. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecheckan yang jauh lebih menyeluruh di bengkel mobil professional.

Demikianlah beberapa hal yang jadi faktor penyebab mobil boros bensin. Semoga informasi ini bermanfaat dalam mengatasi masalah ini. Senang bisa membantu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *