Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

5 Hal Sepele yang Jadi Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Mencari Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup dan Mengatasinya dengan Segera

Tanpa disadari ternyata ada beberapa hal sepele yang menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup meskipun bahan bakar full. Lantas apa solusinya? Jangan khawatir, di kesempatan kali ini Dokter Mobil akan membahasnya.

Ketika hendak menyalakan mobil namun tidak bisa hidup. Sudah distarter berulang-ulang namun tetap gagal. Masalah ini tentu menyebalkan. Lantas apa penyebabnya? Dan apa solusinya?

Waspdai 5 Hal Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup Ini!

Setidaknya ada 5 hal yang kerap jadi sumber masalah. Jadi ketika masalah ini muncul silahkan check 5 hal tersebut. Adapun kelima hal yang jadi sumber masalah ini antara lain adalah:

  1. Kelistrikan Mobil

    Bicara mengenai kelistrikan mobil, kita membicarakan mengenai aki mobil. Kemungkinan besar aki mobil sudah lemah. Hal ini tentu menyebabkan starter tidak bisa berfungsi dengan baik. Jikapun starter berfungsi, kelistrikan tidak cukup kuat untuk menggerakkan mesin mobil.

    Masalah di Kelistrikan Mobil Menyebabkan Turunnya Performa Mobil Diesel

    Solusi
    Cobalah untuk melakukan jumper pada aki untuk melihat apakah mobil bisa distarter dengan jumper. Jika memang bisa, maka memang aki mobil yang bermasalah. Penggantian aki bisa dilakukan.

  2. Saluran Bahan Bakar

    Solar mungkin masih full karena baru diisi. Namun banyak kejadian mobil diesel tidak mau hidup karena saluran bahan bakar mampet. Akibatnya, bensin atau solar tidak bisa diolah menjadi energi.

    Seringkali Kasus Mobil Diesel Tidak Mau Hidup Terjadi Karena Saluran Bahan Bakar yang Tersumbat

    Solusi
    Biasanya mampet terjadi di filter bahan bakar. Filter bahan bakar menampung terlalu banyak kotoran sehingga menyumbat aliran bahan bakar. Penggantian filter bahan bakar bisa menjadi solusinya.

  3. Mesin Mobil Overheat

    Ketika mesin overheat, secara otomatis mesin langsung mati. Dan agar tidak dipaksakan jalan, maka mesin yang sedang terlalu panas disetting oleh pabrikan untuk tidak bisa dihidupkan.

    Overheat Bisa Terjadi Pada Berbagai Jenis Mobil yang Radiatornya Kurang Terawat

    Solusi
    Menunggu sampai mesin dingin adalah solusinya. Namun tentu saja solusi ini bukan merupakan jawaban terbaik. Masalah overheat harus diatasi. Karena tentunya mobil jadi tidak bisa digunakan dengan nyaman ketika mudah sekali overheat. Apalagi jika hendak digunakan keluar kota. Selain itu, overheat beresiko menyebabkan kerusakan mesin secara keseluruhan. Bahkan kebakaran mobil.

    Biasanya masalah overheat terjadi karena masalah radiator. Misalnya radiator bocor. Oleh sebab itu, sangat penting untuk tahu ciri-ciri radiator mobil bocor dan cara menanganinya.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup meskipun sudah distarter berulang-ulang. Semoga informasi ini bisa melepas rasa penasaran kita semua, dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Senang bisa membantu.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *