fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Ketauhilah 4 Penyebab Mobil Fortuner Mati Mendadak

Mesin mobil yang mati mendadak memang sangat mengganggu. Masalah mesin yang mati mendadak atau mogok ini merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi pada mobil. Mobil sekelas Fortuner pun dapat mengalami mesin yang mati mendadak atau mogok. Kadang hal ini dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja, namun perlu diwaspadai ketika intensitas mobil mogok ini hingga berkali-kali. Maka ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada mesin atau komponen tertentu. Penyebab mobil Fortuner mati mendadak memang bermacam-macam, untuk itu kita akan membahasnya satu demi satu.

1. Gangguan Pada Suplai Bahan Bakar

Salah satu penyebab utama mesin mobil yang mati mendadak adalah adanya masalah pada suplai bahan bakar. Bahan bakar merupakan sumber tenaga utama pada mobil. Apabila bahan bakar suplainya terganggu atau bahkan tidak ada, hal ini bisa menyebabkan mesin mobil menjadi mati. Untuk masalah gangguan pada suplai bahan bakar ini sendiri juga disebabkan oleh banyak hal dari berbagai komponen yang ada di mobil.

Cara mengatasinya :
Untuk memgatasi masalah mobil mati mendadak ini, harus dilakukan pengecekan yang lebih mendalam pada setiap bagian mesin dan komponen. Untuk masalah suplai bahan bakar yang mengalami gangguan, bisa dikarenakan indikator BBM yang eror. Indikator BBM yang eror, kadang menunjukkan kondisi bahan bakar yang penuh, padahal tidak demikian. Indikator ini pun dapat rusak karena macetnya bahian pelampung bahan bakar. Selain masalah tersebut, tidak bisa naiknya bahan bakar ke mesin bisa disebabkan oleh pompa bensin yang rusak. Sementara untuk mobil injeksi, bisa diseabkan oleh adanya gangguan pada bagian immobilizer yang membuat injektor tidak mampu mengalirkan bahan bakar ke mesin.

2. Mesin Terlalu Panas atau Overheat

Penyebab mobil Fortuner mati mendadak selanjutnya adalah karena mesin yang terlalu panas atau mesin mengalami overheat. Mesin mobil yang terlampau panas ini bisa menyebabkan mobil mati mendadak atau mogok. Biasanya mesin yang mengalami overheat ini disebabkan oleh mesin yang digunakan dalam waktu yang lama dan non stop. Penggunaan non stop tanpa memperhatikan temperatur ini bisa mengakibatkan mobil mogok.

Cara mengatasinya :
Pada mobil yang mogok dikarenakan mesin mengalami overheat, yang perlu dilakukan adalah segera mencari solusi untuk membuat temperatur menjadi normal. Pastikan sistem pendingin dalam kondisi yang normal dan optimal. Bila ditemukan masalah pada bagian mesin pendingin, maka segera cari solusi untuk membetulkan bagian komponen mesin pendingin. Sebagai langkah pencegahan, selalu lakukan cek bahan bakar dan juga tempertur mobil. Jangan biarkan temperatur mobil menjadi melebihi batas yang ditentukan, karena apabila mesin mengalami overheat, bukan hanya mogok namun kondisi ini memungkinkan akan lebih banyak komponen-komponen lain yang ikut mengalami gangguan.

3. Gangguan Pada Bagian Radiator

Terkait dengan point ke dua tentang mesin yang overheat, maka hal ini juga sangat berhubungan dengan gangguan pada bagiam radiator. Radiator merupakan salah satu komponen penting yang berkaitan dengan mesin pendingin pada mesin kendaraan. Radiator memiliki fungsi untuk mendinginan mesin disaat suhu mesin meningkat. Jika radiator rusak, mak mesin pendingin tidak bekerja dan terjadi overheatig.

Cara mengatasinya :
Jika masalah mobil mati mendadak karena masalah pada radiator, maka yang harus dilakukan pertama adalah memastikan apakah bagian radiator memang bermasalah. Biasanya rusaknya radiator bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah bagian kipas yang rusak, dan kedua adalah karena cairan radiator yang habis. Untuk itu, setelah dilakukan pengecekan, maka bisa dilakukan tindakan berupa penggantian komponen kipas atau pengisian cairan radiator. Selalu cek volume air radiator anda. Jangan sampai kurang apalagi habis.

4. Gangguan Pada Sistem Kelistrikan

Masalah mobil mogok juga bisa terjadi ketika ada gangguan pada sistem kelistrikan. Penyebab mobil Fortuner mati mendadak satu ini terjadi ketika arus listrik menuju bagian koil hilang atau tersendat. Secara sistematis, masalah muncul ketika sistem pengapian menjadi mati setelah gangguan listik. Akibatnya sistem pembakaran tidak berjalan dengan maksimal atau bahkan tidak ada proses pembakaran.

Cara mengatasinya :
Untuk masalah mobil mogok karena kelistrikan, perlu diperhatikan akan kondisi aki mobil. Lakukan pengecekan dan memastikan tegangan aki berada di 12 hingga 13 volt. Dengan tegangan itu, maka kualitas listrik yang dialirkan baik dan menjadikan hasil yang baik juga. Untuk antisipasi pastikan selalu memilih Aki dengan kualitas yang baik dan bagus ya.. Jika kondisi aki memang sudah tida layak, penggantian merupakan solusi terbaik.

Itulah tadi beberapa penyebab mobil Fortuner mati mendadak dan beberapa solusi serta pencegahan yang bisa dilakukan. Selaku lakukan pengawasan, lakukan perawatan terbaik tanpa menunggu ada yang tidak beres. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Beberapa penyebab mobil Pajero Sport berasap

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *