fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

4 Faktor utama penyebab mobil Fortuner tidak bisa hidup

Apapun jenis dan merek nya, setiap mobil pasti memiliki permasalahan tersendiri. Salah satu permasalahan mobil yang kerap terjadi adalah mobil yang tidak mau hidup. Masalah ini tentu bisa menjadi hal yang menjengkelkan, apalagi untuk seseorang dengan mobilitas yang cukup tinggi. Masalah mobil yang tidak mau hidup ini juga bisa terjadi pada mobil sekelas fortuner. Untuk itu, pengemudi harus mengerti betul kondisi mobilnya agar bisa melakukan antisipasi. Berikut penyebab mobil Fortuner tidak bisa hidup yang penting untuk diketahui.

1. Masalah Pada Baterai

Penyebab yang paling umum dari mobil yang tidak bisa dihidupkan adalah maslaah pada bagian baterai. Baterai bis dibilang merupakan salah satu komponen yang penting dalam bisa hidup atau tidaknya sebuah mobil. Baterai tidak harus mati total untuk bisa menyebabkan mobil tidak bisa dihidupkan. Ketika baterai melemah, starter juga tidak bisa menyala dengan optimal. Bahkan mobil bisa mengeluarkan bunyi yang tidak wajar. Jika hal ini Anda biarkan, lama kelamaan bahkan mesin mobil tidak bisa menyala dan lampu indikator bahkan bisa jadi tidak dapat menyala.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi mobil yang tidak bisa menyala dikarenakan baterai yang melemah, Anda perlun melakukan cek lebih mendalam dan memastikan masalah yang terjadi. Apabila kondisi baterai memang melemah atau bahkan mati, sangat dianjurkan untuk menggantinya dengan baterai yang baru. Perlu diingat bahwa bateri merupakan salah satu penyebab utama mobil tidak bisa dinyalakan.

2. Kerusakan Pada Bagian Alternator

Penyebab mobil Fortuner tidak bisa hidup selanjutnya adalah karena adanya masalah pada bagian Alternator. Sesuai fungsinya, Alternator ini memiliki fungsi untuk memberikan daya pada baterai. Tanda-tanda yang mungkin bisa terjadi saat ada masalah pada bagian alternator adalah tidak menyalanya lampu peringatan karena output sistem pengisian yang tidak lancar.

Cara mengatasinya:
Jika masalah mesin yang tidak bisa menyala dikarenakan oleh Alternator yang rusak, maka pertama harus dipastikan terlebih dahulu seberapa besar masalahnya. Untuk mengeceknya, siapkan alat pengukur jika ada. Pada panel instrumen, apabila dalam keadaan yang baik, akan muncul voltase sebanyak 14 volt. Tegangan ini bahkan bisa lebih renda lagi. Pada kondisi normal saja, bisa jadi daya tersebut tidak mampu menghidupkan baterai ketika banyak bagian yang dinyalakan seperti radoo, pemanas, dan lain-lain dinyalakan. Untuk itu pastikan Alternator selalu dalam kondisi yang baik atur penggunaannya.

3. Kondisi Starter Buruk

Salah satu penyebab lainnya yang menyebabkan mobil menjadi sulit dihidupkan adalah adanya masalah pada bagian starter. Starter yang buruk bisa membuat pengemudi berpikir bahwa ada masalah pada baterai, seperti baterai lemah. Saat starter dalam kondisi yang buruk, maka starter akan menarik dengan kekuatan yang melebihi kekuatan biasanya. Hal ini akan menimbulkan suara berisik yang orang bisa mengira ada masalah pada bagian baterai.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi mobil yang sulit dihidupkan karena kondisi starter yang buruk, maka langkah awal adalah dengan memastikan dahulu, apakah ada masalah pada starter atau baterainya. Jangan terburu-buru mengganti baterai yang dikira lemah. Namun pastikan dahulu, jika kerusakan berasal dari starter, maka konsultasikan hal ini pada mekanik yang lebih berpengalaman.

4. Masalah Pada Roda Kemudi

Penyebab mobil Fortuner tidak bisa hidup selanjutnya adalah adanya kesalahan pada bagian roda kemudi. Bagian roda kemudi ini memang di setting untuk mengamankan mobil dari pencurian, sehingga saat anda akan menyalakan mobil, bisa jadi kunci tidak menyala di saklar pengapian. Hal ini memang sepele, sehingga jangan terlalu tergesa-gesa untuk melakukan reparasi pada komponen-komponen lainnya.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi mobil yang tidak bisa hidup dikarenakan kesalahan pada roda kemudi, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penyesuaian. Jika memang kondisi demikian, maka Anda bisa mencoba untuk menyenggol setir ke bagian kiri atau ke bagian kanan bersamaan saat Anda memutar kunci.

 

Masalah mobil yang tidak bisa dinyalakan tidak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi ada masalah lain yang menyebabkan mesin menjadi susah dinyalakan. Untuk itu, setelah mengetahui penyebab mobil Fortuner tidak bisa hidup, kita bisa melakukan perawatan yang sesuai dan melakukan antisipasi agar masalah tidak terjadi.

Baca juga : Penyebab mobil Fortuner mati secara mendadak

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *