Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Kerusakan Yang Jadi Penyebab Mobil Matic Nyentak

Ada Setidaknya 5 Faktor Dasar Penyebab Mobil Matic Nyentak Yang Wajib Diwaspadai

Cukup banyak faktor yang menjadi penyebab mobil matic nyentak saat melakukan perpindahan gigi. Hal ini tentu cukup membuat khawatir. Karena jika dipaksakan, transmisi mobil bisa rontok.

Apalagi harga set transmisi matic sangatlah tinggi.

Kasus nyentak akan sering ditemukan pada mobil bertransmisi matik ketimbang manual. Hal ini terjadi karena sistem transmisi matik umumnya lebih ringkih atau sensitif ketimbang mobil manual.

Apalagi jika mobil matik tersebut sudah berusia cukup tua.

Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Solusi Mengatasinya

Infografis Penyebab Mobil Matic Nyentak

Hentakan biasanya terjadi ketika berusaha memasukkan gigi, memindahkan gigi, atau ketika berusaha menggas lebih dalam.

Jika saat perpindahan tuas mobil bisa mulus berjalan, maka mobil bisa terus melanjutkan perjalanan (dan bisa diajukan perbaikan saat waktu perawatan rutin).

Namun jika hentakan mulai terasa kasar, maka mobil jangan dipaksakan berjalan. Segera bawa mobil ke bengkel.

Tim dokter mobil telah melakukan analisa terkait penyebab mobil bertransmisi yang mengalami gejala menyentak.  Antara lain sebagai berikut:

  1. Bocornya Oli Transmisi

    Biasanya kebocoran oli transmisi menyebabkan pelumasan di dalam sistem transmisi menjadi terganggu, Hal ini menyebabkan adanya gejala nyentak saat perpindahan gigi.

    Ketika oli transmisi kurang, aus, atau kotor, maka tekanan oli tidak akan mampu mengangkat perpindahan gigi dengan sempurna.

    Alhasil RPM yang dihasilkan tidak akan sesuai dan getaran mobil akan langsung berpindah pada putaran mesin tinggi (RPM tinggi). Perpindahan secara mendadak ini akan menimbulkan gejala menghentak.
    Ketika Oli Transmisi Bocor Maka Gejala Nyentak Akan Terjadi Terutama Saat Melakukan Perpindahan Gigi

    Solusi
    Sebagai solusi mengatasi sekaligus solusi pencegahan maka oli transmisi harus di-check secara berkala. Dan jika memang perlu diganti, maka penggantian ulang oli transmisi wajib dilakukan.

  2. Masalah di Solenoid Pressure atau TCM Speed Sensor

    Penyebab lain gejala nyentak pada mobil matic adalah pada kelistrikan mobilnya. Biasanya terjadi pada mobil matik berjenis transmisi elektrik.

    Untuk mengetahui bahwa masalah ada di solenoid pressure ataupun TCM speed sensor, dibutuhkan engine scanner.

    Sambungkan engine scanner dengan soket OBD. Hasil pengecheckan scanner akan memperlihatkan apakah memang solenoid pressure atau pun TCM speed sensor yang bermasalah.
    Selenoid Pressure Kerap Diabaikan Padahal Kasus Nyentak 30 Persen Terjadi Karena Masalah Pada Komponen Ini

    Solusi
    Jika memang komponen solenoid dan sensor yang bermasalah, maka penggantian part tersebut perlu dilakukan.

    Dan pemasangan volt stabilizer bisa menjadi solusi pencegahan agar kedua komponen tersebut tidak lagi rusak. Karena korsleting pada umumnya dapat merusak kedua komponen tersebut.

  3. Rasio Gigi Mundur Juga Kerap Jadi Sumber Masalah

    Gejala mobil matic nyentak juga bisa terjadi karena rasio gigi mundur yang tidak sesuai. Biasanya terjadi pada mobil dengan model matik konvensional.
    Penyebab Mobil Matic Nyentak

    Solusi
    Untuk masalah ini bisa diselesaikan dengan datang ke bengkel untuk dilakukan penyetelan yang cocok pada rasio gigi mundur.

Lihat Juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Wah cukup banyak juga ya hal yang jadi penyebab mobil matic menjadi nyentak ini. Namun yang terpenting tentunya jangan panik dan pastikan segera membawa mobil untuk dilakukan perbaikan secara menyeluruh.

Tags: ,

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *