Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

5 Faktor Penyebab Mobil Ngelitik yang Bisa Anda Tangani

penyebab mobil ngelitik

Ada beberapa hal penyebab mobil ngelitik di sejumlah kasus. Indikator mobil ngelitik yaitu bunyi makin keras saat gas ditarik spontan. Bunyi tersebut diakibatkan posisi gigi dan kecepatan yang tidak seimbang. Bunyi yang dihasilkan dari mobil ngelitik terkesan seakan-akan ada palu kecil yang dipukul Panjang dan terus-menerus.

Saat mobil Anda mengeluarkan bunyi ngelitik, jangan panik dahulu. Anda perlu melakukan pengecekan awal di garasi mobil Anda. Beberapa penyebab mobil ngelitik bisa ditangani sendiri oleh Anda. Tapi memang ada penyebab yang sebaiknya ditangani profesional. Untuk itu, cek beberapa penyebabnya terlebih dahulu.

Kualitas bahan bakar bukan satu-satunya masalah penyebab mobil ngelitik. Masalah kualitas bahan bakar ini sering jadi tertuduh pertama dan utama pemilik mobil dan bengkel saat mobil ngelitik. Fenomena mobil ngelitik sebenarnya adalah hasil perpaduan bahan bakar yang tidak komplet.

Tidak Perlu Panik, Cek Dahulu 5 Faktor Penyebab Mobil Ngelitik ini

Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil ngelitik yang biasa dijumpai saat mobil bermasalah:

  1. Kualitas bahan bakar

Kualitas bahan bakar memang jadi salah satu alasan mobil ngelitik. Umumnya hal ini terjadi karena pemilik mobil menggunakan bahan bakar di bawah standar kebutuhan spesifikasi mesin.

Bahan bakar yang seharusnya digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin adalah bahan bakar beroktan 92.

Sedangkan beberapa pemilik mobil malah memakai bahan bakar beroktan 88. Penggunaan bahan bakar di bawah kualitas jadi alasan penyebab mobil ngelitik.

  1. Tekanan kompresi

Tekanan kompresi jadi faktor penyebab mobil ngelitik saat tekanannya terlalu tinggi. Masalah tekanan kompresi ini biasanya karena katup-katup yang tidak bekerja baik. Sehingga tidak terbuka dengan sempurna.

Selain itu, ada masalah klep yang sudah terlalu banyak keraknya. Bisa juga karena lapisan karet yang sangat kotor. Cek dan bersihkan. Jika memang perlu diganti, segera ganti.

  1. Busi yang tidak sesuai

Memilih busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin adalah salah satu kunci menghindari mobil ngelitik.

Umumnya pemilik mobil punya kecenderungan menaikkan performa mobil dengan cara mengganti busi. Sayangnya, pergantian busi yang tidak tepat bisa menghasilkan pembakaran yang tidak tepat juga. Dan kamu juga perlu tahu bahwa busi juga bisa melemah.

Karena itu, cek busi mobil Anda. Apakah sudah sesuai dengan standar spesifikasi mesin bawaan pabrik. Atau malah justru busi yang digunakan adalah busi aftermarket.

  1. Filter udara kotor

Masalah filter udara ini juga umum dijumpai dan cukup sering jadi penyebab mobil ngelitik. Ada dua solusi untuk masalah ini. Pertama adalah rajin dan teratur melakukan pengecekan dan menjaga kebersihan filter udara. Kedua, jika filter udara sudah sangat kotor berarti Anda perlu menggantinya dengan filter baru.

  1. Sensor tidak presisi

Cek komponen sensor mobil Anda. Sensor yang sering berhubungan dengan masalah mobil ngelitik adalah sensor MAF (Mass Air Flow) dan sensor MAP (Manifold Absolute Pressure).

Bila sensor MAP lemah maka jumlah udara yang ruang masuk ruang bakar jadi berkurang. Dengan begitu sistem akan menambah jumlah bahan bakar. Akibatnya pembakaran jadi tidak beres.

Baca Juga : Knalpot Keluar Asap Hitam

Bila sensor MAF bermasalah, dan umumnya sensor ini yang paling mudah bermasalah, maka sudah waktunya mengganti sensor MAF.

Lima faktor penyebab mobil ngelitik di atas bisa jadi pedoman Anda untuk melakukan pengecekan awal. Masih ada beberapa penyebab lain yang hanya bisa diatasi profesional. Menjaga kualitas mobil memang sebaiknya dilakukan sendiri. Tapi jika Anda merasa sudah waktunya merujuk ke profesional, segera hubungi bengkel kepercayaan Anda. Karena bagaimana pun, mobil Anda bukan mainan.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *