Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil masalah mobil

Ternyata! Penyebab Mobil Nyendat-Nyendat Pas Lagi Mudik

penyebab mobil nyendat nyendat

“Busi nih, pasti busi..”, stop! Apa iya busi menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat atau mungkin ada sebab lain yang remeh terlewatkan. Misalnya saja penyumbatan pada saluran bahan bakar atau malah filter bahan bakarnya yang sudah kotor. Jangan salah, hal sepele seperti ini bisa menjadi biang kerok penyebab mobil nyendat-nyendat di jalan. Kalau tidak mau hal ini terjadi, makanya simak liputan saya berikut ini.

5 Cara Mengatasi Penyebab Mobil Nyendat Nyendat

  • Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab mobil nyendat-nyendat yang harus Anda waspadai adalah filter bahan bakar yang kotor. FIlter bisa kotor karena dari penyaringan bahan bakar di SPBU kurang sempurna. Hal ini bisa saja terjadi, karena memang ada beberapa partikel yang cukup kecil sehingga tidak bisa tersaring dengan baik pada saat isi ulang SPBU. Itu sebabnya kotoran tadi masuk ke dalam tangki bahan bakar dan ketika disedot oleh pompa bahan bakar mobil Anda. Dan kotoran itu tersangkut dan menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat. Atau bisa saja juga karena dari endapan yang berada di bagian paling bawah tangki bahan bakar Anda sekalian.

Kok bisa ya? Bisa dong, ini karena Anda terlalu sering menghabiskan bensin sampai kondisi meter di posisi E lebih sedikit. Hal ini bisa menyebabkan filter bahan bakar menjadi kotor, karena semua endapan yang berada di bawah tangki bahan bakar ikut tersaring saat di pompa. Jadi solusinya, jangan terlalu sering membiarkan bahan bakar melewati batas “E” saat akan isi ulang. Selain membuat filter bahan bakar menjadi kotor, akan menimbulkan dampak lain seperti hasil pembakaran menjadi tidak maksimal itulah yang menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat.

  • Injeksi “Masuk Angin

Penyebab mobil nyendat-nyendat lainnya bisa jadi injeksi pada mobil Anda sekalian mengalami “masuk angin”. Wah, ternyata mobil juga bisa “masuk angin” ya? Bisa kok, hal ini dikarenakan adanya angin yang terdapat pada sistem injeksi itu sendiri. Biasanya sih ini terjadi setelah mengganti filter bahan bakar atau bisa juga terjadi karena Anda sering menghabiskan bahan bakar sampai kosong. Makanya, jangan sampai bahan bakar dihabiskan. Inilah yang menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat pada mobil.

  • Bahan Bakar Salah

Nah, kalau yang ini paling sering terjadi ketika beralih dari mobil bertenaga solar ke mobil bertenaga bensin atau sebaliknya. Karena terbiasa mengisi solar, jadi Anda lupa kalau mobil yang sekarang bertenaga bensin. Alhasil, menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat dan berakhir mati total. Kalau ini sih, salah siapa ya?.

Kalau bukan ini maka masalahnya adalah salah memasukkan bahan bakar tapi masih versi bensin sama bensin Anda. Nah, kalau bensin itu kan macamnya ada banyak, seperti premium, pertamax, pertamax plus dan terakhir pertalite. Pada mesin injeksi prinsip kerjanya menggunakan kompresi yang lebih tinggi dengan perbandingan 10:1 dengan kata lain semakin tinggi kompresi maka nilai oktan yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Itulah sebabnya, banyak yang berkata “kalau oktannya rendah, jangan kaget kalau bawa mobil ndut-ndutan, beda dengan oktan tinggi”. Iya, pernyataan tersebut benar adanya, dengan catatan variabelnya masih pada mobil bertenaga bensin ya. Maka dari itu, bahan bakar minimum yang direkomendasikan pabrikan biasanya adalah pertalite. Pertalite itu setara dengan pertamax lho . Jadi, jangan ragu untuk pakaki pertalite ya.

  • Pompa Bahan Bakar Kotor

Pompa bahan bakar yang kotor juga bisa menjadi penyebab mobil nyendat-nyendat. Apalagi kalau bahan bakarnya sudah mau habis yang dihasilkan hanya endapan lalu disaring filter bahan bakar, setelah itu pompa bahan bakar pun ikut kotor. Kalau pompa bahan bakar kotor sih masih bisa  perbaiki ya. Tapi gimana kalau pompanya disfungsi atau memang sudah lemah. Pompa bahan bakar itu kan memiliki peran penting untuk mendistribusikan bensin dari tangki bagian bawah ke bagian pembakaran. Jadi, kalau pompa bahan bakar rusak akan jadi beban untuk distribusi bahan bakar.

  • Cek Busi dan Kabel Busi

Ini yang terakhir Anda cek busi dan kondisi kabel busi. Busi fungsinya menciptakan api pada ruang bakar sehingga api bisa dipakai untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Kalau salah satu atau salah dua businya mati maka mesin akan terasa pincang dan bukan tidak mungkin mobil menjadi tersendat.

Kabel busi juga punya peran penting dimana fungsinya untuk mengalirkan arus listrik ke busi untuk busi menghasilkan api di ruang bakar. Untuk mengecek apakah kabel busi  sekalian mati atau tidak bisa dengan mencabut kabel busi dari businya lalu salah satu kabel dipasangkan dengan multimeter atau ohm meter.

Baca Juga : Penyebab Biaya Pasang AC Mobil Menjadi Mahal

Penyebab mobil nyendat-nyendat memang bisa karena banyak faktor. Makanya, Anda perlu melakukan pengecekan berkala. Kemana lagi kalau bukan Dokter Mobil. Kenapa sih selalu ke Dokter Mobil? merasakan enaknya di Dokter Mobil, pelanggan akan benar-benar dimanjakan. Pokoknya profesional deh.

Pada awalnya Anda akan ditanyakan kendala dan berkonsultasi langsung dengan ahlinya, setelah itu Anda akan diberi tahu apa kendala utama yang dialami mesin mobil Anda. Setelah itu, teknisi akan memberi saran dan pilihan, apakah cukup untuk dicuci, dibongkar atau diganti baru. Teknisi juga akan memberikan rekomendasi atau saran yang sebaiknya dilakukan.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *