fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Air Coolant, Masalah dan Solusi Mobil

Faktor Utama Penyebab Mobil Overheat | Wajib Tahu

Waspadai Berbagai Penyebab Mobil Overheat yang Wajib Diketahui

Banyak sekali penyebab mobil overheat yang kurang diwaspadai. Akibatnya, penyesalan datang terlambat. Menyesal setelah mobil mengalami masalah serius. Lantas apa solusinya?

Solusi terbaik adalah dengan mengetahui cara mencegah masalah ini. Namun sebelum dapat mencegah terjadinya overheat pada mobil, mengetahui penyebab masalah ini wajib diketahui,

5 Penyebab Mobil Overheat yang Wajib Diketahui

Ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab overheat. Dengan mengetahui penyebab masalah, anda bisa lebih mudah untuk mencegah overheat. Dengan mengetahui penyebab masalah, anda juga bisa lebih mudah untuk menentukan solusi masalah.

Masalah pada Radiator Mobil

Sebagai pengendali dan pengelola suhu mesin mobil, radiator memegang peran yang sangat penting. Masalah pada radiator dapat menyebabkan overheat pada mesin mobil.

Kerusakan atau masalah pada radiator mobil cukup beragam. Namun biasanya ditandai dengan hal-hal seperti:

  • Saluran Radiator Tersumbat

    Biasanya tersumbat oleh kotoran. Hal ini menyebabkan coolant tidak bisa mengalir dan mendinginkan mesin dengan baik.

  • Kebocoran pada Selang Radiator

    Kebocoran menyebabkan coolant makin lama makin berkurang. Dan pada akhirnya coolant menjadi habis. Kurangnya coolant menyebabkan pendinginan mesin tidak maksimal. Dan tentu saja menyebabkan mesin jadi overheat.

  • Coolant Meluap

    Tutup radiator yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan coolant meluap keluar. Dan makin lama coolant akan habis. 

  • Penggunaan Air Biasa Sebagai Coolant

    Banyak mobil yang menggunakan air biasa sebagai coolant. Pada awalnya memang air biasa dapat berfungsi dengan baik sebagai pengganti coolant, namun seiring waktu, hal ini berbahaya dan beresiko menyebabkan overheat. Karena pada dasarnya titik didih air tidak setinggi air coolant, dan kemampuan pendinginan air biasa tidak sebaik dan secepat coolant yang berkualitas.

Selain masalah pada radiator, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan mesin mengalami overheat. Jadi banyak sekali penyebab masalah ini.

Thermostat pada Mobil Tidak Berfungsi

Kerja radiator mobil biasanya terpicu ketika suhu mesin mencapai titik tertentu. Suhu yang ada pada thermostat merupakan indikator pemicu kerja radiator. Namun ketika thermostat tidak berfungsi dengan semestinya, maka radiator akan tidak berfungsi dengan normal.

Ada beberapa penyebab masalah pada thermostat, di antaranya adalah:

  1. Ada Karat dan Kotoran di Per Spring atau di Charge Cylinder

    Adanya kotoran dan karat ini akan mengganggu gerakan buka tutup thermostat. Hal ini juga akan mengganggu kerja aliran air pada radiator.

  2. Thermostat Salah Membaca Data Suhu

    Thermostat yang tidak terpasang dengan sempurna dapat menyebabkan salah ketika membaca suhu. Jika biasanya thermostat akan memicu radiator di suhu 80 derajat, namun thermostat tidak berfungsi bahkan setelah suhu lebih dari 100 derajat celcius.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, kondisi thermostat wajib untuk diperhatikan. Jangan sampai membawa mobil yang ternyata dalam kondisi thermostat bermasalah.

Masalah pada Oli Mobil

Oli mobil tidak hanya berfungsi sebagai pelumas namun juga membantu agar mesin lebih cepat dingin. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa oli dapat mencegah terjadinya overheat.

Ada 2 jenis masalah pada oli, yaitu:

  1. Oli Berkualitas Rendah

    Penggunaan oli berkualitas rendah dapat menjadi masalah serius. Selain dapat menyebabkan gesekan mesin lebih besar dan menyebabkan mesin jebol, mesin juga bisa overheat dan mogok saat di tengah perjalanan.

  2. Kebocoran Oli

    Selain kualitas oli, masalah kebocoran oli pun kerap jadi penyebab mobil overheat. Karena ketika oli bocor maka pelumasan menjadi tidak berjalan dengan baik, dan mesin bergesekan. Akibatnya, mobil lebih cepat panas.

Untuk menghindari overheat karena masalah oli, maka sebaiknya melakukan penggantian oli secara berkala. Dan penggantian wajib hanya menggunakan oli berkualitas baik.

Kipas Pendingin Bermasalah

Pendinginan mesin bukan hanya tanggung jawab radiator. Kipas pendingin juga penting untuk membantu mendinginkan mesin mobil.

Kipas ini berfungsi menyedot udara dingin dari luar dan memastikan udara panas tidak terjebak di dalam mesin. Namun beberapa hal dapat menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi. Beberapa penyebabnya antara lain adalah:

  1. Kabel atau Skering yang Sudah Termakan Usia

    Sekring dan kabel yang sudah termakan usia akan putus dan menyebabkan aliran listrik tidak berjalan. Akibatnya, kipas pendingin tidak berjalan dengan baik.

  2. Kipas Pendingin Terpasang Terbalik

    Pemasangan kipas yang terbalik akan menyebabkan udara panas tidak bisa keluar. Malahan udara panas terus menerus masuk ke arah mesin. Akibatnya, mesin mobilpun mengalami overheat.

  3. Kipas Patah

    Patahnya kipas pendingin dapat menyebabkan pendinginan tidak berfungsi maksimal. Akibatnya mesin tidak bisa dingin karena kipas tidak menghasilkan udara dingin.

Selain karena masalah dan kerusakan kipas, masih ada hal lain yang selama ini tidak disangka menjadi penyebab overheat. Ya, BBM ternyata juga dapat menyebabkan overheat. Kok bisa?

Penggunaan BBM Beroktan Rendah

Bensin beroktan rendah meningkatkan resiko terjadinya knocking sehingga mobil beresiko overheat. Dan jika biarkan terus menerus, resiko kerusakan mesin lebih serius bisa terjadi.

Oleh sebab itu, penggunaan bensin harus diperhatikan dengan baik.

Itulah beberapa penyebab mobil overheat yang wajib diketahui dan wajib dihindari. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *