fbpx Apa yang menjadi penyebab Mobil Pajero Sport Berasap ? - Dokter Mobil - penyebab mobil pajero berasap
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Apa yang menjadi penyebab Mobil Pajero Sport Berasap ?

Sudah menjadi hal biasa ketika mobil mengalami masalah, bahkan untuk mobil keluaran baru dengan merek dan spesifikasi mumpuni sekaligu. Seperti halnya mobil Pajero. Mobil Pajero yang merupakan mobil dengan mesin diesel modern pun bisa mengalami masalah seperti knalpot yang berasap. Tak jarang, asap yang keluar merupakan asap yang hitam pekat. Ada beberapa penyebab Pajero Sport berasap yang perlu untuk diketahui agar pengemudi mengetahui solusi apa yang harus dilakukan agar mobil bisa segera kembali pulih. Selain itu mengetahui penyebab dan cara perawatan pajero bisa memberikan pengetahuan kepada pengemudi kapan saat yang tepat untuk melakukan service mobil.

1. Masalah Pada Fuel Filter

Salah satu penyebab dari mobil Pajero yang mengeluarkan asap adalah gangguan pada bagian fuel filter atau penyaring bahan bakar. Masalah yang kerap terjadi adalah kondisi fuel filter yang kotor. Ketika fuel filter tersumbat atau penuh dengan kotoran, saat itu pula juga mempengaruhi volume penginjeksian bahan bakar. Ketika penginjeksian bahan bakar tidak sempurna maka masalah asap tebal akan keluar dari knalpot mobil.

Cara mengatasinya :
Mobil Pajero yang mengeluaran asap dari dalm knalpot karena fuel filter yang rusak, perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih mendetail. Periksa apakah gangguan pada fuel filter diakibatkan oleh saluran fuel filter yang kotor karena tersumbat oleh kotoran. Apabila benar, maka Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk dibersihkan. Apabila kondisi sumbatan terlalu parah, mengganti fuel filter dengan yang baru juga menjadi solusi. Untuk kedepannya, selalu lakukan service rutin untuk bagian fuel filter, sehingga kendaraan tetap berjalan dengan prima.

2. Gangguan Pada Bagian Filter Udara

Penyebab Pajero Sport berasap selanjutnya juga bisa dipengaruhi oleh gangguan pada bagian filter udara. Gangguan yang umum terjadi pada bagin filter udara adalah kondisi filter udara yang kotor dan tersumbat. Filter udara memiliki peran penting dalam sirkulasi udara, sehingga adanya kotoran atau debu yang menumpuk dan menyumbat bagian filter udara membuat filter udara tidak dapat berjalan dengan normal.

Cara mengatasinya :
Kondisi mobil Pajero yang berasap dikarenakan adanya masalah pada filter udara yang kotor bisa diatasi dengan membersihkan bagian saluran filter udara atau melakukan penggantiam filter udara agar kerja filter udara semakin maksimal. Bagian filter udara yang juga sebagai sistem pernafasan pada mobil memiliki peran yang penting untuk sirkulasi udara. Selain itu, rutin melakukan service dan check up mobil bisa membuat kondisi mobil terus terpantau. Lakukan service secara rutin dan berkala.

3. Bagian Exhaust Gas Recirculation Kotor

Penyebab lain yang menjadikan mobil Pajero bersasap adalah adanya masalah pada bagian Exhaust Gas Recirculation. Masalah yang ditimbulkan ini biasanya karena bagian Exhaust Gas Recirculation kotor. Sesuai fungsinya, bagian ini merupakan sistem penghubung antara bagian exhaust dengan intake manifold. Masalah biasa terjadi ketika bagian Exhaust Gas Rexirculation (GER) menjadi hitam pekat oleh kerak karbon yang menggumpal.

Cara mengatasinya :
Ketika masalah mobil berasap terjadi dikarenakan adanya masalah pada GER yang kotor, maka solusi yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan bagian GER. Bagian GER akan sangat kotor apabila tidak dibersihkan secara rutin dan teratur. Apalagi apabila bagian GER tidak pernah dibersihkan sama sekali. Maka bisa menimbulkan sumbatan yang menghambat sirkulasi. Bersihkan bagian GER secara rutin dan teratur. Jika tidak mungkin membersihkan sendiri, Anda bisa menyerahkan kepada bengkel yang lebih berpengalaman.

4. Masalah Pada Bagian Knalpot

Setelah semua upaya diatas dilakukan dan ternyata tidak ditemukan masalah, maka penyebab Pajero berasap yang mungkin teradi adalah karena masalah pada knalpot. Masalah pada knalpot ini biasanya dikarenkan oleh sisa karbon yang masih menempel di knalpot. Sisa carbon ini menyebabkan asap yang keluar menjadi hitam pekat saat keluar dari dalam knalpot. Terlihat sepele, namun jika tidak diatasi, maka masalah ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan hingga polusi udara.

Cara mengatasinya :
Mobil Pajero berasap yang disebabkan oleh kondisi knalpot yang kotor dapat diatasi dengan cara melakukan pembersihan pada bagian knalpot. Knalpot yang hitam karena penuh dengan sisa karbon bis membuat asap menjadi hitam. Untuk membersihkan knalpot ini Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara memasukan air ke dalam knalpot. Pastikan knalpot di isi dengan air sampai penuh sampai air keluar dari dalam knalpot. Setelah selesai, maka Anda bisa menyalakan kendaraan dan lakukan akselerasi hingga air keluar dari dalam knalpot. Ulangi terus langkah-langkah berikut hingga mesin tidak mengeluarkan asap yang berwarna pekat. Jika Anda ragu, Anda bisa menyerahkan permasalahan ini pada mekanik yang lebih berpengalaman.

Itulah beberapa penyebab Pajero berasap yang perlu kita ketahui dan juga bisa menjadi referensi dalam mencegah, mengantisipasi dan juga mereparasi masalah mobil yang berasap.

Baca juga : Ketauhilah 4 penyebab AC mobil Pajero tidak dingin

Ingin mengatasi masalah yang sering muncul di Pajero anda? Ingin mendapatkan promo menarik dari Dokter Mobil?

Silahkan isi form di bawah ini untuk mendapatkan informasi dan promo menarik seputar Pajero …

Silahkan Diisi

 

Verification

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *