fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Ketahuilah Penyebab Mobil Pajero Sport Boros

Mobil dengan spesifikasi yang tanggung dan kuat tentu menjadi idaman banyak orang. Spesifikasi yang mumpuni dengan kekuatan yang prima 3 BBM. Lalu apa yang menjadi penyebab Pajero Sport boros? Bisa jadi borosnya mobil Pajero Sport disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan hingga adanya gangguan pada beberapa komponen.  Berikut ulasannya.

1. Masalah Pada Bagian Nozzle Injektor

Pada mobil dengan sistem pembakaran diesel, seperti pada Pajero Sport, maka bagian Nozzle Injektor menjadi bagin yang berperan penting pada jumh solar yang keluar. Bagian injektor ini memiliki peran sebagai penyemprot solar ke bagian ruang bakar. Jika kondisi injektor ini normal, maka tidak ada masalah bahkan mobil dengan mesin diesel ini bisa dibilang cukup irit. Namun apabila nozzle injektor mengalami gangguan, seperti mengalami jebol, maka jumlah bahan bakar yang disemprotkan akan lebih banyak. Salah sati indikator yang menunjukkan bahwa mobil boros bahan bakar dan sistem injektor tidak bekerja dengan baik adalah keluarnya asap berwarna hitam dari knalpot sebagai tanda sistem pembakaran yang tidak sempurna.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi boros bahan bakar pada mobil Pajero Sport yang disebabkan oleh jebolnya bagian nozzle injektor, Anda perlu memastikan terlebih dahulu sejauh apa kerusakan pada injektor. Apabila komponen nozzle injektor mengalami kerusakan, maka And bisa memasrahkanny pada mekanik yang berpengalaman untik dilakukan pembetulan.

2. Ada Masalah Pada Sistem Pendingin

Penyebab Pajero Sport boros yang berikutnya bisa disebabkan oleh sistem pendingin yang bermasalah. Sistem pendingin memiliki fungsi sebagai pendingin mesin sehingga mesin tidak mengalami overheat sehingga mesin berjalan dengan normal. Namun apabila sistem pendingin mengalami overcooling atau terlampau dingin, justru bisa menyebabkan bahan bakar lebih cepat terkuras dikarenakan banyak mensuplai bahan bakar untuk sistem pendinginnya.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi bahan bakar yang boros karena sistem pendingin pada Pajero Sport, maka perlu dipastikan dulu penyebabnya. Apakah sistem pendingin memiliki masalah overcooling dan lain-lain. Serahkan pada mekanik untuk dilakukan pengecekan dan penggantian apabila dierlukan.

3. AC Menyala Terlalu Lama

Masalah Pajero Sport boros bahan bakar minyak selanjutnya bisa disebebkan oleh AC yang menyala terlaku lama. Jika ditelusuri memang AC tidak berhubungan langsung dengan bahan bakar, namun AC dapat berjalan karena kerja dari kompresor. Kompresor sendiri dapat berjalan dengan adanya mesin yang berjalan karena bahan bakar. Jika AC dinyalakan cukup lama, maka kerja mesin akan lebih berat dan tekanan freon juga tinggi. Semua sangat berpengaruh dengan kebutuhan bahan bakar yang semakin besar sehingga membuat bahan bakar semakin boros.

Cara mengatasinya :
Agar masalah bahan bakar yang cepat habis atau boros dikarenakan menyalakan AC terlalu lama, maka untuk hal ini pengemudi harus bisa mengontrol penggunaan AC. Hanya gunakan AC saat dibutuhkan dan jangan sampai dibiarkan AC terus menyala saat tidak ada pengemudi di dalam mobil. Bahkan sekali-sekali tidak buruk juga menggunkan AC alami dengan membuka jendela mobil. Selain tentang rentan waktu menyalakan AC, yang paling penting selanjutnya adalah tidak perlu menyalakan AC dengan volume dingin yang terlalu over dingin. Hal ini bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar minyak semakin beras dan mobil jadi boros.

4. Pengaruh Kondisi Ban

Selain karena permasalahan terkait komponen-komponen mesin, penyebab Pajero Sport boros selanjutnya adalah dikarenakan ban mobil memiliki tapak yang lebar. Hal ini yang terlihat sepele dan jarang diperhatikan ternyata dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil.

Cara mengatasinya :
Mobil Pajero Sport yang jadi boros bensin ternyata bisa disebabkan oleh pengaruh kondisi ban dengan tapak yang lebar. Untuk itu, pastikan selalu menggunakan ban sesuai dengan standar dan tidak mencoba bereksperimen dengan melakukan modifikasi secara pribadi tanpa konsultasi dengan yang lebih ahli. Ban bawaan biasanya selalu di setting untuk sesuai dengan spesifikasi mobil yang sudah ada. Ban yang sudah sesuai standar biasanya sudah nyaman dan benar dari segi handling, dan juga konsumsi powernya.

Itulah beberapa penyebab Pajero Sport boros yang bisa kita jadikan antisipasi. Dengan mengetahui penyeban keborosan mesin, kita bisa mengantisipasi perawatan apa yang harus kita lakukan agar gangguan tidak semakin parah dan membuat mobil Pajero sport menjadi boros. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Penyebab Mobil Pajero Mati Mendadak

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *