fbpx
 
Posted by dani nofianto Uncategorized

Penyebab Mobil Pajero Sport Overheat

Mobil, apapun mereknya bisa mengalami masalah. Masalah yang sering muncul adalah mobil yang mogok. Lebih menyebalkan setika mobil mogok di lokasi yang jauh dari keramaian atau disaat sedang tergesa-gesa. Beberapa penyebab mobil mogok adalah karena mesin yang mengalami overheat atau panas berlebih. Mobil Pajero Sport juga bisa mengalami overheat. Penyebab Pajero Sport overheat ini ada bermacam-macam dan diperlukan ketelitian bagi pengemudi untuk memastikan penyebabnya sehingga bisa dilakukan pembetulan yang tepat. Berikut ulasan dan solusi yang bisa diterapkan.

1.Masalah Pada Bagian Radiator

Radiator mobil memiliki peran yang penting dalam sistem pendingin mobil. Apabila ada masalah dengan radiator, maka sistem pendingin tidak akan bekerja secara maksimal. Kelainan atau kerusakan pada radiator bisa terjadi ketika ada komponen radiator yang rusak, salah satunya pada bagian selang radiator. Jika ada masalah sedikit saja pada salah satu komponen, maka radiator tidak dapat beroperasi dengan maksimal. Alhasil mesin mobil.menjadi cepat panas.

Cara mengatasinya :
Ketika mobil mogok dikarenakan overheat, maka penyebab pertama bisa jadi karena ada masalah pada bagian radiator. Bagian radiator sangat berkaitan dengan sistem pendinginan. Pastikan dan cek setiap komponen pada radiator. Segera serahkan ke bengkel atau mekanik yang lebih berpengalaman untuk dilakukan pengecekan dan pembetulan.

2. Kesalahan Dalam Mengisi Cairan Radiator

Kesalahan dalam mengisi cairan radiator atau collant bisa menjadi penyebab Pajero Sport Overheat. Memilih cairan radiator secara sembarangan bisa menyebabkan masalah pada kerja radiator secara keseluruhan. Menggunakan air radiator yang tidak sesuai hanya akan membuat mesin menjadi mudah rusak. Alhasil, radiator tidak berjalan optimal dan mobil mogok.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi mesin yang mogok dikarenakan masalah pada pemilihan cairan radiator, bisa diatasi dengan memilih cairan radiator yang tepat dan benar. Jangan memilih cairan radiator secara sembarangan seperti coollant atau air hasil sulingan air Ac rumah. Jangan sekali-sekali menggunakan  cairan yang mengandung banyak unsur logam karena bisa membuat mesin cepat rusak dan tidak dapat bekerja secara optimal.

3. Memilih Oli Yang Salah

Mobil Pajero Sport yang mengalami overheat bisa disebabkan oleh pemiliham Oli mesin yang salah. Memilih oli mesin yang tidak berkualitas atau yang berkualitas rendah di bawah standar bisa membuat pelumasan mesin menjadi tidak optimal. Hal ini juga bisa menyebabkan komponen mesin mobil menjadi lebih cepat panas. Masalah lain apabila salah memilih oli mobil adalah oli mobil menjadi lebih cepat habis.

Cara mengatasinya :
Mesin yang menjadi lebih cepat overheat karena salah pemilihan oli bisa diatasi dengan mengganti oli mobil dengan oli yang memiliki kualitas bagus atau yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Menggunakan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil membuat sistem pelumasan menjadi tidak sempurna hingga akhirnya mesin bisa overheat. Masalah pemilihan oli jika tidak boleh disepelekan karena apabila oli tidak bagus bisa menyebabkan berbagai macam kerusakan pada komponen mobil yang lainnya.

4. Masalah Pada Bagian Kipas

Penyebab Pajero Sport Overheat selanjutnya adalah karena ada masalah pada bagian kipas. Masalah pada kipas ini biasa terjadi pada bagian komponen switching yang bersifat otomatis. Sensor switching yang tidak berjalan sebagaimana semestinya bisa menyebabkan kekeliruan dalam penerimaan sensor sehingga perintah yang dilakuakan tidak berputar sebagai mana seharusnya. Hal ini membuat sistem pendingin berjalan tidak normal bahkan hingha tidak bisa berfungsi.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi masalah pada mobil overheat dikarenakan ada gangguan pada kipas, maka pengemudi harus memastikan letak masalah tersebut. Di dalam kipas juga terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan. Jika masalah terjadi pada bagian switch kipas, maka Anda bisa menyerahkan masalah ini pada mekanik yang lebih berpengalaman untuk dilakukan perbaikan atau penggantian.

Beberapa penyebab Pajero Sport overheat yang dibahas berikut tadi bisa menjadi referensi kita dalam merawat mobil agar setiap komponen dapat berjalan dengam mormal dan tanpa mengalami kerusakan yang dapat menghambat saat berkendara. Perawatan yang baik, rutin, pemilihan oli sesuai dengan spesifikasi, serta kecekatan dalam proses reparasi berperan penting untuk menjaga mesin tetap dingin dan tidak sampai mengalami overheat.

Baca juga : Penyebab Pajero Sport Boros

Overheat ini tentu mengganggu kenyamanan berkendara. Untuk itu, mobil anda tidak hanya perlu diperbaiki, namun juga diupgrade agar tidak lagi mengalami masalah yang sama. Selain penggantian coollant, ada beberapa hal lagi yang bisa anda lakukan.

Silahkan isi form berikut ini:

Silahkan Diisi

 

Verification

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *