fbpx
 
Posted by dani nofianto AC

4 Penyebab Mobil Pajero tidak bisa digas

Setiap mobil terdiri dari berbagai macam komponen yang saling berkaitan dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun ketika salah satu komponen mengalami masalah, maka kinerja keseluruhan sistem bisa terganggu. Hal ini pun bahkan juga bisa terjadi pada mobil sekelas Pajero. Mobil Pajero kadang mengalami masalah dengan gas yang tidak dapat berjalan secara normal. Hal ini menyebabkan mobil Pajero terkadang tidak mau di gas. Pada dasarnya komponen utama mobil adalah powertrain, kelistrikan dan mesin. Jika ada masalah di salah satu komponen, hal itu bisa menjadikan penyebab mobil Pajero tidak mau di gas. Berikut ulasan lengkap beserta solusi untuk mengatasinya.

1. Masalah Pada Bagian Turbo Vane

Bagian turbo Vane yany bermasalah bisa menjadi penyebab mobil tidak mau di gas. Kenapa bisa demikian? ini karena pada mesin diesel modern seperti pada jenis mobil Pajero, telah memiliki sebuah teknologi turbo yang disebut dengan Nozzle Turbo (VNT) dan juga Variable Geometry Turbo (VGT). Teknologi tersebut memiliki fungsi dalam mengatur banyaknya tekanan udara dari suplai oleh turbo menuju ke mesin. Hal ini membuat mesin dapat memberikan rpm secara maksimal. Jika terjadi masalah, maka akan ada hambatan pada bagian solenoid yang tidak dapat membuka. Hal itu mengakibatkan kurangnya aliran udara. Aliran udara yang kurang, membuat mesin menjadi kurang bertenaga. Hal ini membuat mesin kadang sulit di gas.

Cara mengatasinya :
Ketika masalah mobil yang tidak mau di gas ini terjadi karena adanya salah satu bagian teknologi yang bermasalah, maka cara yang pertama adalah memastikan komponen mana kah yang mengalami masalah. Bisa dari bagian VNT maupun VGT. Jika masalah sudah ditemukan, maka saatnya Anda menyerahkan kepada mekanik. Antisipasi terbaik adalah dengan melakukan pencegahan. Caranya bisa dengan melakukan cek atau servis secara rutin dan teratur. Dengan begitu, setiap masalah yang mulai muncul dapat segera terdeteksi dan diatasi sebelum terlambat.

2. Gangguan Pada Bagian Kompresi

Penyebab mobil Pajero tidak mau digas selanjutnya bisa dikarenakan kondiai tekanan kompresi. Pada sistemnya, pada mesin mobil dengan menggunakan diesel modern, sistem pembakaran dapat terjadi dikarenakan adanya tekanan yang sangat tinggi. Tekanan tinggi tersebut suhunya dapat melampaui titik sulut solar. Bagian kompresi tentu sangat berpengaruh pada tekanan ini, sehingga apabila tekanan pada kompresi menurun, pembakaran menjadi tidak sempurna dan tidak lancar. Dengan pembakaran yang tidak lancar ini menyebabkan mesin menjadi tidak mau di gas atau tidak lancar/loyo. Selain itu, indikator lain juga menunjukkan suara mesin menjadi lebih menderu.

Cara Mengatasinya :
Pada kasus tekanan kompresi yang menurun ini, cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan secara seksama. Yang paling sering terjadi ketika sistem kerja kompresi menurun adalah karena dinding silinder atau ring kompresi telah aus. Karena telah aus, maka akan ada celah diantara bagian ring dan silinder. Inilah yang membuat udara keluar dari ruang bakar saat dilakkan proses kompresi.

3. Masalah Pada Bagian Injektor

Masalah selanjutnya yang bisa terjadi dan membuat mobil sulit untuk di gas adalah masalah pada bagian Injektor yang macet. Sesuai fungsinya, injektor ini memiliki tugas dalam mengatur tekanan injeksi dan jumlah volume solar. Bila ada masalah injektor yang macet, maka volume solar ke ruang bakar menjadi terganggu. Jumlah volume bahan bakar yang tidak sesuai inilah akhirnya yang bisa menyebabkan mesin menjadi kurang bertenaga.

Cara mengatasinya :
Saat mobil jadi sulit di gas karena bagian injektor macet, maka solusinya adalah mengecek dan memastikan gangguan pada bagian injektor ini. Apabila injektor memang tersumbat atau macet, segera lakukan pembetulan atau ganti komponen yang perlu di ganti. Mengingat fungsi dari injektor sangat mempengaruhi sistem pompa bahan bakar untuk mensuplai mesin, maka apabila pompa mengendur, tenaga menjadi kendor sehingga gas sulit untuk berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini juga menyebabkan tenaga mesin menurun.

4. Masalah Pada Bagian Kampas Kopling

Selain beberapa hal tersebut di atas, masalah yang bisa menjadi penyebab mobil Pajero tidak mau digas bisa dikarenan kondisi kampas kopling yang telah habis. Jika kampas kopling telah aus atau habis, maka hal ini bisa membuat tenaga mesin sulit untuk bisa dilasurkan ke bagian transmisi. Masalah yang berkaitan dengan kopling ini biasanya terjadi ketika kampas kopling tidak tertekan dengan maksimal. Ini menyebabkan gesekan antara kampas dan plat kopling. Akhirnya kampas kopling aus.

Cara mengatasinya :
Untuk mengatasi mobil yang sulit di gas karena kampas kopling yang aus, Anda perlu memeriksakan kondisi kampas kopling Anda. Melakukan pencegahan dengan perawatan yang sesuai juga menjadi cara yang baik agar kampas kopling tetap terjaga. Ganti kampas kopling apabila diperlukan.

Itulah beberapa penyebab mobil Pajero tidak mau digas. Permasalahan gas ini merupakan salah satu masalah yang sering terjadi namun juga sering disepelekan. Masalah ini cukup mengganggu dan bisa menimbulkan hal yang lebih serius apabila tidak segera diatasi.

Baca juga : Penyebab Ac mobil Pajero panas

Selain masalah AC mobil, kenyamanan berkendara juga ditentukan oleh performa Pajero itu sendiri. Ada banyak sekali tips yang bermanfaat dan bisa anda coba. Baik untuk meningkatkan tenaga, akselerasi, maupun konsumsi BBM.

Silahkan isi form di bawah ini untuk mendapatkan E-Book tersebut, dan dapatkan informasi menarik mengenai produk dan promo di Dokter Mobil.

Silahkan Diisi

 

Verification

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *