Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Panas dan Solusinya

Faktor Utama Penyebab Mobil Susah Distarter saat Mesin Panas dan Solusinya

Selain masalah di aki, ada hal-hal lain yang kerap jadi penyebab mobil susah distarter saat mesin panas. Apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? Dan bagaimana mencegah masalah ini muncul kembali?

Ketika berkendara namun tiba-tiba mesin panas dan mati. Lalu ketika hendak coba distarter, mesin tidak mau menyala. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan. Apalagi jika sedang terburu-buru karena sedang ada janji.

Mencari penyebab masalah ini sangatlah penting agar anda bisa mencegah terjadinya masalah ini, dan tahu harus melakukan apa ketika masalah ini muncul.

Biang Kerok Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Mesin Panas

Saat mesin panas, kinerja mesin menjadi turun. Sementara itu, beberapa komponen mobil justru performanya ikut drop. Dan menyebabkan beberapa masalah. Salah satu masalah yang muncul adalah mobil yang tiba-tiba susah distarter.

Ada komponen yang kerap jadi “biang kerok” munculnya masalah ini, di antaranya adalah:

  1. Masalah di Aki Mobil

    Ketika mesin panas, suplai listrik butuh lebih besar. Jauh lebih besar daripada kebutuhan pada biasanya. Sementara itu, aki mobil memiliki kemampuan suplai kelistrikan yang berbeda-beda. Ada yang mampu menghasilkan daya besar, namun ada aki yang sudah lemah sehingga ketika mesin panas aki tidak mampu menyesuaikan kebutuhan mesin.
    Aki Mobil yang Lemah Menyebabkan Mesin Susah Distarter

    Solusi
    Tunggulah mesin sampai dingin. Dan checklah kondisi aki. Jika memang aki sudah lemah, maka sebaiknya memang mengganti aki mobil.

  2. Dinamo Starter Rusak

    Panasnya mesin bisa saja merusak dinamo starter. Atau setidaknya menyebabkan kinerja dinamo starter terganggu. Ketika mesin panas, spool, bendix, ataupun arangnya mengalami perubahan kerapatan, ukuran, dan presisi. Hal ini menyebabkan dinamo starter tidak mampu bekerja normal.
    Kerusakan pada Dinamo Starter

    Solusi
    Untuk mencegah hal ini, penggunaan dinamo starter yang lebih baik menjadi solusi. Dengan demikian, kinerja dinamo starter tidak akan terganggu walaupun mesin panas.

  3. Sistem Otomatis di Mobil

    Mobil sudah disistem sedemikian rupa agar pengguna tidak memaksakan kondisi mobil sehingga menyebabkan kerusakan yang semakin parah. Kondisi mesin panas bisa saja merupakan gejala overheat. Kondisi ini akan berbahaya jika dipaksakan. Oleh sebab itu, mobil akan menjalankan perintah “tidak bisa dibawa pergi” ketika mesin masih keadaan panas.
    Kerusakan pada Sistem Otomatis Mobil Bikin Mobil Susah Distarter Khususnya saat Mesin Panas

    Solusi
    Menunggu mesin dingin merupakan solusi untuk bisa kembali menstarter mobil. Namun masalah utamanya adalah adanya gejala overheat di mobil. Oleh sebab itu, masalah overheat harus diatasi. Kemungkinan overheat terjadi karena masalah di radiator, oli mobil, maupun kipas yang tidak berfungsi normal.

Walaupun tidak signifikan menjadi penyebab masalah, masih ada beberapa hal lagi yang menyebabkan mesin tiba-tiba tidak bisa distarter ketika panas. Oleh sebab itu, pengecheckan menyeluruh perlu dilakukan. Dnegan demikian, masalah mobil bisa secara tuntas diselesaikan.

Baca Juga : Masalah AC Kurang Dingin

Itulah beberapa penyebab mobil susah distarter saat mesin panas dan solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Jika anda memiliki pertanyaan seputar masalah kelistrikan dan mesin mobil, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Atau bisa dengan mengechat kami melalui fitur yang terletak di pojok kanan bawah. Dokter Mobil akan senang membantu memecahkan masalah pada mobil anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *