Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Ini 5 Penyebab Mobil Susah Hidup dan Solusi Mengatasinya

Faktor yang Jadi Penyebab Mobil Susah Hidup dengan Distarter

Ada beberapa penyebab tiba-tiba mobil susah hidup terutama di pagi hari. Cegah dan cari tahu langkah mengatasi masalah ini. Dengan demikian perjalanan bisa lebih tenang.

Kasus mobil yang tiba-tiba susah untuk hidup banyak faktor penyebabnya. Dengan mengetahui faktor penyebabnya, anda bisa lebih mudah untuk mengatasinya.

Faktor Penyebab Mobil Susah Hidup

Masalah ini seringkali membuat panik. Apalagi jika mobil tiba-tiba tidak bisa dihidupkan saat hendak meneruskan perjalanan di malam hari.

Pada dasarnya, masalah mobil yang susah hidup terjadi karena 5 faktor, yaitu:

  1. Kelistrikan Mobil Bermasalah

    Merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Biasanya terjadi karena ada kabel kelistrikan yang putus atau korslet.

    Selain masalah di kabel kelistrikan, aki mobil yang sudah “habis” juga kerap jadi masalah. Untuk itu, sangat penting mengecheck kondisi aki sebelum bepergian jauh.

    Oh iya, masalah kelistrikan juga bisa terjadi karena alternator mobil mengalami masalah. Padahal alternator ini adalah penyuplai listrik ke aki. Solusi untuk alternator yang bermasalah adalah dengan melakukan penggantian part atau perbaikan part (namun sangat jarang ada bengkel yang bisa melakukannya).

  2. Saluran Bahan Bakar Tersumbat

    Bahan bakar merupakan energi untuk menyalakan dan menggerakkan mobil. Namun ketika saluran bahan bakar tersumbat, maka tidak terjadi pembakaran. Akibatnya, mobil menjadi lebih susah dihidupkan.

    Untuk mengatasi masalah ini, melakukan tune up bahan bakar perlu dilakukan secara berkala. Selain itu, mengecheck kondisi filter bahan bakar juga penting. Pastikan kondisinya masih layak pakai sebelum mobil dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

    Selain tersumbatnya saluran bahan bakar, pompa bahan bakar yang sudah lemah juga menjadi penyebab mobil tiba-tiba jadi sulit untuk dihidupkan.

  3. Kerusakan pada Dinamo Starter

    Ketika mobil susah distarter, kemungkinan masalah ada pada dinamo starter. Biasanya terjadi karena ada macet pada ataupun selip pada gir dinamonya.

    Ketika dinamo starter yang menjadi masalah, bengkel mobil biasanya memberikan pilihan memperbaiki dinamo starter, atau mengganti dengan yang baru.

  4. Karburator Mobil Banjir

    Pada mobil karburator, ada kemungkinan masalah ini terjadi karena karburator banjir. Akibatnya, proses pembakaran menjadi terkendala dan tidak optimal.

    Untuk mengatasi masalah ini, perbaikan karburator perlu dilakukan. Sayangnya perbaikan kerap kali butuh pembongkaran. Jadi biaya perbaikannya cukup tinggi.

  5. Busi yang Kotor

    Starter mobil berhubungan dengan pengapian pada busi. Ketika busi kotor, maka proses pengapian menjadi lebih sulit dilakukan. Hal inilah yang menyebabkan mesin terasa lebih sulit untuk dihidupkan.

    Untuk mencegah dan mengatasi busi yang kotor, pengecheckan busi perlu dilakukan secara berkala. Terutama saat hendak bepergian jauh. Selain itu, pilihlah busi dengan tingkat pengapian yang lebih besar. Jadi ketika busi kotorpun pengapiannya tetap ngangkat dan mesin lebih mudah menyala.

Selain lima hal diatas sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang kerap jadi sumber masalah. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan hasil perbaikan yang lebih sempurna maka pengecheckan menyeluruh perlu dilakukan.

Memilih bengkel mobil yang tepat dapat menjadi solusi. Pastikan anda meminta bantuan bengkel dan teknisi yang memang berkompeten dalam hal kelistrikan, bahan bakar, dan pengecheckan part mobil.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil susah hidup serta solusi untuk mengatasi masalah ini. semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *