Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil, Tune Up Mobil

5 Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mencegahnya

Faktor-Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Adapun penyebab mobil terbakar diantaranya adalah masalah di kelistrikan, terjadi overheat, serta kebocoran bahan bakar dan oli. Ketahui bagaimana mencegah masalah ini. Dan ketahui bagaimana menangani masalah ini ketika anda mengalaminya.

5 Hal yang Kerap Menjadi Penyebab Mobil Terbakar

Tentu tidak ada yang menginginkan mobil sampai terbakar. Namun kurangnya perhatian pada mobil menyebabkan kasus terbakarnya mobil kerap sekali muncul.

Setidaknya ada 5 hal utama yang menjadi penyebab terbakarnya mobil. Adapun kelima hal tersebut di antaranya adalah:

  1. Masalah di Kelistrikan Mobil

    Korsleting di bagian kelistrikan  mobil merupakan faktor utama dan palinh sering menyebabkan mobil terbakar.

    Adapun solusi untuk mencegah masalah ini adalah dengan mengecheck secara berkala kondisi mobil anda. Terutama kondisi kabel-kabel kelistrikan mobil anda.

    Selain itu, penggunaan volt stabilizer untuk menjaga kelistrikan tetap stabil bisa menjadi langkah menghindari masalah kelistrikan.

    Pastikan menggunakan volt stabilizer yang memang mampu menstabilkan kelistrikan mobil tanpa menyebabkan penurunan performa mobil. Anda bisa menggunakan JS ONE dan R-Project Volt Stabilizer untuk membantu mencegah korsleting dan kebakaran pada mobil.

  2. Masalah di Radiator Mobil

    Radiator berfungsi untuk mencegah mesin mengalami overheat. Namun ketika radiator bermasalah, resiko overheat meningkat.

    Overheat menjadi salah satu penyebab mobil terbakar saat digunakan. Oleh sebab itu, masalah overheat harus dicegah dan diatasi. Adapun cara terbaik menjaga radiator mobil anda adalah dengan berhenti menggunakan air untuk mengisi radiator. Gunakan coolant radiator untuk memastikan kinerja radiator tetap optimal.

  3. Kebocoran di Saluran Bahan Bakar dan Oli

    Kebocoran di bagian saluran pembakaran juga bisa menjadi penyebab terbakarnya mobil. Oleh sebab itu, melakukan tune UP perlu dilakukan secara rutin.

    Dengan melakukan tune UP, tidak hanya membantu menjaga saluran pembakaran tetap bersih seperti baru, namun juga membantu menjaga performa mobil agar tetap optimal.

  4. Penggunaan Part yang Tidak Kompatibel

    Part yang tidak kompatibel juga bisa menyebabkan beban tambahan pada part lainnya di mobil anda. Akibatnya, tekanan, gesekan, dan keausan bisa terjadi. Menyebabkan munculnya percikan ataupun ledakan.

    Oleh sebab itu, dalam tiap penggantian part pastikan untuk mengecheck kompatibility partnya. Jangan sampai anda mendapatkan part yang bersifat mudah rusak dan tidak sesuai dengan kebutuhan mobil anda..

  5. Sabotase dan Kecelakaan

    Adanya sabotase yang dilakukan orang tidak dikenal bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini. Oleh sebab itu, sebelum anda melakukan perjalanan pastikan mengecheck kondisi seluruh bagian mobil. Pastikan tidak ada masalah di mobil.

    Selain adanya sabotase, resiko terbakar pada mobil juga bisa terjadi karena terjadi tabrakan. Oleh sebab itu, berkendara secara hati-hati sangat diperlukan..

Pada dasarnya masih ada beberapa hal lagi yang menjadi faktor penyebab terbakarnya kendaraan anda. Oleh sebab itu, pengecheckan kondisi mobil perlu dilakukan secara berkala. Dan perawatan perlu segera dilakukan jika ditemukan adanya masalah mobil.

Demikianlah beberapa penyebab mobil terbakar dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Senang bisa menjadi sumber informasi untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *