Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Penyebab Mobil Tersendat Sendat Saat Jalan dan Solusinya

Terdapat beberapa faktor penyebab mobil tersendat sendat saat jalan yang dapat mengganggu perjalanan, apalagi jika sedang tergesa-gesa. Tentu sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu Kamu harus mengetahui letak masalahnya sehingga tindakan selanjutnya bisa dilakukan lebih tepat.

Penyebab Mobil Tersendat Sendat Saat Jalan dan Solusinya

Umumnya, mobil tersendat biasanya menandakan bahwa terjadi kerusakan pada sistem pengapian atau bahan bakar. Karena sistem pengapian terbilang cukup vital pada mobil, maka sebaiknya atasi sedini mungkin. Pasalnya, jika dibiarkan terlalu lama bisa saja komponen lainnya pada mesin turut terkena imbasnya.

Sistem bahan bakar bermasalah

Sistem bahan bakar bermasalah merupakan salah satu penyebab mobil menjadi tersendat sendat saat digunakan. Karena yang disebutkan adalah sistem bahan bakar, maka beberapa komponen yang harus Kamu periksa diantaranya adalah filter, pompa, karburator, injektor, dan sebagainya.

Salah satu contoh kasusnya yaitu kerusakan pada bagian filter bahan bakar. Filter yang rusak akan mengakibatkan tersumbatnya aliran bahan bakar karena filter yang rusak atau tersumbat oleh kotoran-kotoran. Proses pembakaran tentu tidak akan berlangsung secara normal karena sumbatan pada filter tersebut yang akhirnya mobil pun menjadi tersendat.

Jika memang demikian, untuk mengatasinya cukup dengan membersihkan filter bahan bakar. Namun bila kondisinya memang sudah rusak Kamu dapat menggantinya dengan yang baru. Usahakan untuk menggunakan filter sesuai standar atau rekomendasi pabrikan.

Sistem pengapian bermasalah

Selanjutnya penyebab mobil tersendat adalah terjadinya masalah pada sistem pengapian. Selain tersendat, biasanya masalah pada sistem ini juga menyebabkan gejala kurangnya tenaga pada mesin terutama saat melewati tanjakan.

Ada berbagai kemungkinan yang mungkin menimpa mobil Kamu, salah satunya adalah timing proses pembakaran yang tidak sesuai. Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada busi. Pembakaran bahan bakar yang tidak normal karena busi yang rusak atau aus akan membuat mesin kehilangan tenaga dan tersendat sendat.

Pembakaran yang tidak sempurna yang disebabkan kerusakan pada busi ini akan terasa sangat jelas. Pasalnya, mobil akan tersendat pada semua kecepatan, baik rendah maupun tinggi. Kamu dapat cek secara langsung dengan cara mengecek apakah bunga api muncul atau tidak ketika menyalakan mesin. Jika bunga api memang tidak muncul, maka dapat dipastikan terdapat masalah pada busi.

Untuk mengatasinya, Kamu cukup mengganti busi yang rusak atau aus dengan yang baru. Perlu diketahui juga bahwa busi tersedia dalam beraneka ragam. Oleh karena itu, sebaiknya pilih busi yang sesuai dengan kebutuhan mesin disertai kualitas standar.

Permasalahan pada sistem perintah

Jika mobil yang Kamu gunakan merupakan kendaraan yang dilengkapi dengan mesin penerima dan pemberi perintah, maka bisa saja ini menjadi penyebabnya. Bila memang demikian, biasanya mobil menjadi tersendat atau brebet di RPM rendah dan sedang.

Ada beberapa komponen yang bisa Kamu periksa jika masalah ini terjadi. Diantaranya yaitu sensor crank, air flow, sensor camshaft, dan ECU. Karena permasalahan pada mesin jenis ini terbilang cukup rumit dan memerlukan peralatan memadai, maka sebaiknya percayakan mobil kepada teknisi ahli. Kamu dapat membawa mobil ke bengkel atau dealer resmi terdekat.

Nah, itulah beberapa penyebab mobil tersendat sendat saat jalan yang wajib diketahui. Atasi segera permasalahan ini sebelum mesin mobil mengalami kondisi yang lebih parah. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat terutama untuk Kamu yang tengah mengalami masalah serupa.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *