fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Turun Mesin

Penyebab Mobil Turun Mesin Karena Banjir dan Biaya Perbaikannya

Water Hammer - Penyebab Mobil Turun Mesin Karena Banjir dan Genangan

Musim hujan biasanya banyak menyebabkan kasus mobil turun mesin karena banjir mengalami peningkatan. Sebenarnya ada cara pencegahan. Cara yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab, cara mencegah, dan perawatan terbaik setelah mobil terendam banjir. Semoga membantu.

Penyebab Mobil Turun Mesin Karena Banjir

Namun mungkin anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan mobil bisa turun mesin jika terkena genangan banjir. Adapun alasan utama mobil rusak dan perlu turun mesin karena terendam banjir adalah karena terjadinya Water Hammer. Apa itu Water Hammer?

Penyebab Water Hammer

Merupakan penyebab utama kerusakan mobil. Hal ini bisa menyebabkan biaya perbaikan hingga puluhan juta rupiah. Penyebabnya adalah karena masuknya air ke ruang pembakaran yang ada di dalam mesin.

Saat terjadi water hammer, air banjir akan bertindak seperti palu yang menggetok komponen mobil berkali-kali. Akibatnya kerusakan piston terjadi. Biasanya piston bengkok. Dan dinding mesin jebol. Kalau dinding mesin jebol, mau tidak mau anda harus ganti mesin baru.

Biaya Perbaikan Turun Mesin Karena Water Hammer saat Banjir

Jika terjadi water hammer, biaya perbaikan bisa mencapai kisaran 50 sampai 80 juta rupiah. Dan bisa saja jauh lebih mahal.

Catatan, water hammer ini paling umum terjadi pada mobil-mobil keluaran Eropa. Karena tekanan mesin pada mobil Eropa sangat tinggi. Sehingga water hammer pada mobil Eropa dampaknya paling terasa.

Agar Mobil Tidak Sampai Turun Mesin Karena Terendam Banjir

Genangan air tidak hanya terjadi saat musim hujan. Nah apa yang harus anda lakukan setelah mobil terendam? Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan kondisi mobil tetap aman. Beberapa di antaranya adalah:

Jangan Langsung Gunakan Mobil Secara Maksimal

Pastikan air yang masuk ke dalam mesin benar-benar sudah hilang. Anda bisa memanaskan mesin selama beberapa saat dalam keadaan iddle. Dengan demikian air yang ada di saluran pembakaran bisa dibuang. Dan jikapun ada water hammer, tidak terjadi “getokan” yang bisa menyebabkan kerusakan komponen.

Segera Bawa Ke Bengkel Mobil

Penting juga untuk memeriksakan kondisi mobil apakah memang baik-baik saja. Ataukah ada air tersisa. Dan apakah ada komponen yang bermasalah. Jika memang ada, segera lakukan penanganan yang tepat.

Cuci Mobil

Rendaman air hujan dapat menyebabkan terjadinya korosi pada komponen mesin. Dan jika dibiarkan dapat menyebabkan turun mesin dikemudian hari. Oleh sebab itu, mobil dan mesin harus dibersihkan dari sisa-sisa air hujan.

Namun untuk anda yang masih bingung apakah memang mobil anda perlu turun mesin setelah terendam genangan, silahkan melakukan pengecheckan mobil terlebih dahulu. Dokter Mobil memberikan free pengecheckan mobil. Selain itu anda juga akan mendapatkan estimasi biaya untuk turun mesin pada mobil anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Dokter Mobil di Phone/WA berikut ini:

Nindy
0813-8138-6886
WA: wa.me/6281381386886

Demikian beberapa hal seputar mobil turun mesin karena banjir saat musim hujan. Semoga dapat menjadi informasi yang dapat membantu anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *