Posted by Mekanik Juan Uncategorized

6 Faktor Penyebab Oli Mesin Berkurang yang Wajib Diwaspadai

Jika tidak diatasi maka penyebab oli mesin berkurang itu dapat menyebabkan mesin cepat panas. Juga performa mesin menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui apa saja faktor penyebab oli mesin pada mobil sering berkurang.

Anda bisa pergi ke bengkel jika anda kurang yakin untuk melakukan pengecekan rutin terhadap oli mesin mobil. Atau jika kocek anda tidak dalam-dalam sekali anda bisa melakukannya di garasi rumah anda.

Cara Melakukan Pengecekan Jika Oli Mesin Berkurang Pada Mobil

Namun jangan sampai anda sepelekan hal ini ya. Oli mesin berkurang pada mobil dapat berakibat fatal dan akhirnya harus meraih kocek dalam untuk memperbaikinya. Maka dari itu, anda harus tahu lebih dulu apa saja tanda-tanda
oli mesin mobil anda bocor.

Ada Genangan di Bawah Kolong Mobil

Hal Pertama dan tentu saja harus dilakukan jika oli mesin berkurang pada mobil adalah ada genangan yang dapat terlihat di bagian bawah kolong mobil anda. Genangan berwarna coklat dan bertekstur agak pekat serta berminyak.

Anda juga perlu cek level ketinggian oli pada mesin mobil dengan melakukan pengecekan rutin melalui stik oli yang terdapat pada ruang mesin bagian depan mobil, jika level oli pada stik berkurang drastis bisa jadi oli mesin bocor. Namun jika oli yang berkurang hanya sedikit maka itu normal.

Ada Asap Keluar dari Ruang Mesin

Satu satunya asap yang harus keluar adalah asap yang keluar dari knalpot mobil anda. Jika ada kebocoran oli dari dalam pasti ada kesempatan dimana oli menetes di bagian pipa asap knalpot dan warna asap berwarna biru bukan transparan atau adanya bunyi mendesis disertai adanya bau tidak enak seperti ada yang terbakar.Anda perlu curiga jika sudah begini.

Lampu Indikator Oli Pada Dashboard Berkedip

Jika lampu indikator oli pada dashboard anda selalu menyala atau berkedip, anda patut mencurigai karena bisa jadi asal kebocoran dari mesin mobil anda. Anda tentu harus mengambil langkah serius untuk membawanya ke bengkel yang tepat atau skenario paling buruk anda harus merogoh kocek dalam untuk turun mesin.

Mesin Mobil Overheat

Memiliki oli yang cukup adalah hal yang krusial untuk mobil terutama saat mesin mobil dalam keadaan aktif. Pada saat mesin mobil dinyalakan, mesin berada pada batas suhu wajar dan olilah yang menjaga batas suhu wajar dengan mengurangi gesekan serta membantu piston pada mesin blok bekerja tanpa memberikan efek panas berlebihan yang dapat mengganggu kiberja mesin.

Jika oli mesin mobil berkurang dampak yang diberikan tentunya mesin akan mati atau mengalami overheating, hal ini bisa anda ketahui dengan memperhatikan indikator panas mobil di kaca dashboard mobil anda. Indikator akan selalu berada di batas H atau Hot dan inilah saatnya anda mengecek level oli anda dengan membuka kap mesin mobil anda dan angkatlah dipstick.

Jika oli yang ada sangat sedikit dan hanya berada di ujung stik maka dapat dipastikan oli bocor. Sekarang kita sudah tahu, beberapa tanda oli mesin berkurang. Lalu kira-kira apa penyebabnya ya. Ayo kita cari tahu.

Faktor Utama Penyebab Oli Mesin Berkurang Pada Mobil

Agar mesin mobil tidak bermasalah karena kekurangan oli, maka anda perlu mencari tahu apa yang menyebabkan oli mesin berkurang. Dengan demikian, anda bisa terhindar dari gejala-gejala mesin mobil kurang oli.

Adapun beberapa faktor tersebut antara lain adalah:

1. Filter Oli Rusak atau Sudah Tua

Hal Pertama cek kondisi filter oli, filter oli yang aus atau sudah lama tidak diganti bisa menjadi penyebab oli mesin berkurang, jika hal ini terjadi segera bawa ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan. Jika anda harus melakukannya di garasi pastikan tidak ada barang-barang yang menggangu. Bahan yang anda butuhkan cukup obeng, wadah, kain lap bersih dan kering serta filter oli yang baru untuk mengantisipasi jika benar filter oli aus atau rusak.

2. Tutup Oli Kendor atau Bahkan Hilang

Bagi anda yang memiliki kocek pas – pasan pastinya agak malas jika harus mengganti tutup oli ke bengkel. Alhasil anda menggantinya sendiri di garasi rumah. Pastikan anda memasang tutup oli tersebut kencang dan rapat ya. Selain itu, jika anda menggantinya di bengkel jangan lupa ingatkan montir bengkel untuk memastikan tutup oli dalam kondisi bagus dan rapat. Jika masih kurang yakin minta montir untuk tunjukkan secara visual agar anda juga yakin bahwa tutup sudah rapat.

3. Baut Oli Rusak atau Longgar

Hal ini jangan disepelekan ya, karena baut yang tidak kencang sedikit saja oli bisa berceceran kemana-mana. Jangan lupa, oli adalah cairan jadi pastikan baut oli tidak rusak ataupun longgar. Jika memang waktunya diganti, segeralah diganti jangan tunggu nanti-nanti.

4. Bak Oli Rusak

Bak oli bisa saja rusak karena mobil anda sering menghantam polisi tidur tinggi atau lubang yang cukup dalam apalagi jika melewati area proyek pertambangan maupun proyek perumahan sipil. Daya tampung bak oli akan semakin berkurang jika tak langsung diperbaiki.

5. Retaknya Blok Mesin

Blok mesin yang retak juga bisa menyebabkan oli mesin mobil berkurang. Biasanya dikarenakan kekentalan oli tidak sesuai dengan standar pabrikan dan kurangnya sensitivitas pengendara terhadap notifikasi lampu indikator oli. Jika hal ini terjadi, sebaiknya ganti blok mesin yang baru dengan meraih kocek dalam atau melakukan pengelasan.

6. Umur Mesin Sudah Terlampau Tua

Mobil yang mesinnya sudah cukup berumur biasanya memiliki kebiasaan yaitu karet seal akan getas dan mengeras sehingga mulai menciut dansudah tidak bisa rapat lagi. Selain itu, mesin yang sudah keropos karena umur juga merupakan penyebab oli mesin berkurang. Jika sudah begini, lebih baik ganti dengan mobil baru daripada anda harus membayar kocek untuk turun mesin yang biasanya harga akan setengah dari membeli mesin baru.

Lihat Juga: Kesalahaan saat Mencoba Meningkatkan Performa dan Tenaga Mesin Mobil

Nah, setelah kita tahu tanda-tanda dan penyebab oli mesin berkurang pada kendaraan, anda akan lebih waspada bukan. Pastikan agar hal itu tidak terjadi sering-seringlah ganti oli dan perawatan pada mesin, terutama bagian filter oli dan blok mesin. Jika anda ragu datang ke bengkel resmi ya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *