fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Bahaya, Hal Ini Jadi Penyebab Radiator Mobil Bocor dan Rusak

Ini Penyebab Radiator Mobil Bocor

Overheating biasa terjadi karena radiator bermasalah. Ketahui apa saja hal yang bisa menjadi penyebab radiator mobil bocor. Dan cari tahu solusinya.

Dengan mengetahui apa penyebab masalah, akan lebih mudah untuk mencari tahu solusi menyelesaikan masalah tersebut. Dan akan lebih mudah untuk mencegah terjadinya masalah tersebut muncul kembali.

Faktor Utama Penyebab Radiator Mobil Bocor

Ada cukup banyak hal yang menyebabkan radiator mobil mengalami kebocoran. Ada yang terjadi karena kesalahan dalam perawatan mobil, ada yang karena faktor usia, dan karena hal-hal lainnya.

Beberapa penyebab tersebut di antaranya adalah:

  1. Tutup Radiator Sudah Jelek

    Kurang rapatnya pemasangan tutup radiator bisa menjadi masalah. Hal tersebut menyebabkan coolant bisa meluber keluar. Dan hal inilah yang disebut sebagai kebocoran radiator.

    Namun masalah utama yang sering terjadi adalah tutup radiator yang klepnya sudah tidak lagi rapat. Oleh sebab itu, penggantian tutup radiator perlu dilakukan.

    Solusi
    Anda bisa mencoba menggunakan tutup radiator khusus yang mampu menjaga coolant agar tidak akan pernah bisa meluber keluar. Tutup radiator jenis ini biasanya memiliki beberapa klep sehingga mustahil air radiator bisa bocor.

  2. Radiator Retak

    Entah karena terkena benda tajam, ataupun terkena batu saat di jalan, radiator bisa retak dan pecah. Dari titik retakan dan pecah tersebut, air coolant bisa merembet dan bocor.

    Keretakan ini jika tidak diatasi segera bisa merembet dan menyebabkan jebolnya radiator. Dan pastinya akan menyebabkan suhu mesin mobil tidak terkontrol. Overheating pun bisa terjadi.

    Solusi
    Radiator perlu dicheck kondisinya secara berkala. Jadi anda tahu apakah kondisinya masih layak, perlu penanganan, atau perlu diganti baru. Jika radiator retak, maka sebaiknya diganti dengan yang baru. Jangan memaksakan menggunakan radiator lama yang keretakannya ditambal. Apalagi jika hendak bepergian jauh. Sebaiknya pastikan kondisi radiator benar-benar dalam kondisi baik sebelum bepergian jauh.

Itulah 2 hal utama yang kerap menyebabkan kebocoran pada radiator mobil. Selain kedua hal tersebut tentunya masih ada hal-hal lain yang kerap jadi sumber masalah. Namun masalah-masalah tersebut tidak akan muncul jika perawatan dilakukan secara berkala.

Adapun perawatan radiator yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti coolant secara berkala, menggunakan tutup radiator yang lebih baik, serta melakukan maintenance radiator secara berkala.

Jika anda ragu apa yang menjadi penyebab radiator menjadi mobil bocor, anda bisa membawa mobil anda ke bengkel mobil. Dengan demikian, pengecheckan secara menyeluruh bisa dilakukan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *