Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

4 Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri Dan Cara Mengatasinya

penyebab setir mobil lari ke kiri

Sangat berbahaya apabila setir kemudi mobil dalam keadaan tidak stabil. Terdapat beberapa penyebab setir mobil lari ke kiri dan ke kanan. Rata-rata, penyebab terjadinya kecelakaan pada kendaraan roda empat ini disebabkan oleh ketidakstabilan setir kemudi yang tiba-tiba lari ke kiri ataupun kanan. Sehingga, masalah ini wajib Anda antisipasi demi keselamatan dalam berkendara.

Jangan sampai Anda mengendarai mobil yang memiliki masalah di bagian kemudi setir. Jadi, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu mobil Anda sebelum digunakan berkendara. Apabila mobil Anda bermasalah di bagian kemudi setir, maka ada baiknya untuk mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah kemudi setir tersebut.

4 Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri dan Kanan

Penyebab setir mobil tidak stabil ini memang disebabkan oleh beberapa permasalahan. Bisa saja permasalahan tersebut disebabkan oleh hal teknis maupun kesalahan Anda sebagai pemilik mobil kurang memperhatikan jadwal servis dan perawatannya. Untuk itu, ini dia 3 penyebab setir mobil lari ke kiri dan kanan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kerusakan Pada Bagian Understeel Mobil

Penyebab pertama mengapa setir mobil Anda lari ke kiri dan kanan ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian undesteel atau kedua kaki-kaki roda ban mobil. Kerusakan di bagian undesteel ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti kerusakan di bagian tierod.

Kerusakan tersebut akibat dari keausan atau munculnya karat pada bagian kaki-kaki roda ban mobil. Hal inilah yang menyebabkan setir kemudi mobil Anda terkadang bergerak ke kanan ataupun kiri. Sehingga menyulitkan Anda untuk mengendalikan mobil ketika berkendara di jalan.

  1. Kocak Di Bagian Understeel Mobil

Apabila Anda kerap ngebut di jalan ketika berkendara. Maka, efek buruk dari kebiasaan dalam berkendara secara ugal-ugalan itu adalah adanya masalah di bagian understeel mobil Anda. Ya bagian kaki-kaki roda ban mobil akan mengalami kocak atau bergoyang. Masalah tersebut tentu saja membuat Anda kesulitan untuk mengendalikan setir mobil.

  1. Undresteel Mobil Tidak Layak Digunakan

Sebagai pemilik mobil, Anda wajib untuk merawat serta menservis mobil dalam jangka waktu yang telah terjadwal. Apabila servis dan perawatan mobil tidak Anda jadwalkan, maka Anda tidak mengetahui kerusakan apa saja kerusakan pada mobil kesayangan Anda.

 Bisa saja bagian understeel atau kaki-kaki roda ban mobil ini sudah waktunya Anda ganti. Apabila hal tersebut tidak Anda lakukan, maka dapat menjadi salah satu penyebab setir mobil lari ke kiri ataupun kanan.

  1. Sudut Toe – Out Roda Mobil yang Terlalu Melebar

Dan penyebab setir mobil lari ke kiri dan kanan yang terakhir adalah terlalu melebarnya sudut toe – out roda mobil. Melebarnya sudut toe – out roda mobil disebabkan oleh ketidaksempurnaan pemasangan komponen understeel yang baru saja diganti ataupun juga disebabkan oleh pergeseran mur pengunci tierod.

Cara Mengatasi Setir Kemudi Mobil Lari Ke Kiri dan Kanan

Memang, masalah setir kemudi yang tidak stabil ini harus ditangani segera. Maka dari itu, inilah beberapa cara mengatasi setir kemudi mobil yang lari ke kanan dan kiri, yakni :

  1. Spooring dan Balancing

Cara pertama untuk mengatasi masalah setir kemudi mobil yang tidak stabil ini dengan spooring dan balancing setir kemudi dan juga ban mobil. Apa itu spooring dan balancing ? Spooring ini salah satu cara untuk mensimetriskan antara roda depan dengan roda belakang.

Tujuannya adalah agar kemudi mobil tidak lari ke kiri ataupun kanan ketika dikendarai. Balancing adalah salah satu cara untuk memastikan apakah ban mobil berada pada titik sumbunya atau tidak.

  1. Mengganti Bagian Understeel Roda Ban Mobil

Apabila bagian understeel atau kaki-kaki roda ban mobil Anda mengalami kerusakan, maka Anda harus mengganti komponen kaki-kaki roda ban mobil yang rosak tersebut. Pastikan Anda membawa ke bengkel terdekat guna penggantian komponen kaki-kaki roda ban mobil Anda.

  1. Memperbaiki Sudut Toe – Out Roda Mobil

Dan cara terakhir untuk mengatasi masalah setir kemudi mobil yang lari ke kiri dan kanan ini adalah dengan memperbaiki sudut toe – out roda mobil. Anda juga dapat membawa mobil ke bengkel terdekat guna memperbaiki sudut toe – out roda mobil ini. Sebab, masalah tersebut hanya dapat diperbaiki oleh montir bengkel professional saja.

Baca Juga : Akibat Oli Transmisi Kurang

Penyebab setir mobil lari ke kiri dan kanan ini memang cukup beragam. Maka, Anda harus mewaspadai masalah tersebut ketika berkendara. Sebab, banyak kecelakaan yang disebabkan oleh adanya masalah di bagian setir kemudi.Guna mengatasi hal tersebut, maka Anda dapat membawa mobil yang mengalami masalah di setir kemudi ke bengkel terdekat.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *