Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Inilah Penyebab Setir Mobil Speleng dan Cara Mengatasinya

penyebab setir mobil speleng

Tahukah Kamu apa penyebab setir mobil speleng? Ada beberapa hal yang dapat memicu masalah ini, diantaranya berkaitan dengan pengereman. Meski tidak serumit kerusakan mesin, namun tetap saja setir speleng sangat mengganggu dan beresiko.

Kamu pasti tahu betul bahwa setir mobil memiliki peran sebagai penghubung antara pengendara menuju roda kendaraan. Hal ini memungkinkan pengendara untuk membelokkan mobil ke arah yang diinginkan hanya dengan memutar setir. Oleh sebab itu, segera atasi kerusakan setir speleng atau goyang sedini mungkin agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk.

Lalu apa penyebab setir speleng? Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkap di bawah ini.

Penyebab Setir Mobil Speleng atau Setir Goyang

  1. Lengketnya komponen sistem pengereman

Komponen sistem pengereman yang lengket bisa menjadi penyebab setir mobil kesayanganmu terasa goyang atau speleng. Lengketnya komponen ini membuat putaran roda mobil tidak bekerja secara maksimal. Jika terus dibiarkan, kendala akan semakin terasa karena vakum angin tidak berada pada tempat semestinya.

  1. Kotor atau tersumbatnya kampas rem

Selain lengket, kampas rem yang kotor atau tersumbat juga bisa menjadi alasan mengapa setir terasa goyang. Kendala ini sangat sering ditemui terutama pada mobil-mobil dengan rem cakram. Namun tidak menutup kemungkinan rem jenis lain pun bisa saja mengalami hal serupa. Jika memang demikian, yang perlu dilakukan adalah membersihkan kampas secara langsung.

  1. Kampas rem sudah aus

Penyebab selanjutnya yang dapat memicu setir speleng adalah kampas rem sudah aus. Bagi yang belum tahu, ausnya kampas rem bisa mengakibatkan kinerja yang  tidak maksimal. Pasalnya, rem hanya akan bekerja sebelah saja atau bahkan tidak sama sekali. Alhasil setir mobil pun akan terasa bergoyang-goyang dan tidak stabil.

  1. Bocornya piston rem

Setir mobil pun bisa saja terkena dampak dari kebocoran pada piston rem. Piston yang bermasalah atau rusak menyebabkan roda mobil tidak bekerja secara maksimal hingga akhir setir pun terasa speleng.

Cara Mengatasi Setir Mobil Speleng

  1. Mendongkrak roda mobil

Jika Kamu merasa bahwa setir terasa goyang saat berkendara, sebaiknya turunkan kecepatan hingga sampai di rumah atau bengkel terdekat. Periksalah kondisi mobil Kamu, apakah dalam kondisi baik atau malah sebaliknya.

Agar proses perbaikan akurat cek kondisi keempat roda mobil dengan mendongkraknya. Setelah Kamu memasang dongkrak, periksa putaran roda satu persatu dengan cara memutarnya. Jika terdapat putaran roda yang kurang maksimal, maka bisa saja terjadi kendala pada sistem pengereman.

Solusi terbaiknya adalah adalah dengan membersihkan sistem pengereman. Kamu dapat bersihkan semua komponen yang berhubungan dengan sistem satu ini.

  1. Membersihkan atau mengganti kampas rem

Jika dirasa tidak ada masalah saat mendongkrak roda, maka selanjutnya Kamu harus memeriksa bagian kampas rem. Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu membuka roda pada posisi depan kemudian perhatikan kondisinya.

Ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu kampas kotor atau kampas sudah aus. Jika hanya sebatas kotoran, Kamu dapat membersihkannya dengan mudah. Namun bila kampas terlihat sudah aus dan tipis, maka sebaiknya ganti kampas dengan yang baru.

  1. Mengecek sistem pengereman

Apabila kedua langkah sebelumnya tidak berpengaruh, maka cek sistem pengeremannya. Seperti yang sudah diketahui bahwa kemudi mobil bisa terpengaruhi oleh masalah yang terdapat pada sistem pengereman. Oleh sebab itu, periksalah sistem ini khususnya di bagian piston rem.

Kamu tidak dapat mengecek piston sendirian, diperlukan setidaknya 2 orang. Satu orang bertugas mengocok pedal dan satunya lagi memeriksa kondisi piston. Terlepas dari itu, jika Kamu awam tentang permasalahan mobil tentu tidak ada salahnya untuk mempercayakan kendaraan ke orang yang lebih profesional.

Baca Juga : Kompresor AC Mobil Tidak Berputar

Nah, itulah beberapa penyebab setir mobil speleng sekaligus cara mengatasinya. Segera perbaiki mobil kesayanganmu agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Semoga tulisan ini mengandung informasi bermanfaat terutama bagi Kamu yang sedang mengalami masalah serupa.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *