Posted by Mekanik Juan Masalah dan Solusi Mobil

Kenali Sekarang, Ini Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil!

Salah satu penyebab setir mobil tidak stabil adalah adanya komponen yang mengalami keausan pada setir yaitu bagian kaki-kaki mobil. Kalau dibiarkan, pastilah akan sangat mengganggu karena kamu kesulitan untuk mengontrol laju dari mobil kamu sendiri. Saat ingin belok ke arah kanan, setir malah sulit diputar. Saat hendak jalan lurus saja, setir malah belok dengan sendirinya. Selain membuat kamu repot menggerakkannya, kondisi ini juga akan membuat konsentrasi buyar. Padahal, konsentrasi tinggi sangatlah dibutuhkan saat mengendarai sebuah mobil.

Lalu sebenarnya, apa-apa saja sih penyebab setir mobil tidak stabil dan bagaimana cara memperbaikinya? Langsung pahami melalui ulasan lengkap di bawah ini, yuk. Baca artikel di bawah ini sampai selesai, supaya kamu memahaminya dengan jelas.

Kaki-kaki mobil aus bisa jadi penyebab setir mobil tidak stabil

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka di atas, salah satu yang menyebabkan setir mobil kamu tidak bisa bergerak dengan stabil adalah karena adanya keausan pada kaki-kaki mobil kamu. Biasanya kerusakan terjadi di bagian long tie rod. Dengan adanya kerusakan pada bagian ini, setir mobil jadi sering miring ke kiri dengan sendirinya. Akibatnya, kamu harus selalu memastikan tanganmu ada di setir mobil, supaya mobil tidak jalan dengan miring.  

Biasanya, hal ini bisa terjadi akibat penggunaan mobil yang sudah terlalu lama atau pengguna yang sering menggunakan mobil dengan cepat di jalanan yang rusak. Untuk kerusakan ini, solusinya adalah mengganti kaki-kaki mobil yang komponen yang baru. Setelah itu, mobil akan kembali bisa berjalan dengan lurus lagi.

Kampas rem sudah habis

Setiap mobil umumnya memiliki dua kampas rem. Fungsinya adalah untuk menjepit pinggir cakram atau juga tromol kalau mobil kamu menggunakan rem tromol. Biasanya, para pengguna mobil sering tidak menyadari ketika kampas rem sudah menipis atau habis. Jika hal ini terjadi, kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

Bayangkan kamu memiliki dua kampas rem. Salah satunya tiba-tiba habis. Pastinya mobil tidak akan bisa berjalan dengan seimbang alias setirnya oleng. Hal ini pasti sangatlah mengganggu. Jadi, langsung isi kampas rem mobil kamu dan mobil siap digunakan dengan normal kembali.

Ada masalah pada piston rem mobil kamu

Mungkin kamu tidak mengetahui hal ini. Tapi yang jelas, masalah pada piston rem akan berpengaruh pada setir mobil. Kalau piston rem mengalami masalah, piston tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini akan mempengaruhi kestabilan stir mobil dan bisa mengakibatkan setir akan oleng ke arah kiri atau juga ke kanan. Kerusakan ini biasanya diakibatkan piston rem yang macet, lalu tidak bisa memompa kampas rem yang ada.

Pengecekannya sebenarnya bisa kamu lakukan sendiri, lho. Tanpa harus berangkat ke bengkel. Kamu bisa meminta seseorang menginjak rem, lalu cek piston rem mobil kamu. Jika ternyata rem kamu bocor atau pula macet, jangan ragu dan segera ganti dengan yang baru. Pengecekannya cukup mudah, kan?

Sudut toe out yang terlalu lebar

Jika sudut toe out memiliki ukuran yang terlalu lebar akan mengakibatkan setir mobil yang tidak stabil. Saat tidak dipegang, setir bisa miring ke arah kiri, kanan, atau juga bisa bergerak dengan tidak beraturan. Kalau hal ini terjadi, kamu akan kesulitan, sebab selama menyetir, kamu tidak bisa melepaskan setir barang sedetik saja. Mobil kamu bisa langsung oleng. Penyebabnya adalah sudut geometri pada mobil kamu yang berubah. Bisa jadi hal ini terjadi saat kamu mengubah komponen kaki-kaki mobil atau karena mur pengunci tie rod yang berubah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel dan minta para mekanik kepercayaan kamu untuk melakukan spooring. Dengan begitu, keseimbangan pada kaki-kaki mobil kamu akan kembali seperti semula, sudut toe out bisa kembali seperti pengaturan di awal, dan stir mobil kamu bisa stabil kembali.

Lihat Juga: Penyebab Air Radiator Mendidih

Itulah beberapa penyebab setir mobil tidak stabil dan hal-hal yang perlu kamu lakukan. Ingat poin-poin di atas, supaya mobil kamu bisa kembali berjalan dengan lurus, ya. Jangan lupa, kamu perlu sering-sering melakukan servis rutin supaya mobil kamu bisa awet.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *