Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Sudah Tahu Penyebab Starter Mobil Berat? Ini Solusinya

penyebab starter mobil berat

Halo Domolovers, tahukah sobat bahwa penyebab starter mobil berat terdiri dari dua jenis lho. bisa karena kondisi dingin atau panas. Cara penanganannya juga beda ya, jangan disamakan. Namun terkadang, Domolovers pasti sering nih, mengkaitkan penyebab starter mobil berat dengan kondisi aki mobil. Hayoo ngaku siapa yang seperti ini. Nah, ternyata penyebab starter mobil berat bukan hanya dari kondisi aki saja lho, Domolovers. Untuk itu, simak liputan yang berikut ini ya, sobat.

Penyebab Starter Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

oli rembes dari blok mesin mobil

  1. Bagaimana Mengetahui Busi yang Kotor?

Busi merupakan komponen penting seperti aki, sobat. Busi memiliki fungsi tersendiri yaitu mengubah tegangan listrik yang disalurkan ke koil menjadi percikan api yang akan digunakan untuk membakar campuran antara bensin dengan udara di ruang mesin yang sudah dikompresi. Nah, jika busi kotor maka akan menghambat arus listrik sehingga percikan api untuk membakar bahan bakar ini sulit tercipta.

Nah Domolovers, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah busi sobat kotor atau tidak, bisa kita lihat dari warnanya, Domolovers. Jika busi berwarna abu-abu atau cenderung ke merah, maka pembakarannya efisien dan tidak ada kendala. Jika busi berwarna hitam pekat maka ada kelebihan bahan bakar sehingga mengakibatkan adanya pemborosan bahan bakar, hal ini juga bisa Domolovers ketahui dari ujung knalpot mobil yang mengeluarkan asap hitam dan berbau bahan bakar serta terkadang membuat tarikan mesin menjadi lebih berat.

Jika busi berwarna putih maka bahan bakar yang dibakar kadarnya sedikit dan inilah yang juga bisa membuat mesin mobil mati atau sulit dihidupkan. Jadi busi yang kotor warnanya seperti apa ya?. Busi yang kotor memiliki warna hitam pekat dan memiliki kerak pada bagian elektrodanya, Domolovers. Hal ini bisa disebabkan karena adanya penumpukan sisa karbon dari pembakaran yang tercipta, inilah penyebab starter mobil berat.

Untuk membersihkan busi yang berkerak dan kotor ini cukup mudah, Yaitu

  • Pertama mesin mobil dalam keadaan dingin, jika kondisi mesin panas karena setelah dipakai tunggulah beberapa jam sampai dingin.
  • Jika sudah dingin, buka busi menggunakan kunci busi lalu Domolovers dapat menyiram atau membasahi bagian bawah busi dengan bensin.
  • Kemudian yang ketiga, bersihkan kerak dan sisa karbon pembakaran menggunakan sikat kawat, gosok sampai bersih ya, Domolovers. Sobat juga bisa membasahi busi dengan bensin kembali jika itu dirasa cukup perlu.
  • Keempat, jika menurut Domolovers sudah selesai, semprot menggunakan kompresor untuk mengeringkannya. Setelah semuanya kering, Domolovers bisa mengembalikan posisi busi pada tempatnya.
  • Tahap paling terakhir adalah mengecek apakah busi masih layak atau perlu diganti.

Untuk itu, Domolovers perlu mengecek busi satu persatu. Caranya dengan melepas kabel busi satu persatu sembari mobil dinyalakan. Jika, kabel busi dicabut atau dilepas suara mesin mobil berubah maka tandanya busi berjalan normal. Namun, jika kabel busi dicabut suara mesin mobil tidak berubah, dapat dipastikan busi tersebut mati.

  1. Cara Mengatasi Koil Rusak

Penyebab starter mobil berat lainnya adalah koil. Koil juga sama pentingnya dengan busi lho Domolovers. Selain berfungsi sebagai penerus pembakaran, fungsi koil ternyata bermacam-macam.

  • Fungsi koil yang pertama adalah menciptakan arus tegangan tinggi sehingga bisa menyalakan mesin mobil, dimana tegangan tinggi itu digunakan untuk memberi daya besar sehingga mobil bisa dinyalakan.
  • Fungsi koil yang kedua adalah mengatur pengapian dengan cara memberi panas pada mesin sehingga terciptalah bunga api. Fungsi koil ketiga tentu saja memunculkan bunga api agar pembakaran bisa berjalan efisien.

Setelah kita mengetahui betapa pentingnya koil pada mobil Domolovers. Sekarang kita perlu tahu nih, ciri koil yang rusak seperti apa.

  • Ciri yang pertama adalah mobil terasa berat saat dibawa pergi jauh atau beberapa kali sering mogok.
  • Kedua, mobil jadi sulit dihidupkan terutama di pagi hari saat kondisi mesin sedang dingin.
  • Ciri ketiga adalah saat mesin mobil dan koil mulai panas, mesin mobil tiba-tiba mati dengan sendirinya.
  • Ciri keempat adalah adanya percikan bunga api di sekitar sistem pengapian, hal ini dikarenakan adanya kebocoran kabel busi atau koil. Untuk kasus keempat ini perlu dilakukan pemeriksaan pada kabel busi dan koil.
  • Ciri kelima adalah adanya retak pada pinggiran koil atau disebut juga koil bocor.

Untuk memeriksa kabel busi, Domolovers bisa gunakan cara berikut ini.

  • Pertama pastikan tangan Domolovers kering ya, hal ini dimaksudkan agar nantinya tangan Domolovers tidak akan terkena strum saat mengecek kabel busi.
  • Kedua, nyalakan mesin mobil Domolovers lalu buka kap mesinnya.
  • Ketiga, cabut salah satu kabel busi. Usahakan saat melakukan pencabutan berada di ruangan tertutup atau pada saat malam hari. Ini akan mempermudah Domolovers melihat percikan api yang keluar dari kabel busi.
  • Keempat, cek semua kabel busi dengan cara cabut-pasang salah satu kabel busi.

Biasanya lompatan api atau percikan api ini memang tidak selalu di bagian kabel namun bisa juga dekat pulley atau timing belt. Jika, terdapat salah satu atau dua kabel busi yang bocor, Domolovers cukup menggantinya dengan yang baru. Pembelian kabel busi memang satu set, jadi Domolovers tidak perlu panik. Namun, untuk penggantiannya cukup yang bocor saja diganti, sisanya bisa Domolovers simpan sebagai cadangan.

Untuk mengecek koil mobil, Domolovers bisa dengan cara ini. Sebelumnya Domolovers perlu membawa satu buah busi dengan kondisi bagus ya, ini digunakan sebagai tester. Selain itu, Domolovers perlu membawa kunci untuk membuka koil dan melepas semua soket injektor beserta relaynya. Kemudian tarik rem tangan dan pastikan persneling berada pada posisi netral. Berikut ini cara mengecek koil mobil Domolovers:

  • Lepaskan semua soket injektor.
  • Gunakan kunci 10 untuk membuka seluruh koil
  • Lepas koil mobil namun jangan lepas kabel koilnya
  • Pasang busi yang sudah disiapkan sebelumnya ke koil yang sudah dilepas tadi
  • Pegang bagian belakang koil, lalu tempelkan badan busi ke bagian badan mesin untuk mendapatkan massa
  • Minta satu orang untuk menyalakan mesin mobil, disaat Domolovers memegang koil untuk mengetes percikannya. Jika percikan kuat dan menyala maka kondisi koil masih bagus, sebaliknya jika koil tidak menyala, maka Domolovers perlu menggantinya.
  1. Solusi jika Alternator Mobil Anda Rusak

Penyebab starter mobil berat yang lain bisa jadi alternator rusak, lho Domolovers. Seperti yang kita tahu bersama, alternator memiliki fungsi untuk menghasilkan arus listrik dan juga berfungsi untuk mengisi aki. Selain itu alternator merupakan pembangkit listrik yang mensupply kebutuhan di dalam mobil, seperti AC, lampu, radio, klakson dan sebagainya.

Baca Juga : Service Dinamo Starter Mobil

Ciri-ciri alternator rusak paling umum terjadi adalah tercium bau terbakar. Biasanya bau ini seperti bau karet yang terbakar. Hal ini diakibatkan karena adanya gesekan dari belt yang tidak terpasang dengan baik. Ciri selanjutnya adalah lampu indikator aki menyala. Jika lampu ini menyala padahal Domolovers sangat yakin bahwa akinya baru saja diganti atau aki baik-baik saja, coba sobat cek bagian alternator. Ciri ketiga adalah terdengar decitan. Decitan ini bisa berasal dari fan belt alternator yang sudah aus. Jadi untuk menghindari dari putusnya fan belt alternator perlu segera diganti ya, Domolovers.

Nah, Domolovers jika sobat sudah memastikan bahwa alternator mobil sobat rusak inilah cara yang tepat untuk memperbaiki alternatornya :

  • Bongkar komponen yang terdapat pada alternator secara hati-hati, lalu bersihkan komponen
  • Periksa bagian rumah bearing jika rumah pecah atau retak sobat perlu menggantinya
  • Periksa fisik brush dan ukur panjangnya di regulator. Jika panjangnya dibawah 4mm maka sebaiknya Domolovers ganti dengan yang baru
  • Ukur diameter slip ring rotor, jika diameter berada dibawah 12,5mm maka Domolovers harus menggantinya dengan rotor alternator yang baru
  • Periksa gulungan stator , jika ukuran gulungan berada diluar batas minimum maka perlu diganti juga nih Domolovers
  • Tahap terakhir, tes alternator dengan dinamo tester.

Bengkel Untuk Mengatasi Masalah Dinamo Mobil Anda

Penyebab starter mobil berat memang beragam Domolovers, namun jika ada tanda-tanda umum starter mobil berat seperti susah menyala saat kondisi mesin dingin, adanya delay cukup lama dan selalu mogok di jalan. Domolovers perlu memperhatikan bukan hanya aki saja. Namun ada juga komponen yang sama pentingnya dengan aki seperti busi, kabel busi, koil dan alternator, perlu Domolovers perhatikan.

Selalu cek berkala ke bengkel terpercaya ya Domolovers, tentu saja agar tidak terjadi masalah seperti ini. Jika sobat belum memiliki waktu yang pas untuk ke bengkel, tenang saja Domolovers. Sobat cukup menghubungi Dokter Mobil via whatsapp atau fitur chat pada website kami untuk mendapatka solusi penanganan terbaik untuk masalah mobil Anda.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *