Posted by Mekanik Juan tenaga mobil

5 Penyebab Tarikan Gas Mobil Berat dan Cara Mengatasinya

Bingung Mencari Penyebab Tarikan Gas Mobil Berat dan Lemot

Cukup banyak faktor penyebab tarikan gas mobil berat atau lemot. Beberapa di antaranya adalah masalah mesin dan adanya macet di pedal gas. Namun ada beberapa penyebab lain yang kadang sering tidak disadari pemilik mobil, dan bahkan tidak disadari oleh mekanik.

Mengetahui penyebab munculnya masalah ini sangatlah penting karena dapat membantu kita memperbaiki dan mencegah masalah ini.

Penyebab Tarikan Gas Mobil Berat

Saat kamu sedang mengendarai mobil kesayangan dan tiba-tiba mobil susah bergerak kamu harus cari tahu penyebab tarikan gas mobil berat. Kenapa? Alasannya adalah, kalau kamu membiarkan hal ini terus terjadi secara berulang, kamu akan terganggu selama berkendara, karena mobil lebih susah digerakkan.

Jadi, apa alasan mobil menjadi berat dan bagaimana solusinya? Simak ulasan lengkap di bawah ini satu persatu, dan kamu akan dapat pecahkan masalah mobil kamu!

Sirkulasi AC bermasalah

Saat AC dihidupkan, mesin mobil malah terasa berat? Bisa dipastikan, alasannya adalah karena sirkulasi AC mobil kamu bermasalah. Sebagai solusi, coba cek saluran sistem AC mobil kamu. Apakah ada sumbatan? Biasanya sumbatan ini terjadi di bagian condenser atau dryer sistem pendingin. Untuk memastikan dan melakukan pengecekan, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel mobil.

Lihat Juga: Mobil Kurang Tenaga di Tanjakan

Kampas kopling yang mulai menipis

Saat kampas kopling mulai menipis, cengkraman kampas pada flywheel akan melemah. Akibatnya bisa terjadi selip. Kondisi ini akan membuat tarikan mobil terasa semakin berat. Bukan hanya tarikan gas mobil yang terasa berat, tapi mobil akan terasa bergetar saat dikendarai. 

Solusinya, kamu bisa mengganti kopling dengan yang baru. Ingat, penggantian ini tidak boleh terlambat. Kopling yang tipis bisa merusak flywheel dan pressure. Kerusakan berbagai komponen ini mahal akan membuat kamu perlu mengeluarkan dana yang lebih besar lagi.

Cengkraman rem yang terlalu kuat

Cengkraman rem yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan tarikan semakin berat, bahkan saat kamu belum menginjak pedal rem. Alasannya, karena penyetelan yang dilakukan terlalu ketat. Semakin ketat roda mobil, semakin berat pula mobil yang akan digerakkan. Sehingga, mesin harus bekerja secara lebih ekstra. Dengan tarikan yang seperti ini, tidak heran kalau tarikan gas mobil akan semakin berat dan susah bergerak.

Untuk mengatasi masalah ini maka rem harus dicek dan disetel ulang. Namun harus diperhatikan penyetelan ini agar tidak menyebabkan masalah rem blong.

Turbo vane macet

Turbo vane memiliki peran yang sangat penting pada kendaraan yang menggunakan mesin diesel. Kendaraan mesin diesel membuat mesin turbo memiliki peran yang sangat pending. Turbo vane berfungsi sebagai pengatur kekuatan boosting turbo. Apabila terjadi masalah pada mesin ini, aliran udara yang seharusnya melewati mesin akan tertutup. Dengan alur yang macet dan tidak bekerja secara maksimal, mesin akan menjadi berat.

Sistem transmisi yang tidak maksimal

Sistem transmisi yang bermasalah akan menyebabkan tarikan gas mobil menjadi lebih sulit digerakkan dan berat. Untuk mesin berjenis matic, apabila salah satu platnya terhimpit, proses pemindahan gigi akan lebih sulit karena terhambat. Jadi saat gas diinjak, meskipun sudah diinjak penuh, mesin hanya bisa bersuara tanpa terjadi apa-apa. Akhirnya, tenaga akan tertahan dan mesin menjadi berat, atau tidak bergerak sama sekali.

Supaya hal ini tidak terjadi, kamu perlu sering-sering mengganti oli transmisi, supaya seluruh komponen mesin dilumasi dengan baik dan menyeluruh.

Itulah lima penyebab tarikan gas mobil berat. Beberapa hal di atas juga bisa kamu terapkan satu per satu, supaya tarikan mobil kembali normal. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan mobil dengan baik. Semakin mudah mesin mobil bergerak, makin menyenangkan pula berkendara dengan mobil kesayangan kamu. Selalu ingat, tetap perhatikan perawatan mobil kamu. Mulai dari ganti oli dan lain sebagainya, supaya mobil terhindar dari berbagai masalah yang bisa menyebabkan kerusakan.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *