Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

7 Penyebab Tarikan Innova Berat Dan Cara Mengatasinya

penyebab tarikan innova berat

Ada beberapa penyebab tarikan Innova berat sehingga akselerasi tidak responsif. Bila begitu, Innova tidak mencapai performa maksimal. Faktor-faktor penyebab tersebut ada yang mudah ditangani dan ada yang butuh penanganan mekanik profesional. Oleh sebab itu, sebai pemilik, Anda wajib tahu apa saja penyebab tarikan berat pada Innova. Sehingga Anda bisa melakukan deteksi dan analisis awal.

Permasalahan Innova mengenai tarikan lumrah dijumpai. Apabila Anda mengalami hal yang sama, Anda tidak perlu kawatir. Berikut ini adalah daftar komponen yang bisa menjadi penyebab tarikan Innova berat:

Penyebab tarikan Innova berat wajib Anda ketahui

  1. Oli

Pada beberapa kasus tarikan Innova berat, penyebabnya adalah ketidaksesuaian kekentalan oli dengan spesifikasi mesin. Mesin Innova sudah menggunakan teknologi HLA (Hydraulic Lash Adjuster).

Karena itu, kekentalan oli mesin yang dipakai sebaiknya adalah SAE 10W-40SM. Oli tersebut bisa digunakan untuk Innova matic maupun manual. Sedangkan untuk gardan, oli yang digunakan sebaiknya memiliki kekentalan SAE 80W-90 GL-5 untuk Innova transmisi manual. Sedangkan untuk Innova transmisi matic, gunakan oli berjenis TP4 atau ATF Multi.

  1. Bensin

Bensin untuk Innova sebaiknya memakai bensin beroktan tinggi. Sebab bensin ber-oktan rendah memberi efek buruk pada kinerja mesin Innova. Selain itu, komponen filter bensin sebaiknya dicek secara rutin. Minimal lakukan pengecekan bila jarak tempuh mencapai 20.000 km atau kelipatannya. Sebaiknya lakukan penggantian filter bensin setiap melakukan perawatan. Sebab kinerja ruang bakar mesin jadi lebih baik saat memakai komponen filter baru.

  1. Filter udara

Filter udara yang bermasalah membuat kinerja ruang bakar jadi ikut bermasalah. Lakukan perawatan secara rutin pada filter udara.  Bahkan beberapa mekanik menyarankan mengganti filter udara bawaan pabrik dengan filter udara berbahan katun berjenis high flow. Dengan begitu, ruang bakar mendapat pasokan udara lebih teratur dan terjaga.

  1. Kampas kopling

Kampas kopling adalah salah satu komponen yang wajib dicurigai sebagai penyebab tarikan Innova berat. Penyebabnya adalah kondisi kampas kopling yang sudah tipis sehingga tidak bisa menjalankan kinerjanya dengan maksimal.

Saat tipis, cengkeraman pada flywheel jadi lemah. Hal ini membuat selip. Jika mobil sudah mengalami selip, maka mobil akan mengalami akselerasi yang berat.

Solusi dari masalah kampas kopling adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Saat permasalahan kampas kopling terus terjadi dan tidak diganti, maka flywheel dan pressure plat akan tertular.

  1. Rem

Setelan rem biasanya juga bisa membuat tarikan Innova jadi berat. Alasannya karena setelan rem terlalu ketat. Sehingga menahan laju mobil. Kasus ini biasanya terjadi pada rem tromol.

Saat masalah rem terjadi, satu-satunya solusi adalah melakukan penyetelan ulang rem Innova Anda. Untuk itu, percayakan penyetelan rem ini pada mekanik dan bengkel kepercayaan Anda.

  1. Turbo vane

Turbo pada Innova memiliki fungsi dasar sebagai pendorong kekuatan Innova. Karena perannya memberi efek langsung pada torsi dan power mesin Innova, maka sebaiknya Anda segera ke bengkel spesialis turbo. Sebab bila komponen turbo bermasalah, maka kinerja mobil akan terasa jauh berbeda.

  1. Sistem transmisi

Transmisi Innova tentu saja terbagi jadi dua jenis, yaitu matic dan manual. Saat transmisi mengalami penurunan performa, maka kinerja mesin juga jadi bermasalah. Sehingga tarikan Innova berat.

Baca Juga : Ciri-ciri Mesin Mobil Ngelitik

Mengatasi masalah transmisi, Anda harus berkonsultasi dengan mekanik dan bengkel kepercayaan. Sebab masalah transmisi membutuhkan penanganan mekanik profesional.

Itulah tujuh penyebab tarikan Innova berat yang bisa saja Anda alami kapan saja. Beberapa masalah, mudah ditangani di rumah sendiri, sedangkan beberapa masalah lain mesti mendapat perhatian khusus dari mekanik profesional. Karena itu, jangan segan melakukan konsultasi dengan mekanik dan bengkel kepercayaan Anda demi terawatnya Innova kesayangan.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *