Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil Masalah dan Solusi Mobil

7 Penyebab Tarikan Mobil Tersendat & Tips Mengatasi

Penyebab tarikan mobil tersendat

Ada banyak hal yang menjadi penyebab tarikan mobil tersendat, bisa karena bahan bakar yang dipakai oktan terendah sampai injeksi. Oleh karena beberapa factor ini perlu untuk diketahui dan diatasi. Jika tidak maka akan merembet sampai ke mesin dan membuat mobil anda harus overhaul mesin. Berikut rangkuman yang saya berikan mengenai penyebab tarikan mobil tersendat beserta tips mengatasi agar mobil tidak tersendat. Selamat menyimak.

Penyebab Tarikan Mobil Tersendat & Tips Mengatasi

  1. Bahan Bakar Tidak Sesuai Standar Rekomendasi

Penyebab tarikan mobil tersendat yang pertama bisa saja bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan yang direkomendasikan. Hal inilah yang akhirnya menimbulkan masalah terutama pada injeksi mesin mobil. Pada umumnya mesin injeksi memiliki perbandingan kompresi yang cukup tinggi dan lebih dari 10:1. Semakin tinggi kompresi nilai oktan, maka bahan bakar yang dibutuhkan semakin tinggi. Oleh sebab itu solusinya adalah menaikkan oktan bahan bakar minimal 91 ke atas.

  1. Sistem Injeksi masuk angin

Penyebab tarikan mobil tersendat kedua adalah sistem injeksi mengalami masuk angin. Maksudnya sistem injeksi bahan bakar bertugas untuk menyuplai tekanan bahan bakar ke ruang mesin, jika terdapat gelembung udara pada sistem bahan bakar maka akan mengganggu pembakaran. Akibatnya tekanan bahan bakar menjadi tidak stabil dan darisinilah yang akan membuat bahan bakar tersendat saat di gas. Hal itu bisa terjadi ketika mobil sudah kehabisan bahan bakar atau pada saat mengganti filter bensin. Maka solusinya adalah lakukan pembersihan injector dengan cara disiram bensin di lap dan disemprot menggunakan kompresor dengan tekanan angin sedang agar kotoran pada injector lepas.

  1. Ada Kerusakan di Salah Satu Sensor

Penyebab tarikan mobil tersendat ketiga adalah rusaknya salah satu sensor. Di struktur mesin injeksi, ada sensor bisa mengatur jalannya suplai udara dan bahan bakar. Jika salah satu sensor tersebut mengalami kerusakan, maka data yang dikirimkan ke komputer (ECU) tidak berjalan akurat. Inilah yang mengakibatkan suplai bahan bakar menjadi tidak stabil sehingga membuat mesin mengalami tersendat. Jika sudah begitu maka solusinya yaitu melakukan pengecekan dan remap (pengesetan ulang) di bengkel resmi atau bengkel yang anda percaya.

  1. Filter Bahan Bakar dan Throttle Body Kotor

Keberadaan filter dalam komponen mesin bertugas sebagai penyaring kotoran yang masuk ke dalam ruang bakar. Jika filter ini kotor maka akan banyak kotoran yang menumpuk dan membuat aliran bahan bakar terhambat. Hal inilah yang membuat akselerasi tidak lancar dan mobil akan sering tersendat saat di gas. Selain itu, penyebab tarikan mobil tersendat bisa diakibatkan karena throttle body kotor, terutama bagi mobil yang menggunakan sistem drive by wire dengan sensor accelerator pedal position (APP). Dimana cara kerja sistem ini akan mengirimkan data pembukaan gas dan memberikan informasi untuk katub lebih terbuka. Masalah yang sering timbul adalah penumpukan di area sekitar katup gas sehingga gas bisa tersendat atau putus-putus. Maka solusinya anda bisa mengganti filter bahan bakar jika dirasa sudah kotor.

  1. Busi Tidak Standar

Penggunaan busi yang tidak sesuai dengan standar juga menjadi penyebab tarikan mobil tersendat. Sebagai petugas yang bertugas memercikan api busi sangat mempengaruhi performa mesin, apalagi jika api terlalu kecil maka mesin akan tersendat. Maka dari itu salah satu alternative yang bisa anda lakukan adalah mengganti busi secara berkala. Jika performa busi menurun untuk mesin injeksi anda wajib menggunakan busi resistor dan gunakan busi standar rekomendasi pabrikan.

  1. Kurangnya Pasokan Bahan Bakar

Ketika bahan bakar mobil anda akan habis, tarikan mesin menjadi tidak maksimal. Akibatnya kendaraan akan berjalan tersendat. Oleh sebab itu, anda perlu mengatasi masalah ini dengan cara mengisi bahan bakar kendaraan anda. Serta memperhatikan indikator bahan bakar jika sudah akan mencapai titik atau jarum E atau Empty segeralah mencari SPBU terdekat untuk mengisi bahan bakar. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan terbesar filter bahan bakar menyedot kotoran timbal, sulfur dan bahan lain yang sering mengendap pada bagian bawah tangki mobil. Solusi lainnya, sering-seringlah untuk melakukan kuras tangki bahan bakar. Hal ini direkomendasikan terutama bagi mobil yang memiliki tahun lebih tua 10 tahun, agar tangki tidak berkarat dan tangki menjadi bersih bebas dari kerak yang menumpuk pada badan tangki.

  1. Adanya Gangguan Pada Radiator

Mesin mobil yang terlalu panas bisa menjadi penyebab tarikan mobil tersendat. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada radiator seperti air radiator habis. Habisnya air radiator bisa menyebabkan selang bypass mudah sobek sehingga terdapat kebocoran pada radiator. Solusinya adalah dengan mengganti selang bypass dan memastikan air radiator selalu terisi setiap akan berjalan. Pastikan juga jika terdapat kebocoran pada radiator untuk dibenahi dulu antara ditambal atau diganti baru, sesuai dengan tingkat seberapa parah kebocorannya.

Baca Juga : Mobil Ngelitik di RPM Rendah

Penyebab tarikan mobil tersendat memang banyak macamnya ada yang membutuhkan perhatian besar bahkan sampai ekstra. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui segala sisi dari mesin mobil sampai kelistrikan. Stay tune ya di artikel selanjutnya.

Tags:

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *