Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil

Kupas Tuntas Penyebab Umum Mobil Terbakar, Cegah Segera

Kupas Tuntas Penyebab Umum Mobil Terbakar, Cegah Segera

Dunia otomotif sempat dihebohkan dengan kasus mobil Lamborghini Raffi Ahmad sempat terbakar di jalan raya Sentul, Bogor. Petugas bertindak cepat sehingga api tidak melahap keseluruhan body mobil.

Apa yang tersirat dibenak anda? Mobil Lamborghini menyentuh angka milyar bisa terbakar hebat. Mobil Lamborghini termasuk dalam jenis mobil hypercar. Beragam kelebihan tersemat dalam mobil ini, salah satunya didesain untuk bertenaga kencang dijalan yang lurus dan bagus. Kelemahannya yakni mesin tidak tahan banting dengan cuaca panas.

Pasti anda bertanya-tanya mengenai penyebab umum mobil terbakar? Cegah sebelum menimpa mobil anda. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini;

Benarkah Terbakar Karena Overheat ?

Menurut laporan awak media dan sumber berita lainnya bahwa penyebab terbakar karena overheat. Benarkan demikian?

Ketahui ini. Mobil produk Lamborghini memiliki 8 radiator untuk mendinginkan mesin. Jadi sangat tidak mungkin mesin menjadi panas. Berdasarkan spesfikasi mobil tersebut,  mesin tidak akan terbakar sebab overheat, justru yang terbakar ialah dipicu dari komponen peredam panas mesin seperti kabel, selang, dan sebagainya.

Tidak hanya Lamborghini, kasus mobil terbakar lainnya dapat menyerang hingga mobil jenis umum lainnya. Apa sih penyebab umum mobil terbakar

1. Mobil Berumur

Mobil yang sudah berumur sudah pasti part mesin mengalami pengikisan hingga kabel-kabel pun sudah menurun kualitasnya. Sebab sudah menurun maka kabel dapat mudah panas yang terhantar melalui suhu mesin. Akibatnya kabel terbakar hingga merembet ke peredam panas mesin lainnya hingga memicu kebakaran.

Solusinya yakni mengganti kabel set.

2. Kelistrikan

Pemicu utama mobil terbakar yakni dari masalah kelistrikan, bukan dari bahan bakar atau lainnya. Sebab dari kelistrikan dapat menimbulkan konsleting.

3. Aki Terpasang Kebalik

Selanjutnya, aki yang terpasang dalam kondisi terbalik dapat memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga : Ini Faktor Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor dan Rusak

4. Aksesories Mobil

Bagi penggila mofifikasi, aksesoris pada mobil menjadi hal yang wajib dilakukan semata agar mobil lebih terlihat keren. Aksesoris bisa saja dari penambahan lampu, part, audio, dan sebagainya.

Disarankan sebaiknya hitung dulu jumlah ampere yang tersedot oleh aki. Pastikan daya atau tenaga aki cukup untuk menampung komponen tersebut.

Memang solusi terbaik yakni dengan menambah daya aki, namun jika semakin bertambah maka dapat mengakibatkan meleleh hingga terbakar

Gejala Mobil Terbakar

Jika anda sudah menemukan gejala mobil akan terbakar, sebaiknya lakukan hal dibawah ini untuk mencegah kobaran api;

1. Timbul Bau Gosong Tidak Sedap

Gejala pertama yakni timbul bau gosong dari mesin dan sangat tidak sedap. Sebaiknya segeralah untuk menepi pada tempat yang aman. Setelahnya, buka kap mesin mobil anda untuk mengetahui sumber bau yang ditimbulkan. Cobalah untuk mengecek peredam mobil, bisa jadi part inilah yang sedang hangus terbakar.

2. Cabut Sumber Listrik

Selanjutnya, segera cabut aki mobil anda. Kendalanya pasti panas ketika disentuh namun itulah yang harus dilakukan, sebab komponen elektrikal yang bermasalah tidak bisa ditangani dengan air ataupun gas ceo, atupun foam. Percuma apapun yang anda lakukan akan menimbulkan kebakaran sampai daya listrik tersebut habis jika tidak mencabut segera kabel aki mobil.

Pencegahan yang Dapat Dilakukan

Problema yang melanda kaum perempuan yakni tidak mengerti komponen mobil. Jangan khawatir, cegah mobil terbakar dengan tips berikut ini;

1. Jangan Gunakan Daya Lebih

Maksudnya? Umumnya, pengguna sering menggunakan daya lebih dari satu, seperti colok charge hp, nyakan kipas, dll.

2. Jangan Pasang Aksesories Aneh-Aneh

Semakin banyak aksesories yang digunakan maka daya yang terserap oleh aki semakin banyak. Alhasil aki dapat jebol. Selain itu, pastikan anda memasang ditempat terpercaya sehingga dapat mencegah barang abal-abal karena sangat bahaya bagi mobil anda.

Masih belum paham? Tenang, tonton video selengkapanya dibawah ini

Sekian ulasan lengkap mengenai penyebab umum mobil terbakar. Semoga dengan hadirnya artikel ini dapat menambah wawasan pengguna mobil agar lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan mobil.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button