Posted by Intan Mobil Uncategorized

Cara Mudah dan Tepat Lakukan Perawatan Mobil Kia Carnaval

cara perawatan kia carnival

Baik mobil mahal sekalipun hingga mobil murah, tentu harus diimbangi dengan perawatan secara berkala agar tidak cepat rusak sebelum waktunya. Cara perawatan kia carnival tidak harus berkunjung ke bengkel, namun anda dapat melakukannya sendiri dirumah atau manapun. Konsistensi dan kepekaan terhadap segala jenis gejala yang timbul merupakan langkah selektif serta bijak agar mobil tetap awet dari kerusakan.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Sendiri Mobil Kia  Carnaval

Merawat mobil tidak hanya dengan mengisi oli saja, namun ternyata banyak komponen lain yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Simak selengkapnya cara perawatan kia carnival dibawah ini;

1. Cek Ban serta Tekanan Udara

Pertama, anda dapat cek ban apakah masih dalam keadaan baik atau sudah halus. Jika sudah halus atau botak, sebaiknya segera ganti ban dengan yang baru. Ban halus sangat beresiko, selain mudah bocor saat terkena benda tajam, juga menjadi licin saat mengerem dimusim hujan. Bahaya bukan?

Jangan malas untuk mengganti ban bila tidak ingin terjadi sesuatu pada mobil anda. Masa iya mau minta tolong orang pasang ban serep?

Untuk memeriksa tekanan udara, anda dapat menendang ban mobil dengan kaki. Bila bunyi yang dihasilkan keras dan pantulannya kuat, maka bisa dikatakan tekanan ban terlalu tinggi. Namun jika malah sebaliknya, ban sedang kurang angin.

2. Oli Mesin

Umumnya, sebagian pengguna mobil berpedoman mengganti oli mobil ketika memasuki jarak tempuh 10.000 km. Tak jarang ganti oli jadi molor sebab rutinitas kesibukkan yang semakin pada hingga melewatkan jadwal ganti oli.

Cara mudah mengecek oli sangatlah mudah. Ketika mesin sedang menyala, perhatikan lampu indikator pada dashboard mobil. Bila mati atau padam, maka oli mobil anda sedang sudah jelek atau kualitasnya menurun.

Baca Juga : Panduan Mudah Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar dan Aman

3. Cek Aki

Aki adalah komponen vital mobil utnuk menghantarkan energi agar mobil dapat bekerja. Lampu mobil tidak akan dapat menyala tanpa adanya aki. Pastikan aki mobil dalam keadaan baik.

Jika cairan aki berkurang, anda dapat menambah cairan. Namun, jika aki sudah dalam  keadaan prima tapi mobil tidak bekerja dengan maksimal, anda dapat menambahkan energi lainnya untuk menunjang daya aki tersebut. R project dapat menjadi solusi utama anda. Cukup tancapkan di kedua kutub lalu jalankan mesin. R project hanya bisa didapatkan di Dokter Mobil.

4. Cek Air Wiper

Sering disepelekan, namun air wiper ini sangat berperan penting bagi jarak pandang mobil anda. Fungsi utama air yang satu ini adalah untuk membersihkan permukaan kaca. Hal ini terasa jika mobil dalam keadaan kotor dan berdebu. Saat hendak dibersihkan namun air wiper sudah habis. Mau tidak mau anda harus turun tangan sendiri untuk menyemprotkan kaca.

Itulah ulasan terkait cara perawatan kia carnival. Semoga dapat membantu anda dalam perawatan mobil anda. Apapun jenis mobilnya, jangan malas untuk merawat mobil. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button