Posted by Aditya Dokter Mobil AC, Masalah dan Solusi Mobil

Cara Merawat AC Mobil Agar Tidak Mengeluarkan Bunyi Bising

AC mobil Avanza tidak dingin

pemilik kendaraan ini wajib tahu bagaimana cara merawat AC mobil. Sebab, munculnya bunyi bising disebabkan kurangnya perawatan pada komponen AC Mobil. Umumnya, bunyi bising pada komponen AC mobil disebabkan karena kerusakan pada bagian tertentu hingga banyaknya debu dan kotoran pada filter AC mobil dan evaporator.

Apabila komponen AC mobil tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka dapat dipastikan jika komponen pendingin akan mengalami kerusakan. Mulai dari AC mobil tidak dingin, AC mobil tidak mengeluarkan suhu dingin, hingga munculnya suara-suara bising yang dapat mengganggu kenyamanan selama berkendara. Oleh sebab itu, ketahui bagaimana cara merawat komponen pendingin dengan benar dan tepat.

Daftar Perawatan AC Mobil Agar Tidak Menimbulkan Suara Bising

mobil tiba-tiba mati saat dipanaskan

Merawat AC mobil ini cukup mudah. Hanya saja, Anda wajib mengetahui cara-cara merawat komponen AC mobil agar tidak rusak dan tetap berfungsi secara normal. Oleh sebab itu, ini dia cara merawat AC mobil agar komponen tidak menimbulkan suara-suara bising. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Membersihkan Kabin Mobil

Setiap pemilik kendaraan roda empat wajib memberikan perawatan pada komponen AC Mobil. Tujuannya agar tidak ada debu dan kotoran yang menyebabkan mobil tidak tercium bau busuk. Anda dapat menggunakan layanan fogging atau ozone treatment agar mobil tetap bersih dan terbebas dari virus, bakteri, dan kuman yang ada di dalam mobil.

Membersihkan Kondensor Secara Berkala

Salah satu faktor kerusakan pada komponen kondensor AC ini karena banyaknya debu dan kotoran. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan roda empat wajib membersihkan komponen kondensor secara berkala. Agar suhu AC mobil tetap normal dan Anda pun tetap nyaman ketika berkendara.

Membersihkan Filter AC Mobil

Apabila mobil Anda mengeluarkan suara bising, maka dapat disebabkan oleh kotornya filter AC mobil. Debu dan kotoran yang terlalu menumpuk dapat menyebabkan munculnya bunyi di bagian AC mobil. Oleh sebab itu, Anda wajib membersihkan filter AC mobil secara berkala.

Mengganti Oli Kompresor AC Mobil

Oli kompresor berguna untuk mencegah kerusakan pada komponen AC Mobil. Sebab, kurangnya oli kompresor menyebabkan keausan dan karatan pada beberapa bagian. Apabila oli kompresor kurang, maka dapat menyebabkan beberapa komponen mengalami kerusakan.

Salah satunya adalah komponen magnetic clutch. Magnetic clutch ini  bisa saja mengalami kerusakan karena berbagai faktor, yang salah satunya karena kadar oli kompresor berkurang. Sehingga, kerusakan tersebut menyebabkan munculnya suara-suara bising yang keluar dari blower AC mobil. Maka dari itu, Anda wajib tahu cara merawat AC mobil agar suara bising dapat diminimalisir.

Tips Merawat AC Mobil Secara Mandiri Dirumah

Ada beberapa tips  perawatan pada komponen AC Mobil untuk pemilik kendaraan sebelum merawat komponen AC mobil. Salah satunya adalah menggunakan air bersih ketika membersihkan beberapa komponen pendingin mobil Anda. Sebab, penggunaan air bersih ini dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada komponen AC mobil.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan komponen-komponen mobil. Sebab, menggunakan sabun untuk mandi dipercaya dapat merusakan komponen pendingin, seperti saringan filter AC mobil. Untuk mencegah kerusakan saat merawat AC mobil, maka percayakan pada bengkel spesialis AC mobil.

baca juga : Rekomendasi Bengkel Mobil Surabaya Terbaik dan Terpercaya

Pentingnya Mempercayakan Bengkel Spesialis untuk Memberikan Treatment AC Mobil

Salah satu layanan yang disediakan oleh bengkel spesialis  perawatan pada komponen AC Mobil adalah membersihkan atau cuci komponen AC mobil. Memang, Anda disarankan untuk mempercayakan pada bengkel spesialis AC mobil untuk membersihkan komponen pendingin.

Sebab, bengkel spesialis dibekali dengan peralatan canggih untuk membersihkan komponen pendingin. Sehingga, kerusakan pada komponen dapat diminimalisir. Di Indonesia, memang banyak beberapa bengkel mobil yang menyediakan layanan cuci, perawatan, serta service komponen AC mobil. Salah satu bengkel spesialis AC mobil terbaik dan terpercaya adalah Dokter Mobil.

Sebab, tim Dokter Mobil tahu bagaimana cara merawat AC mobil untuk semua merk dan tipe. Maka tak heran jika banyak konsumen memilih Dokter Mobil untuk melakukan service dan pengecekan komponen yang bermasalah. Oleh sebab itu, bagi anda yang membutuhkan rekomendasi bengkel yang tahu bagaimana cara merawat AC mobil, maka segera hubungi Dokter mobil cabang terdekat di kota Anda.

 

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *