fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Tips Mudik 2019

Tips dan Persiapan Mudik Lebaran 2019 Jika Membawa Mobil Pribadi

Berikut ini adalah beberapa persiapan mudik lebaran 2019 yang diperlukan jika anda membawa mobil sendiri. Wajib dibaca untuk perjalanan yang aman.

Hari yang fitri hampir tiba. Bagi anda yang hendak membawa mobil untuk mudik, beberapa hal ini perlu diperhatikan. Dengan demikian perjalanan akan lebih tenang, aman, dan nyaman. Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan tersebut?

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Persiapan Mudik Lebaran 2019 

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar perjalanan anda lebih aman, nyaman, dan tenang. Tidak ada beban pikiran. Adapun beberapa hal yang perlu menjadi perhatian antara lain adalah:

  1. List Semua Barang yang Perlu Dibawa

    Di kampung halaman tentunya tidak hanya 1-2 hari saja. Oleh sebab itu, tentu banyak barang yang perlu anda bawa. Baik itu oleh-oleh, maupun pakaian selama menginap di kampung halaman.

    Nah, semua barang tersebut perlu dipilah menjadi 2. Yaitu barang yang perlu ada selama di perjalanan. Dan barang yang tidak dibutuhkan selama perjalanan, namun dibutuhkan di kampung halaman. Mengapa harus dipisahkan? Silahkan check bagian kedua.

  2. Ringankan Barang Bawaan Anda

    Jadikan Mobil Menjadi Lebih Nyaman Jika Sebagian Besar Barang Bawaan Dikirim Via Cargo

    Pastikan anda tidak terlalu membawa banyak barang bawaan. Selain menjadikan ruangan di dalam mobil menjadi terlalu sempit, dikawatirkan beban mobil menjadi penyebab tarikan mobil menjadi kurang.

    Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengirimkan terlebih dahulu barang bawaan ke kampung menggunakan jasa ekspedisi. Dengan cara ini, mobil hanya perlu membawa barang-barang yang diperlukan selama perjalanan. Contohnya obat-obatan, popok, dan makanan.

  3. Check Kondisi Mobil

    Mobil perlu melakukan perjalanan jauh. Oleh sebab itu, anda harus mencegah apapun hal yang bisa menyebabkan terganggunya perjalanan. Adapun hal yang dapat menggunggu tersebut antara lain mobil mogok, ban bocor, rem blong, kehabisan bensin, dan mobil yang tidak nyaman untuk dikendarai.

    Solusi untuk masalah ini sebenarnya cukup simple. Silahkan ke bengkel untuk diberikan pengecheckan menyeluruh terhadap kondisi mobil. Lalu lakukan tune up mobil. Jika ditemukan masalah pada mobil, segera lakukan perawatan, perbaikan, maupun penggantian part.

  4. Check Skema Rekayasa Lalu Lintas

    Dengan mengetahui skema rekayasa lalu lintas anda bisa memprediksi penumpukan kendaraan di jalur tertentu

    Anda perlu mengecheck jalur-jalur alternatif untuk mudik. Namun skema rekayasa lalu lintas akan seperti apa, itu juga hal yang sangat penting. Karena jalur alternatif jika dikenakan rekayasa lalu lintas bisa sangat padat. Dan macetnya bisa lebih parah.

    Dengan mengetahui skema rekayasa lalu lintas anda bisa memprediksi penumpukan kendaraan di jalur tertentu

    Untuk memahami skema rekayasa lalu lintas ini, anda bisa melakukan diskusi dengan teman-teman yang berada di forum/grup-grup touring, maupun komunitas mobil lainnya.

  5. Siapkan Uang Receh

    Dalam perjalanan mudik, uang receh akan sangat penting untuk memastikan anda nyaman ketika berada di persimpangan jalan, ataupun ketika macet. Terutama jika di jalan ada pengamen yang terkadang suka memaksa agar diberikan uang. Ya setidaknya dapat mencegah hal tidak diinginkan terjadi pada mobil kesayangan anda.

  6. Siapkan Nomor Kontak yang Bisa Menolong Anda

    Siap jika terjadi hal tidak diinginkan adalah persiapan mudik lebaran 2019 yang paling baik. Adapun hal terbaik tersebut antara lain adalah mengumpulkan nomor kontak pos polisi terdekat, kontak derek di daerah yang anda lalui, dan kontak kerabat/sanak-saudara di sekitar jalur yang anda lalui.

    Jangan lupa juga untuk menyimpan kontak bengkel-bengkel mobil yang menyediakan jasa teknisi panggilan di jalur mudik. Dengan demikian, walaupun masalah mogok di tengah jalan terjadi, anda sudah siap dan tidak kebingungan dalam mencari teknisi yang handal dalam hal ini.

  7. Jadikan Kondisi Mobil Jadi Lebih Nyaman

    Mobil anda mungkin sudah diberikan pengecheckan menyeluruh. Namun sebenarnya anda bisa menjadikannya lebih nyaman untuk dikendarai.

    Beberapa upgrade yang bisa dilakukan antara lain adalah menjadikan AC mobil lebih dingin dan segar. Selain itu, anda bisa meningkatkan tenaga mobil dengan melakukan remap maupun Piggyback Pro.

Dengan melakukan semua persiapan tersebut, perjalanan anda tentunya akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Namun tentunya semua itu akan bisa didapatkan jika anda melakukan perjalanan dengan hati-hati, serta segera beristirahat jika sudah lelah ketika berkendara. Dan jangan lupa untuk senantiasa berdoa agar perjalanan mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

Demikianlah tips mudik ini. Semoga menjadi informasi yang lengkap dan jelas mengenai persiapan mudik lebaran 2019 tahun ini. Senang jika bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *