Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Persyaratan Wajib Agar Mobil Layak Jalan Ketika NEW NORMAL

Persyaratan Wajib Agar Mobil Layak Jalan Ketika NEW NORMAL

Sudah gak sabar keluar dan beraktivitas seperti biasa? Pemerintah berencana melonggarkan PSBB dengan aturan baru yang disebut NEW NORMAL. Walaupun jauh lebih longgar, tapi tetap ada protokol kesehatan ketat yang wajib dilakukan.

Uniknya, NEW NORMAL ini bisa berlaku juga untuk mobil loh. Ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan pada mobil agar layak dikendarai saat NEW NORMAL berlaku. Apa saja hal tersebut?

Mr Lung-Lung selaku owner dari Dokter Mobil akan memberikan detailnya, semoga bermanfaat ya.

1. Pemeriksaan Sebelum Mesin Dinyalakan

Pengecekan awal tentu pada tekanan angin ban. Jangan sampai kurang karena membahayakan saat dipakai termasuk memeriksa kondisi ban serep. Pastikan pula tidak ada penghalang di kolong mobil yang bisa mengganggu seperti ganjal ban, tetesan oli, atau binatang seperti kucing tidur, termasuk potensi ada binatang di kolong spatbor dan ruang mesin lantaran mobil tidak pernah dijalankan.

Buka kap mesin dan periksa ketinggian oli mesin lewat dipstick. Pastikan ketinggian oli mesin berada di antara high dan low. Perhatikan pula warna dari oli mesin, bila warnanya berubah seperti kopi susu, segera ganti karena ada risiko terkontaminasi air. Walaupun mobil tidak dipakai, harus tetap mengganti oli mesin sesuai waktu yang ditentukan oleh buku pedoman service.

Lakukan pula pengecekan pada cairan lain, seperti air radiator, washer wiper, minyak rem, dan air aki. Periksa kondisi terminal aki, sambungan, dan jalur kabel karena ada risiko digigit tikus saat dibiarkan di dalam garasi, lanjut kekencangan fan belt untuk menjamin semua dapat beroperasi dengan baik saat dipakai.

Yang paling penting adalah pastikan tidak ada bangkai hewan di dalam mobil. Apalagi jika bangkai tersebut meninggalkan bau. Mobil yang jorok, bau, dan membawa penyakit berpotensi bisa mendapatkan teguran, denda, bahkan pidana saat NEW NORMAL berlaku.

2. Pemeriksaan Setelah Mesin Dinyalakan

Sebelum mesin dinyalakan, coba nyalakan klakson dan mainkan lampu luar mobil. Jika mati, berarti ada masalah di sistem kelistrikan dan harus diperiksa lebih jauh sebelum mesin dinyalakan. Putar kunci kontak ke ON dan lihat apakah ada lampu indikator yang mati.

Kalau aman, nyalakan mesin mobil dan biarkan beberapa saat supaya oli mesin bersirkulasi dengan baik yang ditandai oleh putaran mesin lebih stabil. Perhatikan seksama, apakah ada suara aneh timbul? Segera periksa sumbernya jika ada. Perhatikan kembali lampu indikator di balik kemudi, apakah ada yang abnormal seperti mati atau berkedip-kedip?

Jika tidak, coba fungsikan fitur-fitur mobil seperti lampu, audio, dan AC secara bersamaan untuk memastikan tidak ada masalah di sistem kelistrikan. Termasuk pula mainkan tombol power window di seluruh kaca, lampu sein, dan wiper depan-belakang untuk memastikan seluruhnya berfungsi normal. Domolover tentu tidak mau kan saat hujan turun dan ternyata wiper mati?

Nah, di NEW NORMAL tentu ada kewajiban untuk kita memberikan rasa aman kepada penumpang. Entah itu kolega kantor, teman, ataupun keluarga. Oleh sebab itu, ceklah kondisi AC mobil apakah berbau tidak sedap. Saat NEW NORMAL berlaku, setiap bau-bauan yang mengganggu dapat dicurigai sebagai sumber penyakit loh. Walaupun memang COVID19 kecil kemungkinan menyebar lewat AC mobil, tapi tentu sebaiknya jangan sampai ada yang curiga dengan kesehatan di dalam mobil kita.

3. Pemeriksaan Berkendara

Sebelum dibawa jalan, cobalah mainkan pedal gas. Apakah terdeteksi suara mesin aneh seperti tersendat-sendat atau putaran mesin tidak stabil ketika idle? Pantau pula indikator untuk berjaga-jaga andai tiba-tiba ada lampu yang nyala. Masukkan gigi ke D untuk transmisi otomatis atau gigi 1 untuk transmisi manual, dan rasakan apakah ada masalah saat proses dijalankan.

Maju perlahan dan injak rem sedikit untuk memastikannya bekerja dengan baik. Setelah yakin aman, baru ajak mobil berjalan keliling lingkungan rumah sembari memperhatikan bila ada gejala masalah. Jalankan mobil dalam kecepatan normal, dan pastikan seluruh perangkat bekerja dengan baik, seperti rem dan setir.

Periksa indikator bahan bakar dan segera isi ke SPBU kalau kurang dari setengah untuk mengurangi risiko tangki bensin terkontaminasi uap air.

Ada kemungkinan besar bahwa petugas akan lebih sering melakukan pemeriksaan pada mobil-mobil yang performanya kurang baik/bermasalah. Karena mobil yang bermasalah namun tetap dipaksakan dibawa jalan dicurigai dibawa oleh orang yang kurang peduli, termasuk kurang peduli pada masalah Covid19 ini. Oleh sebab itu, ada baiknya menghindari kemungkinan dicegat karena dianggap membawa mobil tidak layak jalan dan segera melakukan perawatan atau service mobil.

4. Protokol Kesehatan New Normal

Penerapan new normal menuntut pelaksanaan protokol kesehatan ketat, termasuk bagi anda yang mengendarai mobil. Seperti kewajiban menggunakan masker untuk pengemudi dan penumpang serta jumlah penumpang yang hanya boleh 50 persen dari kapasitas normal.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan yang wajib dipatuhi, beberapa di antaranya adalah:

Siapkan masker di laci dasbor sebagai cadangan dan hand sanitizer di panel pintu untuk dipakai membersihkan tangan saat masuk dan keluar mobil. Sediakan produk interior cleaner dan exterior cleaner untuk membersihkan bagian mobil yang sering dipegang seperti hendel pintu, tutup tangki bensin, dan area kokpit seperti setir, tuas transmisi, dan rem parkir.

Pastikan untuk menyediakan masker dan hand sanitizer di dalam mobil untuk memastikan mobil sudah sesuai dengan protokol keamanan COVID19. Lagipula harga masker dan hand sanitizer sudah sangat terjangkau saat ini.

5. Manfaatkan Layanan Desinfeksi dan Perawatan Mobil dari Dokter Mobil

Nah, agar yakin di dalam mobil tidak ada kuman, bakteris, jamur, ataupun virus, maka sangat disarankan untuk melakukan perawatan desinfeksi mobil terlebih dahulu.

Dokter Mobil menyedikan layanan fogging mobil, penyemprotan desinfektan dan sanitizer, serta cuci AC mobil untuk memastikan udara dan permukaan barang di dalam mobil lebih bersih dan sehat.

Bukan hanya itu, Dokter Mobil juga menyediakan perawatan dan service mobil untuk memastikan mobil anda 100% layak melalui NEW NORMAL ini. Wah keren ya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *