Posted by Intan Mobil Upgrade Performance

Manfaat Purging Mobil Diesel dan Cara Melakukannya Sendiri

purging mobil diesel

Merawat kendaraan bermesin diesel cukup sederhana. Satu di antaranya adalah dengan melakukan purging mobil diesel secara berkala. Cara ini praktis dan mudah dalam membersihkan saluran pembakaran tanpa harus membongkar alat atau komponen yang ada.

Seberapa praktis? Sangat praktis hingga anda sendiripun bisa melakukannya. Nah, di kesempatan kali ini Dokter Mobil akan membagikan rahasia ini kepada Domolover semuanya.

Memahami Purging pada Mobil Diesel

Bagi anda yang masih asing dengan kata Purging, Dokter Mobil akan memberikan sekelumit pengertian tentang purging ini. Purging adalah suatu cara yang praktis untuk membersihkan injector / nosel / komponen di pompa injeksi atau jalur bahan bakar tanpa kita harus membongkar alat-alat tersebut.

Purging adalah suatu cara yang praktis untuk membersihkan injector / nosel / komponen di pompa injeksi atau jalur bahan bakar tanpa kita harus membongkar alat-alat tersebut.

Sistem dari Purging adalah sirkulasi tertutup (closed loop fluid circulation). Artinya, semua proses purging baik aliran masuk dan keluar dari pompa injeksi berhulu dan bermuara dibotol tempat purging. Disini mesin berjalan hanya mengunakan obat dari purging tersebut dengan cara kita membypass bahan bakar dari tangkinya.

Apa bedanya purging dengan tune UP? Dalam proses tune UP ada banyak hal yang dilakukan. Salah satu hal yang dikerjakan saat tune UP adalah purging.

Kapan Harus Melakukan Purging?

Sebaiknya purging dilakukan secara rutin setiap 20,000 KM. Boleh juga setiap 10,000 KM jika menggunakan solar subsidi pada kendaraan common rail seperti Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner, Chevrolet Captiva, Mitsubishi Pajero Sport, Renault Duster dan lain sebagainya.

Karena proses purging biasanya sepaket dengan tune UP, maka ada baiknya lakukan purging bersamaan dengan tune UP. Dengan demikian, anda tidak melakukan hal yang sama dua kali.

Jika anda datang ke bengkel dengan pengerjaan tune UP yang sangat bersih, anda cukup melakukan tune UP 1 tahun sekali. Dengan demikian, proses purging mobil diesel juga cukup dilakukan 1 tahun sekali.

Cairan Purging Mobil Diesel dan Proses Pengerjaannya

Manfaat Melakukan Purging

Dengan melakukan purging pada mobil diesel, tentu dapat meminimalkan resiko injektor tersumbat atau rusak dikarenakan jalur bahan bakar sudah kotor.

Sebagai gambaran, harga injektor common rail rata-rata Rp 3 juta belum termasuk ongkos pasang. Bayangkan jika 4 buah injektor rusak, tentunya akan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Ya, lebih baik mencegah daripada harus service.

Manfaat Purging Resiko Tanpa Purging
Sistem pembakaran tetap sempurna Tersumbatnya injektor mobil
Part-part mobil tetap awet Rusaknya injektor mobil
Performa dan tenaga mobil tetap optimal Tenaga mobil jadi berkurang
Konsumsi BBM jadi tetap optimal Konsumsi BBM jadi lebih boros
Mobil jadi lebih nyaman ketika dikendarai Munculnyaa gejala brebet atau ndut-ndutan

Banyak kasus kendala pada mobil diesel terjadi karena perawatan yang kurang baik. Misalnya tiba-tiba mesin diesel susah hidup atau tiba-tiba mogok. Jadi kapan anda terakhir kali melakukan perawatan mobil? Tidak memiliki waktu ke bengkel mobil? Purging bisa dilakukan sendiri loh. Bagaimana caranya?

Cara Melakukan Purging Mobil Diesel

Sebelum anda memutuskan untuk ke bengkel, ada cara mudah untuk melakukan purging mobil diesel dirumah. Cukup luangkan waktu kisaran 30 menit, maka mobil anda sudah performa kembali. Mau tau apa saja? Simak urutannya dibawah ini;

Sediakan 1 kaleng Diesel Purge kemasan 500mL dan tang jepit. Pilih tang jepit karet. Jika lama tidak pernah purging, sediakan kaleng diesel purge ukuran 1 liter.
Dengan menggunakan tang, geser klem selang in dan return bahan bakar ke bagian tengah selang. Selang in mengarah ke rumah filter solar.
Selang return mengarah ke tangki bahan bakar.
Masukkan selang in dan selang retun ke dalam botol diesel purge. Pastikan selang masuk ke dasar botol sehingga seluruh cairan bisa habis disedot.
Hidupkan mesin, naikkan putaran mesin hingga 2000 RPM. Menyalakan mesin dalam kondisi idling juga tidak terlalu masalah.
Lakukan proses purging sampai cairan di kaleng sampai tersisa 1/4 nya saja. Sisa cairan bisa dituang ke dalam tangki bahan bakar. Melakukan purging sampai isi kaleng habis akan menyusahkan ketika proses bleeding.
 Lakukan proses bleeding (membuang angin di filter bahan bakar).  Proses pembuangan angin di filter bahan bakar harus dilakukan sampai proses starter mobil terasa sudah mudah dan mobil langsung hidup.
 Untuk mobil yang lokasi saringan solarnya sulit dijangkau, proses bleeding di filter solar bisa diabaikan. Sisa cairan diesel purge cukup langsung dituang saja ke dalam tangki bahan bakar.  Cara simple ini cocok untuk mobil seperti Chevrolet Captiva.

Walaupun proses purging sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri, namun sebaiknya pengerjaannya tetap dilakukan di bengkel mobil yang berkompeten. Mengapa? Karena ketika pengerjaan, mungkin saja ada hal-hal yang dibutuhkan oleh mobil. Biasanya hal tersebut hanya diketahui dan disadari oleh teknisi-teknisi profesional dan berpengalaman.

Untuk Domolover yang membutuhkan layanan purging mobil diesel maka Dokter Mobil siap membantu. Silahkan hubungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk mendapatkan layanan purging untuk memastikan performa mobil tetap optimal.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button