Posted by Mekanik Aditya Dokter Mobil radiator

Kenali Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya

radiator mobil bocor

Terkadang, pemilik kendaraan tidak mengetahui apa saja ciri dari radiator mobil bocor. Padahal, masalah tersebut dapat berakibat fatal. Salah resiko jika radiator mobil mengalami kebocoran adalah suhu mesin mobil yang terlalu panas.

Jika hal ini tidak segera di servis, maka mobil Anda akan mengalami turun mesin. Sebagai langkah pencegahan, maka kenali terlebih dahulu ciri-ciri dari masalah kebocoran pada komponen radiator.

Setelah itu, cari tahu penyebab dari masalah kebocoran tersebut. Lalu, lakukan langkah solutif yang dibutuhkan sesuai dengan penyebabnya. Namun, alangkah baiknya untuk membawa ke bengkel mobil terdekat agar masalah kebocoran pada radiator dapat ditangani oleh montir serta teknisi berpengalaman.

Ini Dia Ciri-Ciri Radiator Mobil Bocor

penyebab amper panas mobil naik

Memang, cukup mudah untuk mengenai adanya kebocoran pada komponen radiator mobil. Sebab, kebocoran tersebut meninggalkan bekas atau tanda tersendiri. Sehingga, pemilik yang mengerti tentang otomotif pasti tahu bagaimana cara mengenali ciri-ciri tersebut.

Akan tetapi, tidak semua pemilik kendaraan mengerti tentang dunia otomotif. Maka dari itu, ini dia ciri-ciri kerusakan pada komponen radiator yang wajib Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Suhu Mesin Meningkat Secara Tiba-Tiba

Ciri pertama adalah suhu mesin mobil meningkat secara tiba-tiba. Padahal, Anda baru saja mengendarai mobil. Hal ini disebabkan karena radiator tidak bekerja secara normal.

Bisa saja, ada kebocoran di beberapa bagian radiator. Akibatnya, radiator tidak dapat meredam suhu mesin mobil. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka mesin mobil akan mengalami overheating.

  1. Air Radiator Mudah Habis

Jika air radiator cepat habis, maka bisa jadi ada kebocoran pada komponen pendingin mesin mobil. Sebab, air radiator ini berfungsi untuk mereduksi suhu panas mobil Anda. Segera cek bagian radiator untuk memastikan apakah ada kebocoran pada komponen tersebut.

  1. Katup Radiator Berkarat

Munculnya karat tentu menjadi salah satu ciri radiator mobil bocor. Karat pada katup radiator menandakan bahwa suhu mesin tidak dapat dikontrol. Selain menimbulkan karat, suhu panas tersebut dapat menyebabkan aus di beberapa komponen mesin lainnya.

  1. Air Radiator Menetes ke Bawah Kap Mesin

Dan ciri yang terakhir adalah munculnya tetesan air radiator di bawah kap mesin. Hal ini tentu saja menandakan bahwa radiator mobil Anda mengalami kebocoran parah. Jika tidak ditangani segera, maka mesin mobil akan mengalami overheating hingga turun mesin.

Cara Mengatasi serta Menangani Masalah Radiator Mobil

Setelah mengetahui adanya ciri-ciri dari masalah kebocoran radiator mobil, maka segera lakukan langkah solutif agar masalah tersebut dapat ditangani segera. Cara pertama, segera cek bagian radiator yang mengalami kebocoran.

Anda wajib membongkar komponen radiator terlebih dahulu. Jika memungkinkan, gunakan lem besi dan oleskan pada bagian radiator yang mengalami kebocoran. Sebab, lem besi dirasa dapat menutup kebocoran radiator sementara.

Baca Juga : Penyebab Mobil Carry Susah Hidup

Apabila radiator mobil bocor disebabkan karena rusaknya selang penghubung, maka Anda bisa hanya perlu mengganti selang saja. Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian di bidang otomotif, maka segera bawa mobil yang mengalami kebocoran radiator ke bengkel terdekat.

Salah satu rekomendasi bengkel kendaraan roda empat terpercaya di Indonesia adalah Dokter Mobil. Jadi, segera ke cabang Dokter Mobil terdekat untuk servis radiator mobil yang mengalami kebocoran.

Dokter Mobil, Bengkel Spesialis Service Radiator Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda wajib memiliki bengkel mobil langganan. Dengan begitu, Anda bisa langsung membawa mobil ke bengkel langganan ketika mengalami masalah seperti bocornya radiator mobil. Salah satu rekomendasi bengkel spesialis servis radiator adalah Dokter Mobil.

Dokter Mobil menjadi salah satu spesialis service radiator mobil bocor. Sebab, montir, teknisi, serta peralatan bengkel yang digunakan telah sesuai standar. Sehingga, segala kerusakan pada komponen radiator mobil dapat ditangani segera. Jadi, Anda tak perlu meragukan kualitas dari bengkel Dokter Mobil.

Kami juga memberikan layanan Home Service ketika mobil Anda tidak dapat dikendarai menuju ke bengkel kami. Dengan layanan Home Service, kami akan menservis radiator langsung dari rumah Anda. Jadi, percayakan pada Dokter Mobil untuk servis radiator mobil bocor.

Tags:

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *