fbpx
 
Posted by Mekanik Juan AC

Sangat Sepele, Apa Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak?

Apa penyebab kompresor AC mobil rusak? Permasalahan ini hampir dialami oleh semua pengguna mobil, tidak peduli dari segi kelas dan harga. Tanpa AC, tidak ubahnya seperti menaiki angkutan umum yang diselimuti hawa panas dan sesak. Menilik hal tersebut, hingga saat ini terkadang indikator kenyamanan berkendara tergantung oleh seberapa dingin hawa sejuk AC mobil. Hanya karena AC, kenyamanan berkendara dapat menjadi menurun drastis.

Sangat sepele, namun sudahkah anda mengetahui penyebab umum atau utama dari permasalahan AC mobil rusak?

Ini Jawabannya !

Apa penyebab kompresor AC mobil rusak? Penyebab utama biasanya dipicu oleh oli kompresor yang jarang diganti sehingga kualitas oli dapat menurun. Perlu diingat, fungsi oli kompresor tidak kalah penting dengan oli mesin.

Oli kompresor bekerja untuk melumasi kinerja kompresor dan part lainnya agar pergesakan kinerja sistem AC mobil tidak mengalami kerusakan, sama hal nya dengan oli mesin yang berfungsi melumasi mesin mobil. Tidak heran bila kompresor AC mengalami kerusakan bila tidak diimbangi dengan pergantian oli kompresor.

Baca Juga : Penyebab Kompresor AC Mobil Cepat Panas dan Solusi Termudahnya

Bahayanya kompresor rusak ternyata dapat merembet ke komponen lainnya sehingga mobil akan mengalami gejala sebagai berikut;

-Suara Bising

-Kesejukan AC tidak stabil

-Freon bocor yang dapat mengancam kesehatan pengendara

-AC mati total

Sangat bahaya bukan?

Jangan sampai gejala tersebut menimpa mobil anda. Inilah pentingnya edukasi untuk menyadarkan pengguna mobil agar lebih peduli atau peka terhadap kondisi mobil. Namun, jika anda sudah merasakan salah satu gejala diatas, tidak ada salahnya untuk membawa ke bengkel spesialis AC terdekat untuk dilakukan pengecekan dan penanagan lebih lanjut.

Berikut cara mengganti oli kompresor mobil yang umumnya ditemukan dibengkel, yakni sebagai berikut;

1. Freon AC dikosongkan terlebih dulu

Untuk mengosongkannya, pihak teknisi akan mengangkat freon tersebut, lalu dipindahkan ke tempat yang aman

2. Buka bagian kompresor AC mobil, lalu mengosongkan bagian kompresor

Caranya dengan membalikkan atau memutar bagian oli kompresor agar semua oli tumpah ke lantai. Cara ini hanya dapat dilakukan ketika takaran oli di dalam kompresor sebesar 100 cc

3. Pihak teknisi mengambil oli baru yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda

4. Pengisian oli melalui lubang saluran tekanan terendah yang terdapat pada kompresor

 

Perlu diketahu bahwa cara-cara diatas tentu didukung oleh alat khusus dalam melakukan pembongkaran kompresor AC mobil. Jadi pastikan anda memilih bengkel spesialis dibidangnya.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button