fbpx
 
Posted by Mekanik Juan Ganti Oli Mobil, Masalah dan Solusi Mobil

Penyebab Seal Crankshaft Bocor dan Solusi Mengatasinya

Adanya rembesan oli biasanya karena seal crankshaft bocor atau retak. Masalah ini harus segera diatasi karena dapat merembet. Menyebabkan terjadinya hal yang lebih serius dan membahayakan.

Memang banyak hal yang menyebabkan adanya rembesan oli. Namun yang paling sering terjadi memang karena adanya bocor di bagian kruk as ini. Lantas mengapa kebocoran ini bisa terjadi? Bagaimana mencegahnya? Dan apa solusinya?

Hal yang Terjadi Jika Seal Crankshaft Bocor

Kebocoran pada poros engkol atau seal crankshaft dapat menyebabkan beberapa masalah pada mobil. Adapun masalah yang bisa terjadi antara lain adalah:

  1. Oli Mobil Merembes dari Bagian Tengah Mobil

    Seal crankshaft yang bocor akan menyebabkan oli mobil merembes. Dan tentu saja akan menyebabkan jumlah oli berkurang. Performa pelumasan akan tidak maksimal. Dan kerusakan mobil pasti akan terjadi.

  2. Mobil Jadi Oleng

    Oli mobil jika rembes bisa merendam karet pada pulley. Hal ini dapat menyebabkan bagian pulley oleng. Akibatnya, sistem transmisi menjadi bermasalah.

Lantas bagaimana cara mengatasi masalah ini? Ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Namun wajib segera dilakukan. Sebelum tanpa anda sadari ternyata membawa mobil yang oli mesinnya kurang.

Solusi Mengatasi Kebocoran pada Seal Crankshaft

Kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan beban pada komponen lainnya. Dan menyebabkan komponen lain akan bermasalah. Oleh sebab itu, kebocoran harus ditangani.

Adapun cara terbaik untuk mengatasi kebocoran yang terjadi adalah dengan mengganti seal crankshaft. Menggantinya dengan yang baru. Tidak disarankan untuk melakukan perbaikan, ataupun ganti dengan barang bek

Untuk melakukan pergantian seal crankshaft bisa dilakukan dengan menurunkan terlebih dahulu transmisi, ataupun dengan terlebih dahulu menurunkan mesin. Tergantung kontruksi transmisi dan mesin.

Biaya Ganti Seal Crankshaft yang Bocor

Harga kruk as atau seal crankshaft berbeda-beda. Tergantung jenis mobil. Dan tergantung penawaran yang diberikan oleh bengkel tempat anda service mobil. Namun biasanya berkisar di harga 185 ribuan, sampai dengan 400 ribuan.

Namun yang mahal bukanlah seal crankshaftnya, tetapi biaya jasa penggantiannya. Mengapa? Karena untuk bisa menggantinya, perlu untuk melakukan turun transmisi ataupun turun salah satu bagian mesin.

Dan biaya jasa penggantian ini berkisar di angka 300 sampai 500 ribu. Namun ada pula bengkel yang meminta biaya jasa lebih tinggi lagi. Oleh karena itu, pastikan anda memilih bengkel yang tepat, dan menanyakan terlebih dahulu biaya jasa perbaikannya.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai penyebab seal crankshaft bocor serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *