Posted by Mekanik Juan Uncategorized

Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali Sih? Ini Jawabannya

Jawaban Dari Pertanyaan Sebaiknya Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali

Perdebatan sebaiknya ganti oli mobil berapa bulan sekali masih saja terjadi. Padahal jawaban pertanyaan ini sangatlah relatif. Tergantung pada jenis mobil, bagaimana pemakaian mobil, dan tentunya kualitas oli.

Penyebab Perbedaan Waktu Ganti Oli Mobil

Ya, kita tidak bisa menyamakan kapan waktunya ganti oli pada tiap mobil. Penggantian ini bergantung pada:

Jenis Mobil

Ada Banyak Jenis Mobil yang Berbeda Beda Konsumsi Olinya
Beda jenis mobil, beda juga lama penggantian olinya. Ada mobil yang butuh penggantian oli 4 bulan sekali, ada juga mobil yang butuh penggantian oli setiap 9 bulan. Ada mobil yang butuh penggantian oli setiap 8 ribu kilometer. Namun ada juga mobil yang butuh penggantian oli setiap 10 ribu kilometer.

Kualitas Oli Mobil

Semakin Baik Kualitas Oli Mobil Maka Semakin Lama Oli Mobil Bisa Bertahan
Kualitas oli juga menentukan kapan penggantian oli mobil sebaiknya dilakukan. Ada oli yang kuat hingga 150 ribu kilometer, namun ada juga oli yang kuat hanya sampai beberapa puluh ribu kilometer. Selain itu, ada oli yang bisa bertahan lebih dari 1 tahun, namun ada juga oli yang hanya bisa bertahan beberapa bulan saja.

Cara Pemakaian Mobil

Penggunaan Mobil Akan Mempengaruhi Lama Pakai Oli
Pada mobil yang dipakai di kondisi suhu dingin, usia oli bisa bertahan lebih lama. Sementara oli yang dipakai pada mobil di daerah macet ataupun perkotaan tropis usianya bisa lebih pendek.

Jadi Sebaiknya Ganti Oli Mobil Berapa Bulan Sekali?

Secara rata-rata, mobil di Indonesia wajib ganti oli setiap 6 bulan sekali. Atau setiap 8 ribu kilometer sekali. Namun yang paling penting adalah melakukan pengecheckan mobil secara berkala minimal 3 bulan sekali.

Karena bisa saja ternyata kondisi oli mobil sudah kurang baik walaupun baru beberapa bulan. Ada beberapa penyebab kondisi oli bisa cepat rusak, di antaranya adalah:

  • Oli mobil ternyata palsu
  • Kualitas oli mobil ternyata kurang baik
  • Penggunaan mobil yang melebihi kemampuan oli
  • Adanya kebocoran yang menyebabkan oli mobil berkurang atau bahkan habis
  • Masuknya kotoran-kotoran karena proses ganti oli yang kurang bersih

Oleh sebab itu, saat proses ganti oli sebaiknya bukan hanya mencari oli mobil terbaik, namun juga bengkel yang mampu melakukan ganti oli dengan bersih dan sesuai prosedur ganti oli yang baik dan benar.

Demikianlah beberapa jawaban dari pertanyaan sebaiknya ganti oli mobil berapa bulan sekali. Semoga mencerahkan kita semua.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *