Posted by Intan Mobil Oli Mobil

Estimasi Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM Menurut Para Ahli

Jawaban Sebaiknya Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM Lengkap dan Menurut Para Ahli

Mengetahui waktu ideal untuk ganti oli mobil tiap berapa km sekali sangatlah penting. Namun banyak yang keliru dalam menghitungnya. Padahal mengganti oli secara berkala tidak lain bertujuan untuk menentukan kenyamanan berkendara.

Jika tidak mengganti oli mesin, maka dapat menyebabkan berbagai dampak untuk mesin mobil Anda. Beberapa masalah yang muncul antara lain overheat, BBM menjadi semakin boros, dan turun mesin.

Sebelum mengganti oli mesin, sebaiknya Anda perlu memperhatikan waktu atau frekuensi yang tepat untuk masalah ini. Sebab ada beberapa pendapat yang berbeda tentang kapan waktu terbaik untuk ganti oli. Jika terlalu sering ganti oli selain bikin pengeluaran membesar, juga ternyata dapat merusak mesin. Apalagi jika sering mengganti-ganti jenis oli.

Sebagian orang berpedoman perawatan ala pabrikan. Apa maksudnya? Ya tentu saja melihat saran dan panduan yang ada di buku manual.

Lalu mana yang paling benar dari kedua pendapat ini?

Ganti Oli Mobil Tiap Berapa KM Sekali? Ini Jawabannya

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa mengacu pada jawaban beberapa ahli. Di antaranya mekanik senior, pecinta otomotif, dan para ahli di bidang permesinan.

Walaupun nantinya jawaban mereka tampak berbeda, namun sebenarnya merupakan jawaban yang sama loh. Yuk cek:

Waktu Ganti Oli Mobil Menurut Mekanik Senior

Di Dokter Mobil banyak sekali mekanik-mekanik senior yang sudah berkecimpung di dunia otomotif lebih dari 10 tahun. Salah satu senior tersebut adalah Mr. Uya yang menjadi spesialis mesin di Dokter Mobil Kelapa Gading.

Menurut Mr. Uya, mesin mobil sebaiknya diganti berdasarkan 2 hal yaitu:

  • Penggunaan Mobil

    Semakin sering mobil digunakan, semakin pendek jangka waktu penggantian oli. Nah, jumlah sering ini menurut Mr. Uya tidak ada hubungannya dengan kilometer mobil. Ada mobil yang dipakai 10 jam full tapi KM hanya pindah sekitaran 80Km saja. Ada mobil yang dipakai 10 jam full dan KM nya bisa pindah lebih dari 500kM.

    Kok bisa? Tentu saja bisa mengingat perjalanan mobil tidak selalu mulus. Banyak kendala yang terjadi, misalnya macet ataupun kecepatan mobil.

    Oleh sebab itu, Mr. Uya sangat menyarankan untuk mulai melakukan penggantian oli tiap 75% dari daya maksimal oli. Misalnya oli bisa sampai 10.000Km, maka sebaiknya saat kilometer sudah bertambah 7.500 maka dilakukan ganti oli. Jadi silahkan cek maksimal daya tahan oli yang bisa dipakai ya.

  • Kondisi Mesin

    Walaupun km mobil belum mencapai waktunya, namun seringkali oli sudah tidak kuat dan harus diganti. Cirinya adalah mesin yang tiba-tiba performanya menurun. Misalnya jadi lebih cepat panas, RPM sering naik turun, maupun konsumsi BBM jadi lebih boros.

    Mengapa bisa tiba-tiba kemampuan oli menurun drastis dan perlu diganti? Faktornya ternyata sangat banyak, misalnya cara ganti oli yang salah hingga oli yang digunakan ternyata palsu.

    Maka dari itu Mr. Uya sangat menyarankan untuk selalu memperhatikan kondisi mesin mobil secara keseluruhan. Jika ada gejala-gejala yang tidak biasa, pastikan untuk segera melakukan pengecekan mobil.

Selaku mekanik senior, Mr. Uya sangat menyarankan untuk selalu melakukan penggantian oli secara berkala, melakukan pengecekan kondisi mobil secara rutin, dan pastikan untuk hanya menggunakan oli yang asli dan memang berkualitas.

Waktu untuk Ganti Oli Mobil Menurut Komunitas Pecinta Mobil

Dokter Mobil mewawancarai 24 pecinta otomotif daari berbagai komunitas mobil. Ketika ditanya kapan mereka akan melakukan ganti oli, ada 2 jenis jawaban yang mereka beri. Jawaban tersebut adalah:

  1. Cek Buku Panduan, Tapi…

    Kebanyakan pecinta otomotif percaya akan buku panduan perawatan mobil yang diberikan. Karena beda mobil beda juga waktu penggantian olinya. Tapi tentu saja buku panduan ini bukan acuan mutlak, mereka akan mengecek buku panduan perawatan mobil dengan syarat penggunaan mobil, perawatan mobil, dan oli yang digunakan 100% sesuai dengan buku panduan.

  2. Tiap 8000 Kilometer

    Sebagai pecinta otomotif mereka bilang tidak ingin menggunakan oli sembarangan. Oleh sebab itu, rata-rata oli yang digunakan adalah oli yang memiliki kemampuan hingga 10.000 kilometer. Agar waktu ganti oli tidak terlalu mepet, maka biasanya pecinta otomotif akan mengambil angka penggantian oli tiap 8000 kilometer agar lebih aman dan nyaman.

Walaupun tampak memberikan jawaban yang berbeda, namun sebenarnya jawaban Mr. Uya dan orang-orang di komunitas mobil adalah saling melengkapi. Keren ya. Nah, lantas apa kata para ahli di bidang mesin mobil?

Waktu Ganti Oli Menurut Para Enginer

Ko Lung-Lung sebagai owner dari Dokter Mobil adalah seorang ahli di bidang permesinan yang mengambil studi di luar negeri. Menurut Ko Lung-Lung, untuk menghitung waktu ganti oli mobil harus dilakukan secara menyeluruh. Artinya, seluruh faktor harus diperhatikan. Faktor tersebut antara lain:

  • Penggunaan Mobil
  • Kondisi Mesin
  • Saran dari Buku Manual (Buku Panduan)
  • dan Kualitas Oli
  • Saat Menemukan Oli dengan Kualitas Lebih Baik

Ya, walaupun baru saja ganti oli, namun pergantian oli sebaiknya dilakukan jika memang menemukan oli yang jauh lebih baik. Oli yang lebih baik ini maksudnya adalah oli yang mampu memberikan pendinginan mesin lebih cepat. Memberikan pelumasan yang lebih baik. Juga mampu menjadikan performa mesin lebih baik dan bertenaga.

Itulah ulasan terkait ganti oli mobil tiap berapa km perlu dilakukan. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan yang sekiranya membingungkan banyak pemilik mobil.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *