Posted by Intan Mobil Masalah dan Solusi Mobil, Mesin Mobil, Mobil Kurang Tenaga, solusi

Kupas Tuntas 9 Hal Seputar Masalah Pada Mobil Grand Livina

Bagi anda pengguna mobil lama, apakah merasakan gejala kurang bertenaga saat sedang menanjak? Hampir sebagian pengguna merasakan keluhan ini. Padahal kondisi mobil tidak membawa muatan dengan kuantitas banyak, sehingga mobil pun tidak bisa menyalip dengan lihai karena kurangnya tenaga.

Apa saja penyebab yang biasa terjadi pada mobil Grand Livina? Yuk intip solusi seputar masalah pada mobil grand livina dengan mengulas satu persatu dibawah ini;

1. Cek Saluran Pembakaran

Pengecekan pada saluran pembakaran apakah terdapat penumpukan kotoran bekas residu atau tidak. Jika iya, solusinya adalah dengan melakukan tune up.

2. Pergantian Oli Secara Berkala

Jangan lupakan penggantian oli secara berkala. Umumnya pergantian oli dilakukan ketika telah menempuh perjalanan hingga 10 ribu kilometer. Pastikan anda menggunakan oli terbaik dan berkualitas mengingat kinerja oli yang sangat berperan untuk melumasi mesin mobil anda.

Selain itu, cek juga dilakukan di oli CVT harus diganti secara berkala.

Jangan sampai anda menggunakan oli abal-abal hanya karena murah. Sudah dipastikan oli tersebut tidaklah berkualitas. Pastikan menggunakan oli rekomended dari dari pabrikan anda.

3. Catalytic Mampet

Jika komponen part ini sudah rusak, maka akan muncul bau hangus terbakar dalam kabin. Biasanya disebabkan oleh catalytic yang sudah mampet masuk melalui jalur AC, jadi wajar bila anda mencium bau hangus bahkan menyengat.

Solusinya yakni menutup saluran tersebut dan membersihkan catalytic agar tidak mampet kembali

4. Adanya Gram

Muncul gram biasanya jika tidak terlumasi dengan baik sehingga besi bergesekan dengan besi, alhasil besi menjadi aus dan muncul gram.

Solusinya, dengan menggunakan teknik flushing berlaku jika AC mobil masih dingin. Setelah diflushing barulah dilakukan pergantian beberapa part.

Namun lain halnya bila AC sudah tidak dingin. Mau tidak mau dilakukan pergantian kompresor baru. Harga bervariasi tergantung kualitas. Untuk versi original bisa dikenakan biaya 3 hingga 4 juta.

5. Throttle Protetion Center

Penyebab throttle protetion center dapat bermasalah jika sudah kotor, elektrikal tidak benar, dan komponen rusak.

6. Kelistrikan Bermasalah

Elektrikal yang bermasalah pun dapat mempengaruhi kinerja mesin shingga mobil berujung susah distarter.

7. Lampu Engine Menyala

Waspadai bila lampu engine sudah menyala dan mesin mendadak mati. Bisa hidup lagi namun saat dijalankan mendadak mati setiap menempuk 50km kembali. Padahal sudah ganti koil dan busi namun masalah tetap sama. Kenapa ya?

Baca Ini : Ketahui Langkah Mudah Untuk Mengatasi Mobil Overheating

Nah bisa saja mobil anda sudah mengalami gejala overheat. Sangat disarankan untuk membawa ke bengkel terdekat agar mesin dapat tertangani dengan tepat.

8. Mobil Pincang

Mobil mengalami gejala pincang disebabkan oleh koil yang sudah lemah atau rusak. Disarankan mengganti koil secara keseluruhan tidak hanya pada bagian yang rusak saja agar performa kembali lagi.

9. Transmisi Selip

Tidak jarang pengguna Livina dikeluhkan dengan gejala transmisi selip. Solusinya yakni dengan mengurasi transmisi matic, lalu dilakukan pergantian filter oli transmisi dengan yang baru.

Itulah pembahasan seputar masalah pada mobil Grand Livina. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai solusi permasalahan mobil anda saat ini. Sayangi mobil anda dengan memberikan perawatan terbaik untuk mobil Livina anda.

Tags:

About Author

Write a Reply or Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *