OUR SERVICE

SERVIS YANG KITA BERIKAN

SERVIS AC MOBIL

Dokter Mobil – Mengatasi masalah AC mobil seperti ac mati, ac mobil tidak dingin,…VIEW DETAIL

TUNE UP MOBIL

Tune Up Mobil Mesin Bensin & Diesel Tune Up Menggunakan Teknologi Terbaru dari Jerman, Amerika…VIEW DETAIL

PAKET HEMAT BBM

ELECTRIC 1. Volt Stabilizer (JS ONE , R Project, Mega Raizin) Volt stabilizer JSONE /…VIEW DETAIL

CUCI AC MOBIL

Mengapa anda perlu melakukan cuci ac mobil secara berkala ? Apa yang terjadi jika…VIEW DETAIL

SPARE PART AC MOBIL

Bingung menemukan spare part AC Mobil yang anda cari ? Kita semua ingin mendapatkan…VIEW DETAIL

OLI MOBIL TERBAIK

Sekarang anda bisa tahu Cara Memilih Oli Mobil TERBAIK, yang dapat Membuat Bahan Bakar Lebih Hemat dan Umur…VIEW DETAIL

Tanya-Jawab

Pengecheckan kondisi mobil secara menyeluruh biasa Dokter Mobil sebut dengan istilah pengerjaan dengan sistem X-Ray.

XRAY Mobil cocok untuk anda :
1. Yang mempunyai mobil berumur lebih dari 1 tahun.
2. Yang mau membeli mobil second.
3. Yang sering bolak balik bengkel.
4. Yang males ngantri ke bengkel mobil.
5. Yang ingin mencari bengkel jujur sehingga anda tidak di bohongi.
6. Yang ingin mobil tidak rewel karena spare part berumur pendek.

Seluruh komponen AC mobil harus dicheck. Komponen ini meliputi:

1. Pemeriksaan Kompressor

a. Tekanan Kompressor
Ini dicek menggunakan Manifold yang mana kita akan tahu kompresi dari si Kompresor. Sehingga kita bisa tahu kondisi kompressor itu masih baik , butuh perawatan dengan pergantian oli kompresor, atau kondisi kompresor sudah mulai berumur sehingga butuh perbaikan.

b. Cek Oli Kompresor
Menggunakan Tools Oli Checker untuk melihat warna dari Oli Kompressor. Ketika Oli masih berwarna putih bersih atau hijau terang maka Oli Kompressor masih bagus, dan jika mulai terlihat hijau kecoklatan maka dipastikan oli kompresornya sudah tidak layak pakai dan wajib melakukan pergantian oli kompresor

2. Pemeriksaan Magnetic Clutch

Kami mengecheck system otomatisnya bekerja atau tidak, dan juga dilihat dari fisik Magnetic Clutch, jika sudah mulai berwarna coklat kemerahan maka menunjukkan Magnetic Clutch sudah mulai berumur.

3. Condensor

Pemeriksaan condensor dilihat secara langsung oleh mekanik Professional kita, melihat tanda/ciri kebocoran. Jika melihat ada bercak coklat maka menunjukkan bahwa ada bagian Condensor yang bocor. Untuk kebocoran Condensor ini berpengaruh pada System AC yg mengakibatkan AC mobil tidak dingin.

4. Selang AC

Pemeriksaan selang ac dilakukan oleh Mekanik Professional kita, yaitu memeriksa kondisi selang secara langsung, jika ditemukan bercak putih, atau rembesan oli maka ada kebocoran di selang AC yg mana jika tidak segera diperbaiki akan membuat system AC tidak bekerja maksimal.

5. Tekanan Freon

Komponen ini dicek menggunakan Manifold yang mana kita akan tahu jumlah Freon yg ada didalam mobil, Dokter Mobil memiliki Standard ukuran baku untuk menentukan apakah mobil tersebut kekurangan Freon, kelebihan Freon atau ukurannya pas dengan kebutuhan mobil tersebut.

6. Evaporator

Pemeriksaan Evaporator dilakukan oleh mekanik professional Dokter Mobil dan dibantu menggunakan Tools untuk mendiagnosa ada tidaknya kebocoran pada Evaporator. Banyak hal yang dapat membuat AC mobil tidak dingin pada satu komponen Evaporator ini.
misal nya jika Evaporator AC berlendir karena kotor, maka hembusan AC Mobil akan kecil atau tersumbat.
jika Evaporator Kotor tidak pernah dibersihkan, maka AC mobil akan Berbau.
jika Evaporator AC kotor berlendir dan dibiarkan dalam jangka waktu lama, maka Komponen Evaporator tersebut berpotensi mengalami korosi dan bocor sehingga AC Mobil menjadi tidak dingin.

7. Blower AC

Dicek menggunakan Anemometer untuk mengukur kecepatan angin yang dihasilkan, selain itu dilakukan cek fisik oleh Mekanik Dokter Mobil untuk melihat kondisi Blower, jika blower mulai kotor maka harus segera dibersihkan agar putaran Blower kembali seperti semula dan juga menjaga kebersihan udara yang dihembuskan

8. Ekspansi

Dapat dicek menggunakan alat Manifold ac juga, ketika ada salah satu indicator pada manifold yang tidak sesuai, maka selain kompresor itu mengalami masalah, juga dapat disebabkan oleh si Ekspansi ini. Biasanya ekspansi ini dapat bermasalah ketika Sistem ac mobil tidak pernah dilakukan perawatan , oli kompresor tidak pernah diganti, sehingga ada kotoran yang menyumbat & mengurangi kinerja si Ekspansi. Dalam beberapa kasus, ekspansi harus diganti jika kerusakan nya cukup parah.

9. Dryer

Merupakan komponen yang menyaring Freon dari kotoran & zat lain selain Freon. Pada umum nya dryer ini harus diganti ketika salah satu komponen AC Mobil telah bermasalah , contoh nya Kompresor.
kompresor yang sudah rusak , maka partikel2 besi hasil gesekan kompresor tersebut akan tersebar pada system ac dan semua tersaring di Dryer. Ketika itu terjadi maka Dryer tersebut juga harus diganti

10. Filter AC atau filter Kabin

Merupakan komponen AC yang paling mudah dilakukan pengecekan. Pada umum nya filter AC itu wajib diganti setiap 6 bulan sekali (tergantung pemakaian) . jika Filter AC tidak pernah diganti maka udara yang kita hirup juga tidak akan sehat.

11. Motorfan

Merupakan Motor kipas yang berfungsi mendinginkan Kondensor pada sistem AC. Jika Motor tersebut lemah atau tidak berfungsi, maka kerja Komponen kondensor juga terganggu dan AC mobil juga menjadi tidak dapat bekerja maksimal.

12. Thermostat

Merupakan sensor yang membaca & mengatur tingkat kedinginan AC. Jika AC mobil sedang bekerja dan sudah mencapai tingkat dingin tertentu, maka Thermostat ini akan mengirim signal ke Kompresor untuk berhenti bekerja sementara/ beristirahat. Jika sudah berkurang dingin nya pada suhu tertentu, maka Kompresor tersebut akan lanjut bekerja kembali.

13. Freon

Jenis Freon mobil pada umum nya terdapat beberapa Jenis. R12, R134a, dan sebagainya. Namum untuk mobil yang beredar di jalanan kini banyak yang sudah menggunakan R134a. Oleh sebab itu, freon perlu dicheck apakah jenisnya, kualitasnya, dan jumlahnya sudah sesuai.

Mesin mobil merupakan komponen penting pada mobil. Oleh sebab itu, seluruh hal yang berhubungan dengan mesin harus dicheck secara teliti.

1. Suara Mesin

Dapat didengar dan dirasakan dengan atau tanpa alat bantu khusus. Bagi teknisi professional, mesin tersebut memiliki masalah atau tidak dapat didengarkan hanya dengan mendengarkan suara mesin nya. Biasanya suara mesin itu dapat bersuara kasar atau tidak normal karena beberapa faktor, Oli mesin yang sudah jelek, komponen Mesin yang sudah mulai berumur, atau ruang bakar mesin yang sudah kotor.

2. Sensor

Di Speedometerada ada beberapa lampu indikator utama, salah satunya yaitu Check Engine. Lampu Check engine ini akan muncul ketika ECU mobil membaca ada sensor pada mesin yang tidak bekerja dengan baik sehingga si ECU memberitahukan pengemudi/ pengguna melalui lampu pada Dashboard mobil dengan lampu Check Engine. Dari satu lampu Check Engine itu banyak mengindikasikan banyak kerusakan atau masalah sehingga butuh alat Scanner Khusus untuk membaca Sensor apa yang mengalami masalah.

3. Oli mesin

Stiap mobil memakai spek yang berbeda beda, tergantung usia mesin dan jenis mobil. Oli mesin yang dijual di pasaran juga banyak sekali merk & jenis nya. Namun sangat disayangkan banyak juga merk oli tertentu yang dipalsukan oleh oknum tidak bertanggung jawab sehingga banyak konsumen yang terkecoh menggunakan oli palsu tersebut dan secara langsung merusak & merugikan konsumen/ pembeli oli tersebut.

4. Packing Seal Mesin

Merupakan paking karet yang menutup rapat blok mesin sehingga oli mesin tetap berada didalam mesin. Seiring berjalan nya waktu, seal mesin dapat mengalami perubahan bentuk atau ukuran sehingga adakalanya oli yang terdapat pada mesin merembes keluar dan membuat jumlah volume oli terus berkurang. Jika

5. Filter Udara

Merupakan komponen yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Jika filter udara kotor maka partikel debu juga akan mempengaruhi ruang bakar mesin dan membuat mesin menjadi lebih cepat berat dan tak bertenaga.

6. Kondisi Asap knalpot

Asap dapat menunjukan kesehatan sebuah mesin mobil. Jika Asap knalpot mengeluarkan asap berwarna putih dalam jumlah banyak, bisa ada kemungkinan indikasi oli mesin yang masuk ke dalam ruang mesin & terbakar sehingga berwarna putih.

Jika asap berwarna hitam, maka ada indikasi pengapian yang tidak maksimal atau bensin yang terlalu banyak sehingga tidak terbakar sempurna sehingga asap berwarna hitam pekat

7. Radiator Mobil

Merupakan komponen yang berfungsi mendinginkan mesin dan mencegah mesin overheat. Jika mesin mobil terjaga pendinginan nya maka kinerja mesin akan lebih ringan, karena pada saat kondisi mesin dingin maka kandungan oksigen akan lebih banyak dan pembakaran lebih maksimal.
sebaliknya, jika mesin panas maka mesin akan bekerja sangat berat dan dapat merusak mesin

8. Kadar Coolant

Hal ini juga sangat penting bagi kinerja radiator mesin, jika radiator mesin hanya menggunakan air biasa maka air tersebut dapat merusak / mengurangi umur kompresor. Jika radiator menggunakan coolant maka coolant tersebut mencegah radiator dari karat dan juga mendinginkan radiator lebih cepat.
9. kondisi busi mobil akan mempengaruhi sistem pembakaran bensin pada mesin. Jika busi sudah jelek & tertutup kerak kotoran maka pengapian menjadi kecil, dan bensin tidak terbakar sempurna, dan tarikan mobil menjadi berat.

10. Langsam / Idle

Merupakan kondisi kecepatan putaran mesin (RPM / Putaran per Menit) ketika mesin hidup dalam keadaan berhenti. Pada umumnya RPM mesin berada di angka 700-900 RPM.

11. Filter Solar atau Bensin

Harus diperhatikan kebersihan nya, karena pengaruh kondisi BBM di Indonesia yang kurang baik maka filter bensin atau solar lebih cepat kotor dari seharusnya. Filter bensin atau solar yang kotor akan mempengaruhi pembakaran dan kebersihan ruang bakar.

Dokter Mobil adalah Service AC & Tune Up Engine Mobil dengan menggunakan teknologi dari Inggris dan Jerman dimana semua pengerjaan dilakukan NON-INVASIVE alias Tanpa Bongkar.

Dokter Mobil menjual Paket Tune Up engine Dan Perawatan AC sampai dengan Oli Mesin yang terbaik untuk mobil anda begitu juga dengan performance parts.

Semua Produk yang dijual oleh Dokter Mobil merupakan produk-produk Import Berkualitas Terbaik dan merupakan produk pilihan yang sesuai dengan karakter mobil yang ada di Indonesia, Produk yang ada sudah Kami UJI COBA sendiri dan fungsi dari produk yang ada DIJAMIN memenuhi standar internasional (TUF TURRINGEN, TUF REINARD). Dokter Mobil juga merupakan bengkel tune up dan service ac tanpa bongkar pertama di Indonesia, dan melayani lebih dari 200mobil PER BULAN, sejak Maret 2015. Sehingga semua SDM kami sudah sangat terlatih.

× Konsultasi